Dari Bikin Seger Sampai Cegah Kanker, Ini 7 Fakta di Balik Manisnya Madu!

“Madu di tangan kananmu, racun di tangan kirimu, aku tak tahu mana yang akan kau berikan padaku…” Asek. Ciee yang ngebacanya sambil nyanyi! Lagu madu dan racun yang pernah dibawakan oleh Jamal Mirdad, Arie Wibowo, dan J-Rocks ini kalau dilihat dari kacamata ilmiah, membandingkan madu sebagai sesuatu yang baik dan racun sebagai sesuatu yang buruk. Bener banget, Snackers. Madu itu emang bisa ngelawan racun dan khasiatnya itu much better than racun buat kesehatan tubuh kamu.

Mungkin kamu udah sering tahu kan kalau madu itu bagus banget buat kesehatan, tapi detailnya kayak gimana sih? Apa saja efek dari minum atau mengonsumsi madu? Kamu nggak keliru kalau mampir ke blog ini, Snackers. Sebab Aremafood mau jabarin tentang khasiat atau manfaat dari si manis, madu. Sebenernya ada ratusan manfaat madu lainnya, Snackers tapi 7 fakta megadahsyat di balik manisnya madu ini perlu kamu tahu. Apa aja sih?

1. Membuat kulit nampak lebih segar, cerah, dan berseri-seri

madu hutan organik murni asli online

via pojoksatu.id

Mengandung vitamin K dan vitamin C, madu sangat baik untuk kulit utamanya kulit wajah. Madu dapat mengurangi dampak negatif dari kulit yang terbakar oleh matahari, madu juga dapat menunda proses degeneratif kulit sehingga bisa memperlambat penuaan. Menggunakan madu sebagai masker bisa mengobati bekas luka pada wajah, menghilangkan jerawat secara perlahan, mengecilkan pori-pori, melembabkan, mengenyalkan, sehingga membuat kulitmu nampak lebih halus, segar, cerah, dan berseri-seri. Kaum hawa boleh cobain nih madu dijadiin masker, siapa tahu makin kinclong tuh wajahnya!

2. Meningkatkan daya ingat

Penting khususnya buat kamu yang belum tua udah gampang pikun. Cobain rutin mengonsumsi madu yuk. Madu punya berbagai enzim seperti enzim amylase, enzim katalase, enzim fosfolirase, dan beberapa enzim lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak manusia termasuk daya ingat. Survei membuktikan bahwa mengonsumsi madu 20 gram per hari bisa membantu meningkatkan daya ingat. Dengan begini, madu baik dikonsumsi oleh siapapun, semua kalangan, dari anak-anak hingga kakek-nenek.

3. Menjaga stamina dan memberi tambahan energi

Fakta ketiga ini pasti udah kamu tahu ya, Snackers? Biasanya orang-orang sering meminum madu di pagi hari tujuannya ya buat ini. Di dalam madu ada kandungan mineral dan garam seperti besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, klorin, tembaga, krom, nikel, lead, silica, mangan, alumininum, aurum, lithium, thin, zink, dan titanium. Wih banyak banget ya dan kesemua kandungan tersebut udah pasti dibutuhkan sama tubuh kamu. So, konsumsi madu jangan nunggu sakit, Snackers. Tapi sebaiknya rutin dan dalam takaran yang nggak berlebihan sebab madu bisa menjaga stamina dan memberi tambahan energi biar harimu makin semangat.

Baca juga: Mau Tampil Energik Seperti Atlet SEA Games 2017? Konsumsi 5 Makanan Ini!

4. Mengatasi insomnia

Selain minum madu di pagi hari sebelum beraktivitas, dianjurkan pula mengonsumsi madu sesaat sebelum tidur. Madu punya berbagai vitamin kompleks seperti A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat. Satu sendok madu sebelum tidur bisa membantumu mengatasi susah tidur alias insomnia lho. Baru tahu kan kalau efek madu ternyata secanggih ini?

madu hutan organik murni asli online 5. Mengurangi gejala alergi

Madu memiliki efek anti-inflamasi dan dikenal untuk menenangkan batuk. Fakta dari para ahli mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi dan asma. Madu cukup efektif untuk menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

6. Menurunkan berat badan

Madu mengandung glukosa dengan indeks glikemiks lebih rendah dibandingkan gula tebu atau gula pasir. Nah, biar kalori makanmu tetap terkontrol dan kadar gula darah nggak naik secara drastis, coba deh konsumsi madu secara rutin. Madu juga membantumu mengurangi rangsangan rasa lapar sehingga baik juga untuk yang lagi diet biar berat badan bisa turun. Tuh, buat kamu yang pengin menurunkan berat badan tanpa diet yang aneh-aneh, pakai madu aja!

7. Mencegah tumor dan kanker

Fakta unik dari madu adalah memiliki ketahanan sampai selamanya. Tapi, itu berlaku untuk madu asli ya, tanpa campuran gula atau air dan zat-zat lain. Fakta lain yang nggak kalah keren adalah madu memang berkontribusi untuk mencegah tumor dan kanker, Snackers. Madu mengandung senyawa antimutagenic yang mampu mencegah zat-zat berbahaya masuk ke dalam jaringan dan menyebabkan mutasi sel. Zat flavonoid dan antioksidan yang terkandung dalam madu juga turut membantu mengurangi risiko penyakit tumor dan kanker.

madu hutan organik murni asli online

Udah tahu lebih banyak tentang manfaat madu, masa iya kamu masih nggak mau rutin mengonsumsi madu? Kesehatan itu nomer satu, Snackers. Aremafood punya rekomendasi terbaik kalau kamu mau beli madu dengan kualitas terbaik. Beli aja di sini, madu hutan organik dengan kandungan alami yang diproduksi oleh lebah hutan jenis apis dorsata. Lebah apis dorsata ini adalah lebah terbaik dalam menghasilkan madu, Snackers. Oh iya, meskipun kamu rutin mengonsumsi madu, kamu tetep harus mengonsumsinya secara bijak dan nggak berlebihan yaa!

Sumber:
familinia.com
manfaat.co.id

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *