redaksi

Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Jajanan tradisional asli Jawa memang didominasi oleh bahan dari tepung ketan dan kelapa. Rasa jajanannya kebanyakan perpaduan manis dan gurih.

Nah wingko yang mau Mimil ulas kali ini nih, istimewa banget. Seperti wingko biasa, tapi wingko Harum Manis ini di tengahnya ada potongan buah aslinya, kalau yang wingko nangka, ada potongan nangkanya, kalau wingko apel ada potongan apelnya. Ada empat rasa yaitu nangka, apel, salak, dan durian.
Harum-Manis-Wingko-Apel-Batu-Aremafood

Mimil yang sudah cobain adalah wingko apel dan wingko nangka. Meski tidak suka jajanan manis, tapi kalau wingko, Mimil suka. Rasanya manis sedang, gurih didapat dari parutan kelapa. Rasa legit pasti berasal dari perpaduan gula dan kelapa yang dipanggang. Wooow enak banget. Apalagi ada potongan buah nangka di tengah-tengahnya, bikin rasa wingko ini nggak monoton. Kalau wingko apel jangan kaget nanti ada rasa asem manis di tengah-tengah rasa legit manis gurih, itulah potongan apelnya.

Sayang kue wingko ini cuma tahan seminggu. Lewat seminggu pasti sudah gak layak makan. So bagi yang pengin bernostalgia ngicipin jajanan tradisional dengan sedikit modifikasi, bisa coba Wingko Harum Manis ini. Wingko bisa dikirim ke kota kota besar dengan layanan ekspedisi cepat. Klik di sini yah buat yang sudah pingin pake banget.

25 January 2016

Wingko Babat Isi Buah? Ini Jajanan Tradisional Gaya Baru

Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. […]
23 January 2016

Makan Malam tapi Takut Gemuk? Nggak Lagi deh!

Makan malam memang berisiko apalagi untuk berat badan. Snackers yang cewek-cewek nih biasanya khawatir banget sampai bener-bener menghindari makan malam biar tetep kurus. Tapi, kali ini […]
20 January 2016

Keripik Kulit Ikan Kakap, Alternatif Camilan yang Enak

Di negara kita Indonesia ini, apa sih yang gak bisa dijadikan makanan? Bahkan bahan-bahan yang tidak terbayangkan, bisa diolah menjadi camilan atau kudapan. Contoh yang pernah […]
16 January 2016

Manisan Buah Carica, Oleh-oleh dari Dataran Dieng yang Kaya Manfaat

Snackers, buah di dunia ini banyaak banget macemnya. Mulai dari yang sehari-hari kita konsumsi sampai ada nama buah yang mungkin kita nggak tahu. Kali ini, Mimil […]