5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Malang

trifle cake malang
Dingin Lebih Oke! Ngemil Cantik Pakai Trifle Cake
9 February 2018
kue keranjang untuk imlek
Filosofi Kue Keranjang dan Kaitannya dengan Imlek
11 February 2018

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Malang

rujak cingur enak di malang

Rujak cingur adalah masakan populer di Jawa Timur. Khususnya di Kota Surabaya dan Kota Malang. Rujak cingur adalah menu makan siang yang berisi banyak sayur, buah, dan lauk-pauk tradisional diberi bumbu petis lengkap dengan cingur sapi. Rujak cingur juga disebut sebagai rujak ulek, karena pembuatan bumbunya yang diulek dulu. Di dalam rujak cingur, biasanya nentuin enak atau enggaknya itu dari bumbunya. Selain itu juga, isiannya. Baru kemudian faktor lain seperti harga, lokasi, dan cara penyajian.

Dalam satu porsi rujak cingur, biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, krai, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong, lalu ada sayuran seperti kecambah, kangkung, kacang panjang, dan lauk-pauk seperti tahu, tempe, menjes atau tempe kacang, kemudian cingur. Setelah semua diiris dalam satu porsi piring, baru disiram pakai bumbu ulek dari rujak cingur yang terbuat dari olahan petis, air, gula mera, gula, cabai, kacang tanah goreng, bawang goreng, garam, dan irisian pisang klutuk. Umumnya, rujak cingur dimakan pakai lontong, tapi kalau mau pakai nasi, enggak masalah juga. Sebagai tambahan, rujak cingur juga lebih mantap kalau dimakan pakai kerupuk.

Bahan-bahan rujak cingur tadi adalah bahan yang umum digunakan, tapi enggak menutup kemungkinan, si penjual rujak cingur punya kreasi atau resep tersendiri untuk membuatnya menjadi rujak cingur yang enak. Sebenernya, enggak susah menemukan rujak cingur di Malang. Bahkan di beberapa kompleks rumah penduduk pun, biasanya ada yang menjual rujak cingur. Snackers, kalau kamu lagi ngidam banget pengin rujak cingur dan bingung di mana tempat makan rujak cingur yang enak di Malang, berikut adalah 5 rekomendasi rujak cingur di Malang versi Aremafood.

Baca juga: Larisnya Rujak Manis Pak Bejo, Apanya Sih yang Menarik?

1. Rujak Cingur Klenteng

rujak cingur enak di malang

Alamat: Jalan RE. Martadinata, No. 1, Basement Yayasan Kelenteng Eng An Kiong, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65136

Telp: 08125227453

Hampir 50 tahun berdiri, Rujak Cingur Klenteng disebut sebagai warung rujak cingur yang melegenda di Kota Malang. Di sini, bahan utama rujak cingurnya yakni petis, adalah bikinan empunya sendiri. Ada petis udang, petis ikan, dan petis madura. Sebab petis original home made Rujak Klenteng, sudah pasti soal cita rasa dijamin beda. Yuk, cobain!

2. Depot Rujak Sawo

rujak cingur enak di malang

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 34 Malang

Telp: 03419059283

Jangan keliru! Rujak Sawo ini bukan rujak yang isinya buah sawo ya, tapi rujak ini dulunya dijual di Jalan Sawo, Malang. Di sini kamu bisa makan rujak cingur, rujak manis, bahkan rujak gobet.

3. Rujak Cingur dan Gado-gado Kaliurang

rujak cingur enak di malang

Alamat: Jalan Melati No.42, Kecamatan Lowokwaru, Lowokwaru, Malang, Lowokwaru, Kec. Lowokwaru, Jawa Timur, 65141

Telp: 0851-0002-9940

Di sini, kamu nggak cuma bisa makan rujak cingur, Snackers. Tapi juga Gado-gado, temen klopnya rujak cingur. Rujak cingur di Kaliurang ini porsinya cukup banyak. Rasanya yahud dan cara penyajiannya pun cukup beda, yakni dengan tauge di atas bumbu rujaknya.

4. Rujak Cingur Bude Ruk

rujak cingur enak di malang

Alamat: Jalan Soeroeji Gang 1 Nomor 17, Kepanjen, Kabupaten Malang

Ini emang agak jauh dari Kota Malang, Snackers. Tepatnya di Kabupaten Malang, daerah Kepanjen. Tapi kalau kamu googling, pasti nemu kok kalau rujak ini adalah salah satu rujak cingur terenak di Malang. Karena, rujak cingur Bude Ruk ini sudah eksis sejak tahun 1960-an. Duh, Bude Ruk apa enggak capek ya ngulek rujak sejak dulu sampai sekarang? Hehe, tapi berkat kelihaiannya mengulek rujak, sampai-sampai, daerah di mana warung rujak Bude Ruk ini berada dinamakan Gang Rujak lho!

5. Depot Rujak Cingur Mentawai

rujak cingur enak di malang

Alamat: Jl. Mentawai No.56, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117

Telp: (0341) 340215

Ada yang unik dari Rujak Cingur Mentawai, yakni rujak cingur bumbu kagok. Kagok, dalam istilah rujak cingur Mentawai adalah bumbu rujak yang rasanya manis dan kecut.  Jadi ada tambahan asam dan gula gitu, Snackers. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: Rujak Ndower Malang, Salad ala Indonesia yang Sekarang Bisa Dibeli Online

Makan rujak cingur paling enak pas siang-siang. Level pedas, bisa diatur. Jangankan cabai, buat kamu yang enggak doyan cingur pun bisa tetep menikmati rujak cingur tanpa cingurnya. Karena seperti yang Aremafood bilang tadi, yang paling menentukan enak atau enggaknya rujak cingur adalah bumbunya. Jadi, kamu mau makan rujak cingur di mana nih?

Sudah ada daftar lengkap tempat makan rujak cingur di Malang. Kalau lagi di Malang, selain menikmati ragam kuliner kota Malang, jangan lupa beli oleh-oleh khas Malang ya, Snackers!

featured images via 

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *