Garasi Berbagi #5: Bedah [Produksi] Film

Garasi Berbagi, ajang berbagi ilmu yang diprakarsai oleh My Bite, Kita Muda, dan Aremafood.com ini kembali digelar untuk kelima kalinya. Membahas tema “Bedah [Produksi] Film”, Garasi Berbagi #5 sarat akan ilmu mulai dari praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi dari sebuah film. Acara yang berlangsung pada Kamis, 4 Mei 2017 di Ngalup Coworking Space ini dihadiri oleh mereka-mereka yang tertarik di bidang perfilman maupun videografi. Beberapa diantaranya adalah sineas yang sudah pernah membuat film sebelumnya dan tidak jarang pula yang masih awam.

Hidan sharing film di Garasi Berbagi

Digawangi oleh Hidanza, film maker dari Hisstory Films, yang berbagi pengalamannya lewat film. Beberapa film yang pernah dibuat diputarkan di Garasi Berbagi #5 seperti Rotasi, Segara, The Courier, dan Fugio. Hidan bercerita tentang proses sebuah film apik dapat dibuat, suka dukanya, keterbatasannya, dan apa yang terus menantangnya dalam berkarya. Banyak hal yang harus diperhatikan seperti konsep, kru, teknis, dan budget.

“Buat film itu nggak bisa asal-asalan, butuh persiapan, jadi harus pintar menuangkan ide ke dalam film agar ekspektasi penonton sesuai sama yang kita inginkan”, ucap Mukti Prabowo, Chief Marketing Officer Kita Muda yang juga salah satu penggagas Garasi Berbagi.

Suasana Garasi Berbagi #5 | via Kita Muda

Rutin digelar, Garasi Berbagi #5 yang didampingi oleh Ratih sebagai pembawa acara ini mendapat sambutan positif. “Garasi Berbagi menyenangkan ya, lebih santai dari acara-acara seminar lain saya rasa”, komentar Hidan selaku pembicara. Begitu pun salah satu tanggapan dari peserta, Agung, “Karena saya suka liat film, ini acaranya fun, asik, nggak ngebosenin”

MC, Peserta, dan Merchandise Aremafood.com | via Kita Muda

Hidan mendapat merchandise dari Aremafood.com

Seperti biasa, Garasi Berbagi tidak hanya berbagi ilmu, tapi juga berbagi keceriaan. Merchandise dari Aremafood.com yang berupa camilan khas nusantara dan oleh-oleh khas Malang dibagikan kepada peserta yang beruntung menjawab kuis.

Ke depannya, Garasi Berbagi akan selalu terus berbenah. Menyajikan ilmu dengan tema-tema menarik dan disukai. “Harapannya garasi berbagi bisa jalan terus, makin rame, dan merchandisenya lebih banyak”, ungkap Agung.
Sudah lebih banyak tahu tentang perfilman, kira-kira tema apalagi yang akan ada di Garasi Berbagi #6 ya? Selamat menanti!

“Semakin sering dan seperti apa film yang kamu lihat akan menentukan seberapa bagus kualitas film yang kamu buat. Jadi, asah terus aja.”
– Hidanza, Film maker of Hisstory Films.

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *