5 Sajian yang Identik dengan Lebaran Idul Fitri

Lebaran tinggal menghitung hari. Seluruh umat muslim pastinya tak sabar menanti gema takbir. Segalanya telah dipersiapkan, sandang yang baru, perlengkapan mudik, unjungan kepada anak dan sanak saudara, hati yang baru, termasuk juga, suguhan di meja tamu.

Beberapa perayaan di Indonesia selalu diiringi dengan makanan atau masakan atau hidangan atau sajian yang khas. Tak terkecuali, momen lebaran Idul Fitri. Ada beberapa sajian atau hidangan khas lebaran Idul Fitri ala orang Indonesia. Sajian berikut ini termasuk yang selalu ada di rumahmu nggak ya? 😀

  1. Lontong Ketupat

    via sashcher.deviantart.com

    via sashcher.deviantart.com

Memiliki makna yang sangat mendalam, ketupat seringkali ada di momen lebaran Idul Fitri. Meski kita sering menjumpai bahkan mengonsumsi lontong di kehidupan sehari-hari, tapi lontong ketupat tetap yang paling dinanti.

Lontong ketupat biasa disajikan dengan sayur yang bersantan seperti opor, rebung, manisah, juga dengan telur rebus yang dibalut petis. Tak jarang juga, lontong ketupat disandingkan dengan sate.

Di beberapa daerah di Indonesia, makan lontong ketupat ramai-ramai bahkan dijadikan hajatan tersendiri yakni ada Hari Raya Ketupat, yang jatuh tepat seminggu setelah Hari Raya. Wahh ada-ada aja yaa^^

  1. Opor Ayam
via royco.co.id

via royco.co.id

Sama dengan lontong ketupat, opor ayam juga menjadi sajian favorit di Hari Raya Idul Fitri. Mimil paling demen lho Snackers kalau disuruh makan opor ayam, tapi agak males juga kalau harus disuruh bantuin masak opor ayam hahaha.

Opor ayam punya cita rasa yang gurih, sedap, ehmm saking enaknya Mimil sampai gak bisa deskripsikan nih, Snackers ^^

  1. Aneka Kue Kering
via idememasak.com

via idememasak.com

Nggak ada yang bisa nolak nikmatnya ngemil jajanan lebaran. Hampir di setiap rumah saudara atau tetangga yang kita kunjungi selalu disediakan kue kering.

Aneka kue kering sudah menggoda dari jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Banyak lapak yang tiba-tiba ada untuk menjual kue kering. Nastar, kastengel, putri salju, dan teman-temannya siap menjajah hasrat ngemil kita setelah sebulan berpuasa.

Kalau kamu termasuk #TimNastar atau #TimKastengel, Snackers? Hihiii 😀

  1. Biskuit Kalengan
via koranfakta.net

via koranfakta.net

Menjadi pelengkap meja tamu, biskuit kalengan juga siap memanjakan matamu untuk segera kamu lahap. Eitss tapi hati-hati ya, Snackers. Biasanya kita sering kejebak nih, kalengnya apaaa isinya apaa he he

Biskuit kalengan masih menjadi favorit untuk dikonsumsi di momen lebaran. Banyak parcel-parcel yang berisi biskuit kalengan, karena selain banyak macamnya, biskuit kalengan juga banyak jumlahnya. Praktis, irit, dan semua pasti suka.

  1. Minuman Sirup Segar
via klikbalikpapan.co

via klikbalikpapan.co

Dijejali dengan iklan sirup bahkan beberapa waktu sebelum ramadhan, bikin rumah kita pasti kedapetan sirup hihii ya gak, Snackers? Entah dapat dari parcel atau kita sendiri yang ngiler sama manis dan segarnya sirup.

Menyambung tali silaturahim sangat penting utamanya di Hari Raya Idul Fitri, nah sembari duduk-duduk bercerita dan bermaaf-maafan. Namun kadang, disuguhi minuman kemasan membuat orang malas meminumnya. Jadi, minuman sirup yang segar bikinan sendirilah yang sering disajikan yang bakal diminum. Segernya dapet, senengnya dapet. 😀

Sejatinya, lebaran Idul Fitri adalah hari di mana kita akan memenangkan diri kita dari segala pekara yang buruk untuk kembali memulai hati yang suci. Merayakan kemenangan dengan berbagi makanan turut menciptakan euforia lebaran Idul Fitri yang suci. Mari kita saling memaafkan, saling memberi, saling berbagi.

Taqaballahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Taqaball yaa kariim.
Mimil dan segenap staf Aremafood.com mengucapkan,
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Selamat Lebaran, Selamat Liburan!
Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin ya, Snackers 😀

happy eid fitr

Penulis:
A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *