Gurih Manis (Pedas) Lontong Balap Singkarak

Fun Sushi Cooking Class at Sugoi Tei
6 December 2014
Malang Strudel, Pilihan Ciamik Oleh Oleh Khas Kota Malang
8 January 2015

Gurih Manis (Pedas) Lontong Balap Singkarak

Lontong Balap Singkarak~2Lontong Balap tentu nama makanan tradisional yang tak asing lagi di telinga kita. Hidangan yang satu ini merupakan kuliner khas dari kota Suroboyo.

Biarpun masih bertetangga, tapi makanan yang satu ini tidak banyak ditemui di kota Malang. Kalaupun ada, sepertinya masih bisa dihitung dengan jari (cmiiw). Dan salah satunya bisa ditemui di jalan Danau Singkarak, di dalam kawasan perumahan Sawojajar.

Depot yang satu ini tempatnya cukup imut. Tempat berjualannya berada di halaman/garasi rumah. Sederhana ya, tapi menurut saya cukup nyaman juga. Dan menu di sini cuma satu: Lontong Balap thok. Minumnya, kalau dulu Es Degan saja. Tapi sekarang ada tambahan macam-macam jus buah.

Nah, rasa Lontong Balap di tempat ini, saya rasa lebih nendang dari pada di tempat lainnya. Isiannya ya standar saja kok – Lontong, Tahu, Lentho, Mie Kuning (saya dari dulu masih penasaran, Lontong Balap apa memang ada mie-nya ya??) plus Taoge yang lumayan banyak. Fyi, Lenthonya enak. Sedikit crispy dan sedikit melawan pas digigit, tapi tidak terlalu keras. Saya kalau beli biasanya minta tambah satu atau dua biji lagi.

Kuahnya memang terasa ringan. Tapi yang bikin enak itu campuran petisnya. Rasa kuah yang sedikit gurih bercampur rasa sedikit manis dari petisnya. Rasanya pas bertemu di tengah-tengah. Singkatnya, Racikannya pas banget!

Dan rasanya masih bisa tambah uenak lagi lho. Caranya? Tambah sambalnya! Gurih, manis dan pedasnya terasa enak banget di lidah. #kanelop!

Lontong Balap Singkarak~3

‘Lha nek kepedesen yokpo sam?’ – Gampang, tinggal pesen es degan yang segarnya sudah tersohor di mana-mana. Es Degan di mana-mana memang enak kan? Haha!

So, kalau memang mau cari lontong balap yang sip, main-mainlah ke Sawojajar ya.

Oh iya, satu lagi. Depot ini juga terima pesanan. Untuk arisan, rapat, dan lain-lain jugalah pokoknya.

Address: Jl. Danau Singkarak (Dekat Masjid Singkarak – samping Minimarket Bali)

Opening hours: Daily, 07.00 – Habis (Sekitar Ashar)

Call: 0341-8100713

Pricing/Spend: 3k – 7k / 10k per person.

Comments

comments

3 Comments

  1. Andre says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda tentang lontong balap. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

  2. evendi says:

    warunge bapakq iki sam..wah matur nuwun buat aremafood.com yang sudah review warung kami..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *