Review

Hai Snackers, kalau main ke Blitar, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini: Tahu Lontong dan Es Ronde “Ramahal” yang letaknya di Jalan Cokroaminoto Blitar. Jam bukanya diatas jam 5 sore hingga malam hari.
Berbeda dengan olahan tahu di kota lain, nasi tahu atau tahu lontong khas Blitar ini, bumbunya hanya kecap dan petis lalu kacang  tanahnya tidak diuleg seperti tahu tek Surabaya atau tahu lontong khas Malang, melainkan ditaburkan di atas potongan tahunya.

Tahu-Lontong-Ramahal-Blitar-Aremafood

Tahu Lontong, Ramahal, Blitar

Kalau penyajiannya sama saja, tahu gorengnya dipotong dadu, disajikan di atas nasi  atau lontongnya, dan diberi tauge pendek yang disebut capar yang biasanya untuk pelengkap rawon kalau di Malang. Supaya lebih kaya rasa, taburan bawang merah goreng dan daun bawang hijaunya tidak ketinggalan, serta tidak lupa dilengkapi juga dengan kerupuk pasir.  Oh ya, di sini kita bisa memilih nasi tahu atau tahu lontong, kalau saya lebih suka memilih nasi tahu sebagai menu makan malam saya hari itu.

Nah kalo menurut saya, yang unik tuh justru Es Ronde-nya. Isinya sederhana saja. Dalam satu mangkok hanya berisi ronde beberapa butir dan kacang bawang, itu aja tidak ada yang lain. Kalo di Malang, biasanya ronde disajikan panas-panas, kalo ini malah disajikan dingin seperti es campur. Tapi, sensasinya bikin badan segar lho, Snackers. Apalagi ketika perpaduan antara es sirup dan kuah jahe mengalir di tenggorokan.. wow cocok sekali disantap di saat panasnya udara malam Kota Blitar. Buat kamu yang bukan penggemar ronde, ada beberapa menu lain yang bisa dipilih seperti kolak roti (mirip seperti angsle), es dawet, es cao, dan beberapa menu lainnya.

Es Ronde, Ramahal, Blitar

Es Ronde, Ramahal, Blitar

Sembari menunggu pesanan kita disiapkan, kalau Snackers mau ngemil jajanan lawas juga ada lho, dan menurut info teman saya, sejak puluhan tahun lalu menunya nggak pernah berganti dan bertambah variannya , cuma tiga macam saja : tetel/jadah (bakar/tidak) , kue wajik, dan tahu petis.

Jadah Bakar, Ramahal, Blitar

Jadah Bakar, Ramahal, Blitar

 

Wajik, Ramahal, Blitar

Wajik, Ramahal, Blitar

Nah, untuk harganya, seporsi Tahu Lontong Rp 6.000,- , Ronde Rp 5.000,- , Jadah Rp 2.000,-
Hemat di kantong banget alias Ramahal (Ora mahal = murah) bukan?
Sesuai banget dengan nama warungnya he he
Jadi, Snackers yang mau jalan-jalan ke Blitar, jangan lupa mampir ke mari ya 😀

Warung Ramahal
Jalan Cokroaminoto Blitar

Penulis:
Sylvia Natalia

18 June 2016

Tahu Lontong dan Es Ronde Ramahal, Kuliner Unik di Malam Harimu!

Hai Snackers, kalau main ke Blitar, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini: Tahu Lontong dan Es Ronde “Ramahal” yang letaknya di Jalan Cokroaminoto Blitar. Jam bukanya […]
7 June 2016

Nguliner Palembang di Dapur Palembang Yuk!

Haloo Snackers, apa sih yang ada di pikiranmu ketika kali pertama denger kata “Palembang”? Pempek? Ampera? Sriwijaya FC? Atau apa lagi deh? Datang ke kota Palembang […]
31 May 2016

Asinan Buah Combi: Parade Buah yang Segar dan Menyenangkan

Asinan Buah khas Bogor, Manis,  kecut,  pedas, dan segar.  Parade aneka rasa dari menu khas kota hujan ini  seketika akan menyapa Anda pada suapan pertama,  kedua,  […]
24 May 2016

Nasi Goreng Rempah Mafia: Rombongan Gangster yang Siap Menjajah Lidah!

“Selamat datang, Bos!” Sapaan itu akan langsung kamu dapatkan ketika berkunjung guna memanjakan perut di Nasi Goreng Rempah Mafia. Iya, Bos. Para pegawai di resto ini […]