Tips & Artikel

Sudah nggak asing lagi kan sama kedelai hijau asal Jepang ini? Namanya edamame. Nggak perlu jauh-jauh ke Jepang buat dapetin edamame ya, Snackers. Di pasar atau supermarket terdekat kamu aja udah ada kok.
Kacang edamame dipanen waktu kematangannya mencapai 80%, sehingga lembut dan enak dimakan. Edamame nggak punya satu atau dua manfaat bagi tubuh kita, tapi buanyaaak banget manfaat untuk kesehatan yang dibawa oleh edamame buat tubuh kita. Sebagai makanan yang punya sumber protein nabati tinggi dan antioksidan ini, edamame sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.
Biar makin greget, Mimil kasih info nih ada empat dari sekian manfaat yang dihasilkan sama si imut edamame ya, Snackers!

  1. Mencegah diabetes

via momjunction.com

Diabetes adalah penyakit pembunuh manusia nomor 1 di dunia. Seringkali kita nggak nyadar kalau kita udah keseringan makan yang manis-manis, karena biasanya diagnose diabetes ini baru terjadi di usia-usia menua. Nah buat kamu yang mumpung masih muda nih, coba deh kurangi konsumsi gula yang berlebihan ya.
Therefore, edamame ini ada untuk mencegah diabetes. Edamame adalah camilan bergizi, yang cocok juga buat dijadikan lauk atau bahan resep di masakan lainnya untuk penderita diabetes. Edamame dipanen pada puncak pematangan tapi sebelum pengerasan. Dengan kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral, edamame bisa banget loh dijadikan pilihan di rencana diet diabetes kamu.

  1. Menstabilkan asam urat

via trimdownclub.com

Edamame bisa menyebabkan asam urat? Itu cuma mitos kuno, Snackers. Para pakar kesehatan pun menolak untuk mengiyakan stigma itu. Faktanya nih, asam urat disebabkan oleh bahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan zat kimia bernama purin. Contohnya nih kayak alkohol, makanan kaleng, sarden, dan sebagainya.
Nggak termasuk edamame, edamame nggak punya kandungan kolesterol ataupun purin. Kabar baiknya, edamame punya zat kimia yang bernama isoflavon. Nah zat ini bermanfaat buat pembentukan sel tulang, Snackers. Jadi kalau kamu kram, asam urat, reumatik, bisa deh diilangin pakai edamame. Dengan isoflavon yang ada di edamame, tubuh juga bisa terasa lebih bugar lho.

  1. Menurunkan kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, edamame tuh nggak mengandung kolesterol. Justru bisa membantu buat menurunkan kolesterol. Kandungan isoflavon yang ada di edamame berfungsi buat menggempur kolesterol dan juga sebagai antioksidan.
Edamame mampu menghalau kolesterol jahat pakai lesitin. Hem zat apalagi tuh. Pokoknya, zat lesitin ini bersifat mengemulsi atau melarutkan kolesterol dalam darah biar nggak ada penyempitan atau penyembutan. Jadi yaa, bye bye kolesterol!

  1. Bikin awet muda

Ngaku deh, pasti paling demen sama manfaat yang satu ini kan? Bikin awet muda pakai cara alami, siapa coba yang nggak mau.
Yup, edamame punya manfaat buat bikin kamu awet muda, Snackers. Edamame kaya akan antioksidan alami yang berguna untuk mencegah efek negatif dari radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh.
Radikal bebas ini berpotensi buat merusak sel-sel tubuh, dengan makan edamame berarti kamu sudah berusaha untuk mencegahnya. Sehingga, daya tahan tubuh lebih aman, penampilan tetap fit, dan tubuh jadi lebih awet muda tentunya.

Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Bisa Membersihkan Sampah dalam Darah

Edamame banyak diolah menjadi camilan dengan cara direbus kemudian diberi garam, dijadikan bahan campuran telur dadar, atau digoreng dan dikemas menjadi camilan sehari-hari. Seperti yang Aremafood punya nih, ada Edamame Goreng Raja Keripik. Edamame goreng ini rasanya gurih, renyah, asin, digoreng pakai minyak nabati sehingga terjamin kualitasnya dengan rangkuman gizi yang masih utuh. Selain dijadiin camilan harian, edamame goreng ini bisa jadi alternatif pilihan oleh-oleh khas Malang, Snackers. Udah Mimil uraikan manfaatnya ya, Snackers. Kamu tinggal beli aja deh di sini.

Choose healthy snacks for you healthy life and happy snacking!

Sumber:
Medicalnewstoday.com
Olvista.com

A.K

30 March 2017

Belajar Sayang sama Kesehatan Diri, yuk! Cari Tahu Caranya lewat 4 Manfaat Edamame Ini!

Sudah nggak asing lagi kan sama kedelai hijau asal Jepang ini? Namanya edamame. Nggak perlu jauh-jauh ke Jepang buat dapetin edamame ya, Snackers. Di pasar atau […]
8 February 2017

5 Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Memberikan Cokelat di Hari Valentine

Bagi beberapa orang, ada satu hari di bulan Februari yang dirasa spesial. Yap bener banget, Valentine di 14 Februari. Beberapa yang anti-mainstream juga bilang kalau merayakan […]
2 February 2017

5 Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Super Sibuk

Kesibukan sering dijadikan alasan untuk mengabaikan kesehatan. Pada beberapa kasus, orang lebih asyik dengan kesibukannya sampai lupa untuk makan. Biasanya, orang-orang seperti ini akan memilih makanan […]
10 January 2017

Migrain? Bantu Atasi dengan 7 Makanan Ini

Snackers pernah nggak sih ngerasain migrain? Nggak enak banget pasti kan, pusing tapi cuma sebelah. Bahkan pada beberapa orang, migrain beberapa kali diiringi penyakit lainnya seperti […]