Awas! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Kebiasaan memanaskan makanan kembali kadang-kadang nggak bisa kita hindari. Makanan dipanaskan kembali karena taste of makanan hangat itu lebih ngena. Ada juga di restoran, makanan kembali dipanaskan untuk penyajian yang lebih baik. Padahal ternyata ada lho beberapa makanan yang malah nggak baik kalau dipanaskan lagi. Aremafood mau ingetin lagi nih, siapa tahu kamu luput. Nih 7 makanan yang justru bahaya jika dipanaskan kembali.

  1. Nasi
makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via marthastewart.com

Nasi akan berkurang manfaatnya ketika kamu memanaskan kembali. Pemanasan nasi yang sudah dingin akan menyebabkan pertumbuhan spora. Spora menghasilkan bakteri, kuman, sereta neurotoksin yang dapat menyebabkan diare dan muntah-muntah. Jadi kalau kamu mau masak nasi, masaklah dengan porsi yang ckup ya. Kalau memang harus dipanaskan lagi, dinginkan dulu di kulkas selama minimal 12 jam.

Baca juga: 7 Pasang Makanan yang Bahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

2. Bayam

makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via marthastewart.com

Ini pasti udah banyak orang yang tahu. Ngeri, memanaskan kembali bayam bisa menyebabkan kanker. Kok bisa? Iya Snackers, soalnya kandungan nitrat pada bayam ketika dipanaskan kembali akan berubah menjadi zat nitrit dan bersifat karsinogen yang dapat memicu kanker. Makanlah bayam sesaat setelah dimasak karena saat itu kandungan nutrisinya masih baik.

3. Ayam

makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via bonappetit.com

Siapa sangka kalau memanaskan ayam kembali ternyata juga berbahaya. Kandungan proteinnya bisa berubah dan dapat menyebabkan masalah pencernaan lho. Kalau memang terpaksa, panaskan secara merata hingga ke bagian dalam dengan api kecil ya.

4. Telur

makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via haloselebriti.net

Telur matang yang sudah direbus sebelumnya dan dengan keadaan kuning telur di dalam nggak perlu dipanaskan lagi. Pemanasan telur untuk kedua kalinya bisa memicu munculnya racun, terutama di bagian kuning telur. Racun tersebut bisa merusak sistem pencernaan. Hii!

5. Jamur

makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via simplyrecipes.com

Sama seperti ayam, Memanaskan kembali makanan olahan jamur yang sudah mendingin menyebabkan kandungan protein jamur akan berubah. Proses ini dapat mengganggu pencernaan, bahkan parahnya dapat mengganggu kinerja jantung. Sebaiknya, konsumsi hidangan atau olahan jamur selagi masih hangat ya, Snackers.

Baca juga: 5 Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Super Sibuk

6. Kentang

makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via ytimg.com

Ngaku! Pasti pernah manasin kentang lagi, kan? Jangan lagi ya, Snackers karena proses pemanasan kembali pada kentang akan menghidupkan bakteri langka yang dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. Membiarkan kentang pada suhu ruang dan dibungkus kertas aluminium setelah dimasak juga dapat menyebabkan perkembangan bakteri Clostridium Botulinum yang dapat menyebabkan munculnya racun botulin. Racun ini dapat menyebabkan penyakit kekakuan otot yang bisa berakibat fatal.

7. Seledri

makanan yang bahaya jika dipanaskan kembali

via img.taste.com.au

Seledri tidak baik untuk dipanaskan kembali karena sama seperti bayam, kandungan nitrat dalam seledri akan berubah menjadi nitrit dan mengandung karsinogen yang dapat memicu penyakit kanker.

Baca juga: 8 Makanan yang Ampuh Sembuhkan Galau

Makan makanan dingin nggak selamanya nggak enak kok. Sebab memanaskan masakan atau makanan kembali juga nggak semuanya aman. Makanlah makanan yang sehat dengan tahu cara masaknya juga ya, Snackers!

Sumber:
foody.id

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *