redaksi

Snackers, kita sama-sama setuju kalau yang namanya sarapan di pagi hari itu penting banget. Ya nggak? Don’t skip breakfast as long as you can. Kalau kamu nggak sempet sarapan, sebaiknya disempetin. Hehe terkesan maksa sih, tapi beneran sarapan itu penting banget soalnya kalau nantinya tenaga kita akan terkuras seharian, pastinya kita butuh asupan gizi yang baik di pagi hari.

Buat kamu yang nggak sempet bikin sarapan yang macem-macem, Aremafood mau kasih tips menu sarapan yang bisa kamu bikin sendiri dalam waktu kurang dari 10 menit! Tentunya dengan bahan yang sudah tersedia ya. Menu sarapan selain nasi ini rata-rata punya kandungan yang hampir mirip dengan nasi sehingga tetap bisa mengganjal perut. Biasanya anak kos nih yang pakai cara ini. Anak kos mana suaranyaahhh? Ehehe. Here we go!

Baca juga: Nasi Bulat Malang: Praktis dalam Sekali Lahap!

1. Roti bakar

via jierowedangan.blogspot.com

Bosen sama roti yang tinggal oles isi terus langsung makan? Bakar aja, Snackers!
Roti bakar nggak kehilangan kandungan karbohidrat kok. Kamu bisa improve isian roti bakar kamu sesuai selera. Mau selai, meses, biskuit, atau apapun. Bikin roti bakar kalau buat kamu seorang nggak bakal menghabiskan waktu yang banyak kok. Proses bikinnya juga cepet banget.
Kalau kamu punya waktu lebih, kamu bisa bikin roti bakar dengan bentuk unik dan topping macem-macem. Roti bakar sebagai menu sarapan sehat juga bisa jadi membakar semangatmu seharian. Cobain deh!

Baca juga: Cemal-cemil yang Mengenyangkan di Roti Bakar 543 Malang 

2. Sandwich

via seriouseats.com

Masih di olahan roti. Menurut survei sotoy yang dilakukan oleh Aremafood. Mayoritas bagi orang Indonesia kalau ditanya apa pengganti nasi yang pas ya roti. Roti gandum bisa, roti pandan bisa, atau roti biasa juga bisa. Nah, untuk kreasi menu sarapan yang cepat dan praktis sekaligus mengenyangkan, kamu bisa bikin sandwich sendiri nih.
Bikin sandwich dengan filling sesuai selera atau yah sesuai apa yang ada di meja makan atau di kulkas. Kalau adanya telur, ya boleh tuh kamu bikin sandwich pakai telur disiram saus tomat. Kalau mau dikasih taburan keju, malah lebih enak. Kalau ada meat atau chicken fillet wah justru makin kenyang nih. Sandwich punya kandungan karbohidrat dan berbagai protein yang dibawa dari isiannya. So, aktivitasmu setelah sarapan sandwich bakal aman.

3. Oatmeal atau sereal

via chowhound.com

Say no to kelaperan karena kamu bisa bikin oatmeal atau sereal sebelum kamu memulai aktivitasmu. Sarapan oatmeal atau sereal itu nggak makan waktu lebih dari 10 menit lho. Apalagi sekarang udah banyak kan oatmeal atau seral yang instan-instan. Meskipun kamu memilih yang instan, pastikan kandungan gizinya nggak ada berkurang ya, Snackers.
Oat kaya akan serat pangan, vitamin B kompleks, fitokimia, dan berbagai mineral. Sebuah nutrisi yang bagus yang dibutuhkan sama tubuh utamanya untuk sarapan di pagi hari. Kalau  dijadikan sereal, tinggal ditambahkan susu atau yoghurt yang tinggi akan kalori. Nggak susah kan buat sarapan model begini?

Baca juga: Mudik Lebaran? Ini 5 Bekal yang Patut Kamu Bawa Biar Tetap Sehat Selama Perjalanan

4. Smoothies

via minimalistbaker.com

Smoothies adalah menu sarapan yang terdiri dari buah-buahan, susu tawar cair, sirup, dan es batu. Kadang juga ditambahkan bahan lainnya seperti yoghurt, cokelat, dan susu kental manis. Smoothies punya tekstur yang lebih pekat dibanding jus. Biasanya kaum hawa nih yang lebih suka bikin smoothies.
Smoothies cukup mengenyangkanmu karena membawa kandungan gula dan kalori yang seimbang. Selain biasanya buat diet, smoothies bisa memberimu asupan energi yang baik. Makin ke sini, smoothies nggak cuma sekedar minuman tapi juga makanan pengganti. Topping smoothies dengan irisan buah asli bikin harimu makin happy. Nggak sampai 10 menit buat bikin smoothies yang enak sesuai seleramu. Let’s try it, Snackers!

5. Omelet

via marthastewart.com

Udah pernah nyobain menu sarapan sederhana tapi sarat akan gizi ini, belum?
Omelet adalah menu favorit orang-orang Barat buat sarapan pengganti nasi. Proteinnya banyak. Porsinya pas. Bikinnya juga gampang banget. Nggak sekedar telur dadar, omelet ini adalah kreasi telur dadar dengan berabgai sayur yang kamu suka.
Nggak butuh waktu lama buat nyiapin ini, Snackers. Selain menyehatkan, omelet juga cukup mengenyangkan buat dijadiin menu sarapan. Omelet sayur lebih yahud lagi kalau dimakan sambil dicocolin ke sambal sedikit. Pakai sambal bawang kaypang atau sambal bawang bu rudy yang pedesnya masih bisa ditolerir oke juga nih. Duh, bayanginnya aja udah laper.

Baca juga: 5 Menu Sahur Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

Itu baru lima dari sekian banyak menu sarapan praktis selain nasi yang sudah Aremafood sarankan buat kamu, Snackers. Pokoknya kalau bisa jangan keluar rumah dengan perut kosong deh. Udah dikasih tips bikin sarapan yang gampang dan prakits, masa masih mau nggak sarapan? Kesehatanmu lho, Snackers :3

Featured images via tirto.id

A.K

23 August 2017
Menu sarapan praktis

Selain Nasi, Ini 5 Opsi Menu Sarapan Yang Bisa Kamu Bikin Kurang Dari 10 Menit

Snackers, kita sama-sama setuju kalau yang namanya sarapan di pagi hari itu penting banget. Ya nggak? Don’t skip breakfast as long as you can. Kalau kamu […]
19 August 2017
Makanan Serba Merah Putih

7 Makanan Serba Merah Putih Ini Bikin Momen 17 Agustusmu Semakin Indonesia!

Merdeka! Momen 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu sama hampir seluruh masyarakat Indonesia. Gimana enggak, Agustus adalah momen bersejarah bagi Indonesia karena ada hari di mana Indonesia telah […]
18 August 2017
aritmia

Waspada Aritmia! Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Jantungmu

Snackers, udah tahu aritmia belum? Dilansir dari Wikipedia, aritmia adalah suatu tanda atau gejala dari gangguan detak atau irama jantung. Hal ini bisa dirasakan ketika misalnya […]
16 August 2017
lekker malang

Lekker Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima Hanya di Nov’s Kitchen

Hallo Snackers! Sudah makan siang belum? Kalo jam segini sih harusnya udah lewat jam makan siang. Kalo udah makan siang tapi masih mau cari camilan buat […]