redaksi

Hai Snackers,

Nggak kerasa banget nih ya udah mau puasa-an, euforia Ramadhan udah kerasa banget nih. Mulai dari iklan sirup di tv, diskon baju muslim di mall, banyak orang jual kurma di pinggir jalan, dan banyak lagi. Nah, kali ini Mimil mau berbagi tips tentang sahur.

Ya, sahur. Sebelum puasa baiknya kamu sahur dulu ya, Snackers. Sahur itu penting nggak boleh terlewatkan lho, selain karena dapet pahala puasamu juga bakal lebih kuat dan stamina tetap terjaga. Tapiiiii… waktu kamu sahur harus banget pilih menu makanan yang cocok ya, Snackers. Jangan asal makan aja hehe

Ini dia 5 menu sahur yang bikin kamu kuat menjalani puasa seharian! Check it out!

  1. Nasi
via onceuponachef.com

via onceuponachef.com

Agar puasamu kuat, kamu harus memiliki perbekalan karbohidrat yang cukup. Orang Indonesia nih biasanya nggak marem kalau nggak makan nasi. Jadi, makanlah nasi ditambah dengan lauk dan sayuran yang memiliki protein tinggi ya, Snackers. Porsinya sedang-sedang saja karena kalau kamu sengaja makan dengan porsi besar agar puasa makin kuat, keadaan justru sebaliknya. Porsi besar membuatmu kenyang dan mudah lelah.

  1. Kentang
via dapurdiet.com

via dapurdiet.com

Kentang juga memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Kamu bisa mengonsumsi kentang rebus saat sahur, cukup 1 kentang ukuran sedang saja membuatmu kuat seharian.

Sebenarnya, kentang goreng boleh juga tapi karena kadar manisnya yang lebih tinggi jika digoreng lebih baik kamu mengonsumsi kentang rebus, ya Snackers.

  1. Roti Gandum
via motivasilangsing.com

via motivasilangsing.com

Apabila dibandingkan dengan roti putih biasa yang terbuat dari tepung terigu, roti gandum lebih baik untuk dikonsumsi. Selain karena memiliki nutrisi yang lebih baik, roti gandum juga kaya akan serat, sehingga dapat membuat tubuh menjadi merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Karena seratnya yang membuat kita selalu merasa kenyang ini, roti gandum cocok untuk dijadikan menu sahur. Apalagi kalau kamu telat bangun, Snackers. Makan roti gandum selain bikinnya gampang, kamu juga gampang kenyang. Enak kan? 😀

  1. Pisang
via selingkaran.com

via selingkaran.com

Kandungan potassium dalam pisang dapat mengontrol rasa hausmu ketika seharian berpuasa. Pisang juga merupakan pilihan yang tepat saat sahur karena dapat membuatmu cukup kenyang.

Diimbangi dengan minum segelas air mineral, bikin puasamu nggak berasa deh. Tau-tau udah mau buka puasa ajaa hehe

  1. Kurma
via food.ndtv.com

via food.ndtv.com

Meskipun layaknya camilan dan ukurannya kecil, memakan sejumlah buah kurma adalah pilihan yang tepat untuk sahur.

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan menu sahur yang sangat baik agar energimu selama puasa tetap terjaga.

Baiklah, dari semua menu yang sudah Mimil share, nggak bakal pernah ngefek kalau nggak ada niat hahaha jadi niat puasa itu tetep yang utama ya, Snackers.

Mimil juga menyarankan kamu buat tidak mengonsumsi makanan yang berlemak, yang pedas-pedas, dan makanan cepat saji saat sahur. Kenapa? Karena selain bisa meningkatkan kolesterol, makanan tersebut bisa mengganggu pencernaan yang akan membuatmu mudah merasa lapar.

Puasa tinggal beberapa hari lagi, Snackers.

Mempersiapkan stamina tubuh dengan makanan yang bergizi adalah salah satu cara bijak buat bikin puasamu sehat dan menyenangkan.

Happy fasting and stay healthy, ya!

Sumber:
borntobemuslim.tumblr.com
manfaat.co.id

Penulis:
A.K

4 June 2016

5 Menu Sahur Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

Hai Snackers, Nggak kerasa banget nih ya udah mau puasa-an, euforia Ramadhan udah kerasa banget nih. Mulai dari iklan sirup di tv, diskon baju muslim di […]
31 May 2016

Asinan Buah Combi: Parade Buah yang Segar dan Menyenangkan

Asinan Buah khas Bogor, Manis,  kecut,  pedas, dan segar.  Parade aneka rasa dari menu khas kota hujan ini  seketika akan menyapa Anda pada suapan pertama,  kedua,  […]
28 May 2016

7 Pasang Makanan yang Bahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

Snackers, banyak hal di dunia ini yang terlahir untuk tidak bersama. Seperti Mimil dan mantannya Mimil *ehh* dan seperti beberapa makanan yang bakal Mimil jelasin di […]
24 May 2016

Nasi Goreng Rempah Mafia: Rombongan Gangster yang Siap Menjajah Lidah!

“Selamat datang, Bos!” Sapaan itu akan langsung kamu dapatkan ketika berkunjung guna memanjakan perut di Nasi Goreng Rempah Mafia. Iya, Bos. Para pegawai di resto ini […]