redaksi

bumbu desa malang

Setelah menunggu mulai dari bulan Puasa lalu, akhirnya kesempatan untuk mencicipi kuliner pendatang baru di Malang itu datang juga di penghujung bulan Agustus. Artinya, cukup lama juga saya harus menunggu kesempatan untuk datang ke restoran yang bernama Bumbu Desa ini.

Kenapa lama? Karena harus menunggu tempat ini sedikit sepi pengunjung. Sudah lebih dari empat atau lima kali ke tempat ini sejak bulan puasa, tapi selalu ramai pengunjung. Tambah penasaran juga ya, ini tempat kenapa selalu full begitu.

Awalnya, ketika masuk, kita akan langsung disapa oleh para mas-mas dan mbak-mbak dengan ucapan selamat datang. Awalnya, sempat bingung juga, ngomong apa ya mereka?? Ternyata, mereka mengucapkan salam dalam bahasa Sunda. Barulah saat itu paham, kalau ternyata Bumbu Desa ini memang menyediakan makanan-makanan khas dari Indonesia, tapi, yang paling dominan adalah hidangan khas dari daerah di Jawa Barat itu.

suasana bumbu desa malang

Space dari Bumbu Desa ini lumayan besar. Kira-kira bisa menampung 100 orang. Cukup comfy, dan bersih. Cocok banget buat makan beramai-ramai bareng keluarga. Pelayanannya juga oke. Orderan datang tanpa perlu menunggu lama. Well, mungkin karena waktu itu memang lagi sepi sih…hahaha! Perfect timing!

Di tempat ini, selain bisa memilih makanan yang ada dalam buku menu, kita bisa langsung memilih berbagai macam lauk-lauk yang sudah mereka siapkan di atas meja khusus, mirip prasmanan. Ada bebek & ayam bakar, aneka tempe, botok, aneka tumisan, dll. Banyak lah pokoknya. Sebagian sudah siap saji, dan sebagian masih harus diproses lagi (goreng, bakar, dsb).

menu bumbu desa malang

Lalu, ketika melihat buku menu, ternyata hidangannya banyak, pake banget! Dari aneka olahan daging sapi (Dendeng Sapi, Babat, Paru, Sop Buntut hingga Soto Bandung), macam-macam pepesan ( Usus Ayam, Ayam, Ikan Mas, Jamur Tiram dll), Nasi Timbel, Tutug Oncom, Liwet, aneka olahan ayam (bakar, kecap, laos, kremes dll), aneka tumisan (Leunca, Genjer, Asin Jambal, Tutut, Cumi Sotong dll), aneka olahan ikan (Cumi dan Lele Bakar, Gurame Cobek, Nila Pesmol dll), hingga aneka sayur (Asem, Lodeh, Semur Jengkol, Karedok dll) dan gorengan. Nah, banyak kan?

Menu minumannya juga banyak. Dari aneka minuman panas (Bajigur, Bandrek, Kopi Anyer dll), sampai aneka jus dan es (Es Kabayan, Es Kang Dadang, Goyobod, Mojang Kalem, Peuyeum Bandung, Es Sunda Gaul dll).

menu bumbu desa malang 2

Dengan menu yang ‘meriah’ itu, dijamin kita bakal bingung deh. Ingin ini, ingin itu. Setidaknya itu yang terjadi pada saya sih. Banyak menu jadi bingung..hehehe. Akhirnya saya tanya ke pelayannya langsung sih, menu mana yang jadi andalan, atau paling banyak diminati. Akhirnya, muncul menu Ayam Cabe Hijau (16,5rb), Gurame Pesmol (45rb), Pepes Jamur Merang (7,5rb), Tempe Mendoan, seporsi isi dua biji (4rb), Es Kabayan (11,5rb), Es Kang Dadang (11,5rb).

Butuh sambal? Ini asyiknya nih. Mereka menyediakan empat jenis sambal, for free! Plus lalapannya. Boleh ambil, tapi sewajarnya saja ya.

bumbu desa

Back to menu-menu yang sudah saya pesan tadi. Gurame Pesmolnya lumayan enak. Pepes Jamur Merang-nya yang sedikit kurang konsisten. Saya ambil dua porsi, yang satu rasanya pas, tapi yang satu rasanya lebih asin. Kalo Tempe Mendoan, ini sih sudah pasti uenak. Apalagi kalau fresh from the wajan. Tapi, yang paling oke, menurut saya Ayam Cabai Hijaunya. Pedasnya muantab, dan ayamnya empuk. Ayamnya tidak digoreng, tapi sepertinya dikukus. Mantab deh pokoknya.

menu bumbu desa malang 1

Untuk es-nya sendiri, sama-sama enaknya. Cuma, Es Kabayan lebih segar, apalagi tampilannya warna-warni, tapi dominan merah. Ada Peuyeum-nya juga. Es Kang Dadang juga enak, tapi ada tambahan rotinya. Jadinya lumayan kenyang sih kalau makan es yang satu ini.

Overall, enak kok masakannya. Malah, menurut saya, berasa masakan rumahan. Harga tidak terlalu mahal, juga. Selesai makan, dan rasa penasaran sudah cukup terhapus, saya malah langsung niat balik lagi kapan-kapan. Masih banyak menu lain yang menunggu untuk dicicipi di tempat ini. So, see you soon, Bumbu Desa

 bumbu-desa-malang

Address : Jl. S.P Sudarmo, Cikapundung 14, Malang

Call: 0341-408943/0341-4441088

Web/Twitter: Bumbudesa.com/@BumbudesaMalang

Opening hours: Daily, 10:00 – 22:00 (Last order 21:30)

Must Order : Ayam Cabai Hijau.

Pricing/Spend : 2,5k – 55k/30k

Wifi : Yes

(dim)

31 August 2013

Menikmati Masakan Tradisional Tanah Sunda di Bumbu Desa

Setelah menunggu mulai dari bulan Puasa lalu, akhirnya kesempatan untuk mencicipi kuliner pendatang baru di Malang itu datang juga di penghujung bulan Agustus. Artinya, cukup lama […]
5 August 2013

Nasi Mawut Pak Iwan… Terlezat di Kota Malang?

Anda penggemar masakan Chinese Food? Suka Nasi Mawut? Kalau begitu, datang saja ke Depot Nasi Mawut Pak Iwan yang berlokasi di jalan Aris Munandar, Malang, ini. […]
18 July 2013

Bernostalgia Dengan Malang Tempoe Doeloe Di RM Inggil

Pernah membayangkan, bagaimana rasanya berwisata kuliner di sebuah rumah makan yang berfungsi sebagai sebuah museum yang menampilkan koleksi benda-benda kuno? Pasti unik kan. Rasanya seperti melakukan […]
9 July 2013

Super Dimsum – Cemilan Nikmat Dengan Harga Bersahabat

Pernah kah merasa sudah cukup kenyang, tapi masih ingin sedikit ngemil-ngemil? Atau lapar, tapi tidak mau makan besar? Hampir semua orang pasti merasakan hal tersebut. Nah, […]