Hindari! Ini 7 Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

hayaku malang
Hayaku Malang, Self Grill Steamboat dan Yakiniku ala Jepang
2 January 2018
Semarang Wife Cake
Semarang Wife Cake, Wife Cake Versi Chelsea Olivia
5 January 2018

Hindari! Ini 7 Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

bahaya minum minuman bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi adalah minuman yang ngak punya kandungan alkohol tapi mengalami proses karbonasi. Adalah Joseph Priestly, ilmuwan pertama yang berhasil menciptakan proses karbonasi ini. Kamu pasti tahu kan minuman bersoda itu yang kayak gimana? Sensasi “fizz” yang dibarengin foaming alias keluar buih sodanya itu terlihat begitu menggoda. Apalagi kalau kamu lagi haus-hausnya, ditunjukkin iklan minuman bersoda macem gini pasti makin haus dan pengin.

Tapi Snackers, kamu udah tahu juga kan kalau minuman soda itu berbahaya? Udah 2018 nih, masa iya kamu masih rutin mengonsumsi minuman bersoda? Move on lah yuk, minum yang lebih sehat aja. Kandungan gula yang tinggi dan keasaman yang dihasilkan oleh karbonisasi bikin minuman bersoda jadi kombinasi yang buruk. Kalau nggak percaya, Aremafood mau bahas lagi nih!

Baca juga: Seger Sih Iya, Tapi 5 Bahaya Es Batu Ini Bikin Kamu Mikir Ulang!

Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

bahaya minuman bersoda

via phc.ox.ac.uk

  1. Menyebabkan obesitas atau perut buncit

Bahaya minuman soda yang pertama adalah bisa bikin buncit. Ini yang pasti udah sering kamu denger, Snackers. Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar 4x lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas. Obesitas atau sekedar perut buncit ini nggak mengenal usia lho, kalau kamu doyan minuman bersoda sejak belia ya nggak menutup kemungkinan kamu buncit di usia 20an. Nggak mau kan tampil nggak PD cuma gara-gara minuman bersoda?

  1. Meningkatkan produksi urin dan merusak ginjal

Jangan salah kaprah, meningkatnya produksi urin akibat minuman bersoda ini cukup berlebihan sampai bikin dehidrasi. Mineral yang harusnya diserap oleh tubuh malah diolah menjadi urin dan mau nggak  mau harus dikeluarkan dari tubuh. Pewarna di minuman bersoda juga nggak baik alias bisa ngerusak ginjal. Ironis ya, padahal niatmu kalau dehidrasi minum minuman bersoda. Eh, malah minuman bersoda yang bisa bikin dehidrasi.

  1. Menyebabkan masalah gangguan pada jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang mematikan nomor dua di dunia setelah kanker. Penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menghindari minuman bersoda. Kandungan natrium pada minuman ini dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan.

Baca juga: Ngeri! Ini Daftar 10 Buah Paling Berbahaya di Dunia

bahaya minuman bersoda

via freepik.com

  1. Menyebabkan diabetes hingga diabetes gestasional

Masuk akal kalau minuman bersoda ini bisa bikin diabetes karena kandungan pemanis buatannya yang tinggi. Ini juga jadi ancaman buat ibu hamil. Bahaya minuman bersoda bagi ibu hamil adalah diabetes gestasional. Diabetes khusus yang juga berpengaruh pada janin di kandungan juga air susu ibu dalam tubuh. Selain itu juga ada indikasi janin catat. Aduh, naudzubillah.

  1. Membuat tulang menjadi mudah rapuh

Rutin mengonsumsi minuman bersoda berarti kamu pengin cepet tua. Selain dari sisi kulit yang cepet keriput, tulang juga jadi cepet rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang diam-diam merapuhkan dan mengikis tulang. Ini membuat osteoporosis lebih cepat dapat menghampiri kita dan tentu mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Merusak gigi

Gigi adalah tulang terkuat di tubuh manusia. Kalau gigi aja bisa rusak, berarti kekuatan minuman bersoda ini luar biasa ya, Snackers. Kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda dapat membuat gigi jadi rusak bahkan dapat membusuk. Nggak heran kalau lagi minum soft drinks kamu disarankan pakai sedotan, tapi tetep aja sih, sebelum masuk ke tenggrokan minuman bersoda pasti udah menyentuh gigi, kan?

  1. Menipiskan lapisan lambung hingga gangguan pencernaan

Penderita sakit maag pasti paham banget kalau minuman bersoda adalah pantangan. Lambung mengandung asam yang sangat keras yang dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahkan membuat produksi gas dalam lambung meningkat.

Ngeri ya, Snackers. Emang kadang-kadang keinginan buat minum minuman bersoda itu nggak terelakkan sih ya, tapi ngelihat sebahaya ini mending dikurangin. Malah lebih baik kalau nggak sama sekali. Apalagi dampak yang ditimbulkan juga nggak secara langsung. Mumpung masih di awal-awal 2018 nih, semoga menjalani pola hidup lebih sehat juga masuk dalam wishlist-mu dan nggak sekedar wishlist ya. Yuk, hindari minuman bersoda dan lebih intens buat menjaga kesehatan!

Baca juga: Hok Lay – Cuimie, Lunpia dan Fosco Yang Legendaris

featured images via saliha.id
source: halosehat.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *