Belum Tahu kan Kalo Kekurangan Air Putih Bakalan Sefatal Ini?

Nagih, Nggak Bisa Lupain Lezat dan Nikmatnya Pizza ala Wise Coffee
23 August 2016
5 Keripik Kane Kane Terlaris di Aremafood.com
28 September 2016

Halo Snackers! Sudah ngemil belum hari ini?

Kali ini Mimil mau bahas soal kesehatan nih Snackers, pantengin yuk!
Snackers tau kan kalo dalam sehari kita harus konsumsi air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter? Kalo belum tau bisa dimulai dari hari ini nih Snackers, karena akibatnya bisa fatal lho. Kali ini Mimil bakal bahas beberapa hal akibat kalo Snackers kurang konsumsi air putih, apa aja sih?

  1. Tubuh Mudah Lelah

Snackers mudah lelah? Kalo iya, mungkin kurangnya konsumsi air putih jadi salah satu penyebabnya nih. Secara ilmiah, air sendiri berfungsi sebagai pembawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh, jika tubuh kekurangan air, maka distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh pastinya bakalan berkurang kan Snackers? Ternyata ketika tubuh kekurangan oksigen maka akan mengurangi proses metabolisme dalam tubuh kita sendiri lho Snackers, jadi bisa berpengaruh pula pada pembentukan sel-sel atau jaringan tubuh kita untuk terus beraktifitas.

Sumber: drsandraelhajj.com

Sumber: drsandraelhajj.com

  1. Terjadi Dehidrasi

Dehidrasi sendiri berarti kondisi dimana tubuh dalam kondisi sangat kekurangan cairan. Cairan di sini sebenarnya ada banyak, hanya saja ditekankan pada air putih. Snackers tau nggak kalo dehidrasi muncul akibat kurangnya keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dari tubuh, ketika banyak aktifitas, bakalan banyak cairan yang keluar seperti contoh keringat, tidak diimbangi dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh, maka dehidrasi ini bisa terjadi.

Akibat dari dehidrasi sendiri beragam Snackers, mulai dari sakit kepala, kulit kering, system imun yang rendah, gangguan pencernaan, hingga infeksi saluran kemih. Bahaya banget nih Snackers, konsumsi air yang banyak ya biar ga kena dehidrasi!

Sumber: faithsmessenger.com

Sumber: faithsmessenger.com

  1. Gangguan Sistem Pencernaan

Segala aktifitas yang kita lakukan setiap saatnya pasti tidak lepas dari apapun yang kita konsumsi. Apapun yang masuk ke dalam tubuh kita pasti akan dicerna langsung oleh system pencernaan. Sistem pencernaan juga membutuhkan air dalam keberlangsungannya lho Snackers, semakin banyak makanan yang kita konsumsi maka system kerja pencernaan juga akan semakin tingga dan membutuhkan banyak air pula. Ketika air yang dibutuhkan tidak seimbang dengan makanan yang masuk, maka akan terjadi gangguan nih Snackers. Akibatnya banyak, mulai sembelit/konstipasi, dan memicu berbagai penyakit pencernaan, seperti ulkus peptikum, ambeien, bahkan dalam jangka waktu yang panjang dapat memudahkan terjadinya kanker usus.

Sumber: urgentcarefl.com

Sumber: urgentcarefl.com

  1. Gangguan Fungsi Ginjal

Snackers tau nggak kalo ginjal punya fungsi utama sebagai  filtrasi cairan lho, filtrasi itu sendiri adalah saat zat yang berguna akan diserap oleh tubuh melalui peredaran darah dan zat yang tidak berguna dan bersifat racun akan dibuang keluar tubuh melalui urine.Nah, proses filtrasi ini sendiri  butuh banyak air agar bekerja dengan baik. Kalau Snackers kurang mengonsumsi air maka ginjal akan bekerja lebih keras dan kotoran atau zat-zat beracun tidak dapat dikeluarkan secara sempurna keluar tubuh.

Kotoran atau zat-zat beracun yang tidak keluar secara sempurna ini tentu akan menumpuk kemudian menimbulkan gangguan-gangguan cepat atau lambat. Gangguan ginjal dapat memicu munculnya penyakit batu ginjal, infeksi bakteri di dalam ginjal hingga gagal ginjal. Serem ya Snackers, yakin masih mau kurang-kurangin konsumsi air putih?

  1. Gangguan pada Fungsi Syaraf

Sudah Mimil jelaskan tadi kalo fungsi utama air adalah mengangkut oksigen ke seluruh anggota tubuh, nah resiko lain yang Snackers bakalan dapet adalah gangguan pada fungsi syaraf. Kok bisa? Ya bisa dong. Fungsi utama air adalah pendistribusian oksigen ke seluruh tubuh, khususnya otak. Ketika Snackers kekurangan konsumsi air maka pendistribusian oksigen ke otak akan berkurang juga, sehingga ketika kerja otak maksimal tapi konsumsi sedikit akan terjadi masalah di sana. Masalah atau gangguan yang muncul bisa berupa menurunnya konsentrasi, mudah bingung, mudah lelah, hingga penurunan kesadaran.

Sumber: newhealthadvisor.com

Sumber: newhealthadvisor.com

Udah simak kan beberapa akibat dari kurangnya konsumsi air putih? Mulai dari gangguan-gangguan kecil seperti mudah lelah atau lelah mengantuk, hingga gagal ginjal bahkan kematian. Hii serem juga yaa Snackers, udah yuk mulai sekarang optimalkan minum air putih 8 gelas atau 2 liter per hari. Be healthy be alive ya Snackers! 😀 Have a great day!

Sumber:
dedaunan.com
uniqpost.com

Penulis:
Kemala Ristanti N. A.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *