redaksi

Hari Raya Nyepi di Tahun 2018 ini jatuh pada hari Sabtu, 17 Maret 2018. Seperti yang kita tahu, Hari Raya Nyepi adalah hari besarnya umat agama Hindu. Memasuki Tahun Baru Saka, umat Hindu biasanya melakukan banyak ritual keagamaan yang sakral dan sarat akan makna pada saat Nyepi.

Snackers, cerita dong. Nyepi versi kamu atau Nyepi versi setahu kamu kayak gimana nih? Aremafood mau kasih tahu kamu tentang makanan saat Nyepi. Semoga menjadi wawasan buat kamu yang belum tahu ya!

Baca juga: 5 Sajian yang Identik dengan Lebaran Idul Fitri

 

Ini, masakan tradisional khas Bali yang biasa dimakan saat Hari Raya Nyepi

  1. Entil
entil-makanan-nyepi-bali-aremafood

via bali-travelnews.com

Entil adalah sajian semacam lontong yang dibungkus dengan daun nyelep atau talengidi. Bentuk daunnya lebar dan panjang, mirip daun kunyit. Kalau umat Islam punya ketupat lebaran, umat Hindu punya Entil saat Nyepi.  Entil diikat dengan tali bambu dan dikukus dalam waktu yang lama, melebihi waktu kukusnya ketupat. Tujuannya, agar cita rasa dari entil ini makin legit, sedap, dan tahan lama dikarenakan daun nyelep yang meresap ke dalam nasi.

  1. Ketongkol

Ketongkol juga mirip lontong, hanya bentuknya lebih ke kerucut. Ketongkol bisa disajikan dengan sayur atau lauk lainnya seperti kelapa parut, kerupuk, lawar, jukut urab, telur rebus, plus sambal matah. Tapi kalau dimakan langsung juga boleh sih, rasanya gurih dan teksturnya lengket.

  1. Pulung Nyepi

Pulung Nyepi ini dari namanya bener-bener denotatif disajikan saat Nyepi. Pulung Nyepi bentuknya mirip kolak biji salak tanpa kuah gula dan santan. Sajian ini selalu ada menjelang pengerupukan. Desa Sukasada Bali menjadi pelopor Pulung Nyepi ini. Terbuat dari beras dan tepung kanji yang dikukus kemudian dibentuk bulat-bulat lonjong, lalu direbus lagi. Sajikan dengan parutan kelapa muda biar cantik dan gurih.

  1. Cerorot
cerurut-makanan-nyepi-bali-aremafood

via goodnewsfromindonesia.id

Ini adalah kue tradisional Bali yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bali. Kue kerucut berwarna cokelat ini punya rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Seperti jenang kalau di Jawa. Cerorot dibungkus dengan janur yang dililit membentuk kerucut.

  1. Nasi Tepeng

Sajian makanan berat saat Nyepi alias main course ya Nasi Tepeng ini. Asalnya dari Gianyar. Khasnya nasi tepeng adalah rasa rempahnya dan lada pedas yang menggigit. Seporsi nasi tepeng biasanya berisi berbagai sayur seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Disajikan di pincuk daun pisang. Bener-bener tradisional!

  1. Jaja Apem
jaja-apem-makanan-nyepi-bali-aremafood

via pixtame.com

Kue ini memang terlihat seperti apem, memang sangat mirip bentuknya. Namun, cita rasanya yang berbeda karena Jaja Apem ini adalah apem tanpa gula. Meski begitu, Jaja Apem ini tetap manis karena penyajiannya dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair. Jaja apem sering ada saat upacara adat di Bali.

  1. Lawar
lawar-makanan-nyepi-bali-aremafood

via id.wikipedia.org

Lawar adalah sayuran dan daging cincang dengan bumbu khas Bali. Penamaan Lawar juga tergantung dari sayur yang digunakan. Seperti yang paling populer adalah yang menggunakan sayur dari nangka muda yang kemudian diberi nama Lawar Nangka.

  1. Betutu
betutu-makanan-nyepi-bali-aremafood

via santapsedap.com

Siapa yang bisa menolak kelezatan Betutu khas Bali? Betutu baik itu ayam betutu atau bali betutu rasanya adalah makanan wajib yang enggak boleh terlewatkan kalau berkunjung ke Bali. Ayam betutu seringkali dijadikan sesembahan untuk upacara adat di Bali. Betutu diolah dengan cara memanggang daging dalam api sekam. Makanan kebanggaan Bali ini juga dijadikan favorit oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Filosofi Kue Keranjang dan Kaitannya dengan Imlek

Sudah ada delapan masakan khas Bali yang biasa disuguhkan saat Nyepi. Tahun Baru Saka sebentar lagi. Saatnya menenangkan diri, menyucikan hati, dan mendekat pada Ilahi. Mari berharmonisasi. Buat kamu Snackers  yang merayakan, Selamat Hari Raya Nyepi!

s

A.K

16 March 2018

8 Makanan Tradisional Khas Bali yang Biasa Disuguhkan Saat Nyepi

Hari Raya Nyepi di Tahun 2018 ini jatuh pada hari Sabtu, 17 Maret 2018. Seperti yang kita tahu, Hari Raya Nyepi adalah hari besarnya umat agama […]
14 March 2018

Musim Pilek, Atasi Dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!

Di setiap musim penghujan, akan selalu ada hujan yang dengan sigap membuat kita pilek seketika. Sebenarnya ini udah mau peralihan ke musim pancaroba ya, Snackers. Tapi, […]
12 March 2018

Beli Keripik Online, Makin Gampang di E-commerce Resmi Kanefood!

Kanefood baru aja launching official e-commerce alias webstore-nya kemarin. Kamu bisa akses di www.kanefood.com/store. Maaf maaf ya Snackers, kalau Aremafood telat ngabarin. Nggak apa-apa telat daripada […]
10 March 2018
Chizkek-Lumer-Bekal-Cheesecake-Praktis-yang-Keju-Abis

Chizkek Lumer, Bekal Cheesecake Praktis yang Keju Abis!

Chizkek Lumer, dari brand name-nya mungkin kamu bingung, cis kek? Apaan cis kek? Tapi sedetik kemudian pasti kamu langsung sadar-sadar sendiri. Oh, cheese cake maksudnya? Yup. […]