redaksi

Hai Snackers, kadang-kadang kita sering luput pada kebiasaan kita yang sebenarnya salah. Iya, salah. Salah itu bukan berarti buruk ya, Snackers. Misalnya kebiasaan kita setelah makan. Ternyata, sadar atau nggak ada kegiatan yang nggak boleh kita lakukan setelah makan lho. Alasannya, kegiatan-kegiatan ini bisa membahayakan tubuh. Hemm.. kegiatan apa aja ya? Simak ulasan Mimil yuk!

  1. Merokok

    Merokok-Berbahaya-Aremafood

    via zeetal.com

Actually, jangankan setelah makan. Merokok itu sebenarnya emang nggak baik buat kesehatan. Ada banyak hal yang dirugikan akibat merokok. Seringkali kita lihat orang-orang di sekitar kita yang kita temui di warung, misalnya, merokok setelah makan. Padahal, merokok setelah makan itu nggak baik ya, Snackers.
Percobaan dari para ahli membuktikan bahwa menghisap sebatang rokok setelah makan sama dengan menghisap 10 batang rokok. Hal ini bisa menyebabkan potensi terkena kanker lebih tinggi. Wihh.. ngeri nggak tuh?

  1. Makan Buah

    via hijabmodern.net

    via hijabmodern.net

Buah, apapun itu, sangat baik bagi kesehatan. Tapi, mengonsumsi buah ada waktu yang baik yaitu saat sebelum makan. Makan buah setelah makan makanan berat atau main course menyebabkan perut kembung dengan udara. Kalaupun tidak sempat makan buah sebelum makan main course, beri jarak 1 hingga 2 jam setelah makan makanan main course untuk kemudian makan buah ya, Snackers.

  1. Minum Teh

    via rakhigiftgallery.net

    via rakhigiftgallery.net

Daun teh mengandung zat asam. Zat ini akan menyebabkan kandungan protein di dalam makanan yang kita konsumsi sulit dicerna.
Alangkah baiknya jika minum air mineral dulu setelah makan, baru beberapa waktu kemudian bisa minum teh. Minum teh setelah makan tidak baik khususnya jika setelah makan makanan yang berprotein.

  1. Mandi

    via sooperboy.com

    via sooperboy.com

Mandi setelah makan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki, dan tubuh sehingga jumlah darah sekitar perut akan menurun. Hal ini akan melemahkan sistem saraf di pencernaan.
Sebaiknya, beri jarak sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mandi setelah makan.

  1. Berjalan

    via food.ndtv.com

    via food.ndtv.com

Berjalan setelah makan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menutrisi dari makanan yang kita makan. Berjalan setelah makan juga bisa membuatmu  -kalau kata orang Jawa nih isitilahnya adalah- suduk’en. Suduk’en adalah kondisi ketika perut kita masih kenyang tapi ‘dipaksa’ untuk berjalan sehingga rasanya seperti tertusuk atau tertekan di perut.
Pola yang baik adalah makan sambil duduk dan setelah makan juga duduk dulu sebelum memutuskan untuk beraktivitas kembali ya, Snackers.

  1. Tidur

    via liputan6.com

    via liputan6.com

Bad timing, sengantuk-ngantuknya kamu jangan pernah langsung tidur setelah makan, ya Snackers. Sadar atau nggak, kebiasaan tidur setelah makan sering kita lakukan setelah sahur. So, jangan buru-buru tidur setelah makan karena hal tersebut dapat menyebabkan asupan makanan tidak dicerna dengan baik. Bisa menyebabkan infeksi pada lambung dan usus kita.

That’s all, Snackers.
Tetap semangat buat menjaga pola makan, kebiasaan makan, dan kesehatan tubuh yaa, Snackers!
Stay healty 😀

Sumber:
kitamuda.com

Penulis:
A.K

25 June 2016

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Makan

Hai Snackers, kadang-kadang kita sering luput pada kebiasaan kita yang sebenarnya salah. Iya, salah. Salah itu bukan berarti buruk ya, Snackers. Misalnya kebiasaan kita setelah makan. […]
18 June 2016

Tahu Lontong dan Es Ronde Ramahal, Kuliner Unik di Malam Harimu!

Hai Snackers, kalau main ke Blitar, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini: Tahu Lontong dan Es Ronde “Ramahal” yang letaknya di Jalan Cokroaminoto Blitar. Jam bukanya […]
14 June 2016

3 Alasan Kenapa Orang Mengirim Parcel Lebaran

Snackers, udah pertengahan Ramadan nih. Siapa nih yang udah siap-siap menyambut lebaran? Di Indonesia, buaaanyak banget tradisi-tradisi unik mengenai lebaran. Kali ini, Mimil bakal bahas tentang […]
7 June 2016

Nguliner Palembang di Dapur Palembang Yuk!

Haloo Snackers, apa sih yang ada di pikiranmu ketika kali pertama denger kata “Palembang”? Pempek? Ampera? Sriwijaya FC? Atau apa lagi deh? Datang ke kota Palembang […]