Review

Penyetan Cok adalah warung penyetan asli Surabaya yang cabangnya udah di mana-mana. Kalau Aremafood nggak salah riset nih Snackers, di Bali, Jakarta, Bandung, termasuk juga di Malang pun udah ada. Kamu udah pernah nyobain makan di Penyetan Cok yang mana nih, Snackers?

Baca juga: Ayam Geprek Mas Fa, Gurih Pedasnya Siap Menggeprek Laparmu!

penyetan cok aremafood

Sebelum sikat menunya, mari bahas dulu secara sotoy makna di balik nama Penyetan Cok. Penyetan adalah menu makanan yang dipenyet-penyet. Seperti tempe penyet, tahu penyet, dan lainnya. Namun sepertinya, ini cuma gimmick. Di Penyetan Cok, kebanyakan menunya digoreng bukan dipenyet. Sementara “Cok” adalah seruan yang mengarah ke umpatan yang sangat kental dengan logat Surabaya. Bagi orang Surabaya, ini kadang juga nggak berarti negatif kok. Malah, seringkali juga dipakai sebagai kata sapaan.

Penyetan Cok punya menu ala masakan rumahan yang udah pasti nggak asing di lidah kamu. Nasi goreng, bakso, bandeng usuh manuk, iga penyet, ceker setan, gurame, ayam, rempelo ati, jamur, dan lain-lain. Kalau ditanya yang paling khas dari Penyetan Cok adalah 20 jenis sambalnya. Sementara minumannya, standar warung sih.

Baca juga: Bernostalgia Dengan Malang Tempoe Doeloe Di RM Inggil

paket ikan penyetan cok aremafood

nasi penyetan cok aremafood

aneka sambel penyetan cok aremafood

Aremafood kemarin nyobain Kroyokan Ikan. Menu ini pas untuk berempat atau berlima. Ada mujaer, wader, patin, bandeng usuh lele, tempe, tahu, lalapan, dan pastinya lima jenis sambel. Sambelnya boleh milih. Pilihan hati jatuh pada sambal yang kayaknya pedes banget dan rasanya bikin pengin mengumpat. Ada sambel jancok, sambel ijo, sambel korek, sambel terasi, dan sambel tempe.

Dari segi penyajian, sedikit kecewa sih karena beda dari gambarnya. Kiranya tadi nasinya bakal di batok gitu, taunya di tempat nasi plastik. Sambalnya juga, tadinya ngiranya bakal masing-masing sambal di cowek yang berbeda, ternyata dijadikan satu. Masih tergolong poor untuk penyajiannya. Atau mungkin, beda cabang beda penyajian ya, Snackers? Pengalaman kamu gimana, nih?

Soal rasa, cucok. Gurih, kering, dan banyak banget, enak buat dikeroyok. Mengenyangkan lah. Kalau sambel nih, kamu harus cobain sambel jancok, Snackers. Sungguhan, sekali tolet aja langsung nendang sambelnya. Parah banget. Kalau boleh mengutip dari tagline punya Penyetan Cok, Aremafood setuju kalau ini tuh, puedesseee cokk!

Baca juga: Awas Kaget! Ini Rasanya Makan di Geprek Bensu Malang

es teh penyetan cok aremafood

es jeruk penyetan cok aremafood

Kalau soal minum sih, standar ya, Snackers. Pesen satu porsi Kroyokan Ikan udah termasuk 1 pitcher es teh. Alias, lima gelas es teh. Tentunya, kamu juga boleh nambah di luar menu kalau emang pengin cobain yang lain. Menu makanan model begini yang masih jadi favoritnya lidah orang Indonesia. Meskipun, banyak sekali bermunculan tempat makan dengan gaya masakan western atau manalah itu. Yah, namanya juga makanan lokal, pasti lebih disuka.

Maaf-maaf kalau review Penyetan Cok kali ini kurang lengkap ya, Snackers. Bukannya apa-apa, tapi enggak mungkin juga pesan semua menunya. Bahaya, bisa menyebabkan kekenyangan tak wajar. Ehe. Selamat makan, Snackers!

Penyetan Cok
Contact: (0341) 3787018
Happy hours: 10.00-21.00
Price range: Rp 5.000-Rp 155.000
Instagram @penyetancok

A.K

5 March 2018

Penyetan Cok, Pedesnya Bikin Mengumpat!

Penyetan Cok adalah warung penyetan asli Surabaya yang cabangnya udah di mana-mana. Kalau Aremafood nggak salah riset nih Snackers, di Bali, Jakarta, Bandung, termasuk juga di […]
26 February 2018
Inul Cakes n Pastry Aremafood

Inul Cakes & Pastry, Oleh-oleh Kekinian Surabaya yang Nyeleneh

Inul Cakes & Pastry adalah oleh-oleh kekinian Surabaya punya diva dangdut kondang, Inul Daratista. Diluncurkan pada 11 November 2017, Inul Cakes & Pastry jelas semakin menambah […]
23 February 2018
lunpia go mini ukurannya full isinya

Lunpia Go! Mini Ukurannya, Full Isinya

Lunpia Go adalah lumpia mini asli Malang yang dikemas di snack box, sehingga kamu bisa ngemil kapan pun dan di manapun kamu mau. Namanya juga Lunpia […]
21 February 2018
Sikaya Keripik Cireng

Sikaya Keripik Cireng, Garing dan Kaya Rasa

Sikaya Keripik Cireng adalah cireng yang dijadiin keripik dengan berbagai varian rasa. Kamu tahu cireng, kan? Cireng adalah akronim dari aci goreng alias kanji goreng, yang […]