BRI E-Commerce Gathering 2017, Kenali Ekosistem E-commerce Secara Menyeluruh

Surabaya, 14 Juli 2017

Menjadi salah satu e-commerce yang bergerak di bidang food & beverage, Aremafood turut andil menghadiri acara E-commerce Gathering yang diadakan oleh Bank BRI pada Jumat, 14 Juli 2017. Bertempat di Hotel Wyndham Surabaya, acara ini menghadirkan beberapa pembicara ternama seperti Prof. Richardus Eko Indrajit dari Perbanas, Bima Laga dari idEA, Budi Gandasoebrata dari Midtrans, serta Leontinus Alpha Edison yang merupakan co-founder dari Tokopedia.

BRI E-commerce Gathering ini mempertemukan lebih dari 100 pemeran e-commerce yang berada di wilayah Surabaya, Malang, dan sekitarnya. Surabaya adalah kota keempat dari tujuh kota yang diagendakan oleh Bank BRI dalam acara BRI E-commerce Gathering. Dimoderatori oleh Prof. Richardus Eko Indrajit atau yang lebih akrab disapa Prof. Eko, acara yang dimulai pukul 13.30 dan berakhir sekitar pukul 18.00 ini banyak mendiskusikan tentang perkembangan e-commerce di Indonesia.

BRI E-commerce Gathering

Kane Kane dari Aremafood di acara BRI E-commerce Gathering

Berbicara mengenai e-commerce, Prof. Eko menegaskan bahwa kesuksesan e-commerce dapat dicapai jika ekosistem e-commerce secara keseluruhan dapat bekerjasama dengan baik. Mulai dari pemilik e-commerce bersama stakeholders seperti layanan sistem pembayaran, ekspedisi dan distribusi, sampai customer sebagai end user harus bersinergi menjadi ekosistem e-commerce yang saling mendukung.

Tidak hanya pemeran e-commerce, acara ini juga banyak dihadiri oleh wirausaha yang sudah go online namun belum memiliki toko online seperti e-commerce. Untuk itu dalam presentasinya, Bima Laga, perwakilan dari Indonesian E-commerce Association (idEA) mengatakan bahwa potensi e-commerce di Indonesia itu sangat tinggi. Sehingga peluang wirausaha untuk membentuk e-commerce itu sebenarnya sangat besar. Meskipun baru berpengaruh sedikit terhadap perkembangan ekonomi Indonesia khususnya di bidang digital, harapan ke depannya e-commerce di Indonesia dapat menyumbang sekitar 5-10% GDP Indonesia.

BRI E-commerce Gathering

Band akustik di BRI E-commerce Gathering

Banyak pembicara yang dihadirkan, namun acara ini jauh dari kata membosankan. Beberapa hiburan disajikan seperti alunan musik akustik dari band lokal, coffee break, dan beberapa kuis berhadiah. Selain menghibur, acara selingan ini membuat peserta makin semangat untuk mengikuti seluruh rangkaian acara sampai akhir.

BRI E-commerce Gathering

Coffee Break di BRI E-commerce Gathering

Adapun Budi Gandasoebrata dari Midtrans menyampaikan bahwa sistem pembayaran itu sangat penting dan memegang kuasa cukup besar di dunia e-commerce atau jual beli online. Perlu diketahui, Midtrans adalah pihak penyedia layanan payment gateway, sebuah sistem pembayaran online yang menjembatani merchant dan bank untuk dapat berkolaborasi. Budi mengatakan, tantangan pemeran e-commerce dalam hal ini adalah memastikan bahwa sistem pembayaran dapat berjalan dengan mudah dan tidak menyulitkan kedua belah pihak, baik seller maupun buyer. Jika sudah mencapai kemudahan itu, diprediksi keberhasilan e-commerce tidaklah susah didapatkan.

Sebelum ditutup dengan sesi tanya jawab, Leontinus Alpha Edison yang merupakan co-founder dari Tokopedia juga unjuk gigi di acara yang bergengsi ini. Selain mempresentasikan tentang Tokopedia, kemudian sharing pengalamannya yang sudah malang melintang, Leon juga menyarankan kepada para peserta untuk dapat menjadi bagian dari generasi digital. Menurut Leon, di zaman sekarang, berbagai cara sudah jauh lebih mudah bagi setiap orang yang ingin terjun ke industri digital seperti e-commerce. Tidak ada ruginya menjadi generasi digital, apalagi jika bisa melihat peluang-peluang usaha. Bekerjasama dengan ekosistem pendukung kemudian memanfaatkannya untuk membangun dan mengembangkan usaha adalah pintu gerbang termudah untuk dapat terjun ke industri digital.

BRI E-commerce Gathering

Pembicara di BRI E-commerce Gathering

Sebagai pendukung perkembangan e-commerce di Indonesia, Bank BRI memiliki berbagai layanan khususnya di sistem pembayaran yang memudahkan semua pelaku e-commerce. Produk-produk BRI seperti BRIVA, CMS, E-pay, Tbank, dan Pay By QR didesain sesuai kebutuhan pelaku e-commerce untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kinerja e-commerce. Dengan produk yang berbasis e-commerce ini, BRI berharap masalah sistem pembayaran akan jauh lebih mudah dari yang pernah ada.

Aremafood berharap, berkumpulnya pemeran e-commerce Jawa Timur pada acara BRI E-commerce Gathering ini mampu mendobrak kehadiran e-commerce untuk mengembangkan ekonomi Indonesia. Terima kasih, Bank BRI yang telah mewadahi pemeran e-commerce melalui acara ini. Semoga ke depannya bisa saling mendukung untuk Indonesia yang lebih baik ya!

A.K 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *