6 Jenis Makanan yang Bisa Membersihkan ‘Sampah’ dalam Darah

Haloo Snackers, seperti yang kita tahu nih di Indonesia sedang terjadi musim hujan. Kalau musim hujan gini nih Mimil suka khawatir bin insecure loh sama kesehatan Snackers, hihii. Banyak banget penyakit yang bakal menyerang kita. Salah satunya adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah kita, misalnya nih hipertensi, penumpukan kolesterol, dan sebagainya.

Kalau Snackers sering dengar mencegah lebih baik dari mengobati, maka alangkah baiknya kalau kita cegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan darah itu. Gimana sih caranya? Kali ini Mimil bakal share tentang makanan apa aja yang bisa membersihkan “sampah” dalam darah. Simak terus yaa!

  1. Bawang putih dan Jahe
via shampoononi

via shampoononi

Via pedulisehat.info

Via pedulisehat.info

Bawang putih dan jahe adalah jenis bahan makanan yang terkenal mencegah kanker. Namun selain mencegah kanker, bawang putih mengandung zat capsaicin yang mudah menguap, fungsinya dapat membersihkan kadar lemak yang menumpuk dalam pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih bisa diaplikasikan di makanan apa saja sementara jahe bahkan bisa dikonsumi langsung menjadi wedang jahe hangat.

  1. Brokoli

    via bebeja.com

    via bebeja.com

Mengandung kadar serat yang sangat tinggi, membuat brokoli sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar lemak darah tinggi. Selain itu brokoli juga kaya akan aneka nutrisi yang sangat bermanfaat mencegah kanker. Satu hal yang perlu Snackers perhatikan adalah, kadar nutrisi pada brokoli bersifat larut dalam air, demi mencegah nutrisi hilang bersama air cucian, hindari memotong brokoli menggunakan pisau, ubah dengan cara mengupas (memetik) memakai tangan. Kemudian perhatikan untuk tidak memasak brokoli terlalu lama.

  1. Wortel

    Via m.tempo.co

    Via m.tempo.co

Siapa yang nggak suka sama sayur yang kaya akan vitamin A ini. Wortel kaya akan kandungan kalium organik ini bermanfaat melarutkan “kolesterol yang mengeras” pada dinding saluran pembuluh darah, demikian sampah di dalam tubuh akan dibuang keluar. Efeknya adalah kadar lemak darah menurun, memurnikan darah, menambah elastisitas pembuluh darah, memperbaiki mikrosirkulasi tubuh.

  1. Kedelai Jepang (Edamame)

    via thinkpynk

    via thinkpynk

Masuk dalam kategori kacang-kacangan yang juga bisa jadi camilan sehatmu, edamame mengandung kadar lemak yang jauh lebih tinggi dari jenis sayuran yang lain. Namun prosentase utamanya adalah golongan asam lemak jenuh yang efektif membersihkan tumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

  1. Kacang hijau

    Via blog.evoucher.coid

    Via blog.evoucher.coid

Pada dasarnya, kacang hijau merupakan jenis makanan penurun kolesterol. Ketika ia sedang berkecambah, kandungan vitamin C di dalamnya meningkat menjadi 7 kali lipat dari sebelumnya. Kadar vitamin C yang tinggi dapat mencegah kolesterol menumpuk pada dinding pembuluh darah. Kandungan serat pangan di dalam kecambah kacang hijau (tauge) bermanfaat untuk membersihkan sampah dalam tubuh serta menurunkan kadar kolesterol. Mimil sarankan kamu secara rutin mengonsumsi kacang hijau ya Snackers, karena selain bisa membersihkan “sampah” dalam darah, kacang hijau juga bisa menambah stamina kita.

  1. Terong

    Via log.viva.co.id

    Via log.viva.co.id

Last but not least, ada terong yang mengandung aneka vitamin, terutama vitamin P yang berfungsi meningkatkan elastisitas pembuluh darah kecil (mikrovaskuler). Hasil penelitian para ahli menunjukkan terong dapat menurunkan kadar kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah hiperlipidemia, mencegah penyempitan pembuluh nadi dan penyakit sejenisnya. Hayoo Snackers siapa nih yang nggak doyan terong, pasti rugi banget :p

Sudah tahu semua kan? Kamu mau memulai dari konsumsi yang mana dulu nih, Snackers?
Masih banyak makanan sehat lainnya dengan fungsi yang berbeda.
A healty life begin with a good meal. Keep updating our website ya, Snackers!

Sumber:
Kabarsehat.com

Penulis:
A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *