Mencicipi Healthy Food ala Loving Hut
9 September 2013
Everything is Favorite in My Kopi O !!
24 September 2013

Rawon Bu Saerun 1wmSebagai makanan khas Jawa Timur, menu Rawon tentunya mudah ditemukan di mana-mana. Dari pedagang makanan kaki lima, restoran, hingga hotel pun, menu ini hampir selalu eksis. Tapi, untuk menemukan Rawon yang bena-benar kanelop alias top markotop alias enak gila itu lumayan susah.

Di Malang memang sudah ada beberapa depot atau rumah makan yang terkenal dengan masakan Rawonnya. Setiap ada yang bertanya, di mana yang jual Rawon enak, pasti ya itu-itu saja jawabannya. Contohnya, yang paling tersohor adalah Rawon Nguling dan Rawon Rampal. Ada pula depot Rawon Brintik, atau Rawon Mamek dan Tessy. Ada pula depot di stasiun Kota Baru (tapi saya lupa nama depotnya) yang menyediakan Rawon yang juga cukup enak. Tapi, depot yang satu ini sepertinya luput dari pantauan kebanyakan orang.

Depot ini berlokasi di jalan Cipto. Namanya Depot Asri Bu Saerun. Depot ini tegolong jadul sih, karena sudah ada sejak tahun 1969. Depotnya kecil. Walau lokasinya ada di pinggir jalan, kalau kita tidak teliti melihatnya, tempat ini seperti rumah biasa. Tidak kelihatan seperti sebuah depot.

Rawon Bu Saerun 2wm

Depot ini cuma bisa menampung sekitar 10 orang saja. Kecil memang. Tapi santai saja sih. Kalau penuh kan tinggal minta dibungkus saja.

Nah, menunya sendiri menu-menu lokal ya, seperti Lodeh, Soto, Pecel, Nasi Campur dll. Tapi, juaranya ya tetap si Rawon itu. Sudah berkali-kali saya kesini, dan rasanya selalu konsisten. Uenak terus. Jadinya jarang mencoba menu lain. Tapi, kali ini saya penasaran dengan nasi Krengsengan Bumbu Rujak-nya. Waktu melihat bumbunya, kelihatan banget kalau enak. Dan setelah dicoba, ya enak sih, walau level enaknya masih dibawah level enak si Rawon. Belum lagi ditambah dengan lauk menggiurkan nan berkolesterol, Otak, Paru, dan Babat. Tapi saya pilih Otaknya sajalah.  Sudah lama tidak makan begituan. Enak, dan cukup besar pula ukurannya. Puas deh pokoknya…hohoho.

Rawon Bu Saerun 3wm

Jadi, kalau mau cari Rawon enak di Malang, saya rekomendasikan depot ini. Sama seperti depot Nasi Mawut Pak Iwan, kalau dibungkus, porsi Rawonnya lebih banyak nih. Bisa untuk bertiga. Dulu sih harganya seporsi Cuma 15 ribu. Berhubung BBM naik, naik juga harganya. Sekarang jadi 18 ribu. Tapi no problem lah. Benar-benar layak kok.

Rawon Bu Saerun 4wm

 

Address : Jl. Dr. Cipto no. 6. Malang (Depan Holland Bakery)

Opening hours: Daily, 06:00 – 16:00

Must Order : Nasi Rawon

Pricing/Spend : 3k – 21,5k/ 25k per person

(dim)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *