Ini 6 Ramuan Jamu Awet Muda Tanpa Pahit. Berminat Mencoba?

Ngemil-Seger-Pakai-Yummy-Mochi.-Satu,-Mana-Cukup
Ngemil Seger Pakai Yummy Mochi. Satu, Mana Cukup?
11 April 2018
Nongki,-Ngopi,-dan-Diskusi-di-Roemah-Kantja-Malang
Nongki, Ngopi, dan Diskusi di Roemah Kantja Malang
16 April 2018

Ini 6 Ramuan Jamu Awet Muda Tanpa Pahit. Berminat Mencoba?

Ini-6-Ramuan-Jamu-Awet-Muda-Tanpa-Pahit.-Berminat-Mencoba

Jamu adalah minuman ramuan herbal tradisional asal Indonesia. Jamu diolah dengan berbagai rempah-rempah alami yang kemudian menghadirkan sebuah minuman segar, kadang pahit, tapi juga beraneka khasiat. Di era millenial seperti sekarang, eksistensi jamu masih dikukuhkan lho, Snackers. Jamu gendong di beberapa daerah masih banyak dijumpai. Meskipun, jamu kemasan yang tersedia di minimarket terdekat pun sudah merajalela.

Beberapa warung jamu masih sering dikunjungi oleh pelanggan tetap. Memang kebanyakan, pelanggannya bukan generasi millenial. Tapi toh, berarti ini masih dipercaya untuk kesehatan. Kamu, masih suka minum jamu nggak, Snackers? Kalau lagi ke pasar dan bertemu orang penjual jamu, jamu apa yang biasanya kamu beli? Dan, sebenernya apa sih motivasimu minum jamu? Cuma pengin, atau emang pengin dapetin khasiatnya?

Eh maap maap nih ya kalau Aremafood banyak tanya. Kepo banget nih, soalnya kan pamor jamu udah mulai turun daun. Jadi bakal feel amazed aja kalau ada orang terutama generasi millenial yang masih rajin dan rutin minum jamu. Btw, buat kamu yang masih remaja atau dewasa awal dan pengin punya kulit yang terlihat awet muda, kamu bisa banget lho minum jamu-jamu berikut ini. Dilansir dari Okezone, jamu-jamu berikut ini dipercaya bisa membuatmu nampak lebih muda tanpa harus mengincip pahit rasanya. Apa aja sih? Let’s dig in!

Baca juga: Musim Pilek, Atasi Dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!

 

6 Jamu Awet Muda Tanpa Pahit

1. Wedang Jahe

Bahan-Makanan-Pembersih-Darah-Jahe-Aremafood

Via pedulisehat.info

Wedang jahe masih sering kita jumpai di beberapa kedai STMJ atau warung kopi langganan. Yap, wedang jahe ternyata masuk di kategori jamu. Hangatnya wedang jahe ternyata nggak cuma bikin tenggorokanmu yang serik jadi lega, atau suara para vokalis jadi lebih merdu. Wedang jahe juga dapat merangsang selaput lendir perut besar dan usus. Hal ini berdampak pada metabolisme tubuh yang lebih baik dan membuat seseorang tampak awet muda dari dalam. Ceilah. Cobain, jangan?

2. Sambiloto

Tedengar asing? Mungkin. Tapi maaf, yang ini sih agak pahit, Snackers. Jamu sambiloto dipercaya sebagai penghambat penuaan karena mengandung andrografin alias zat pahit. Serta ada zat panikulin yang merupakan antibiotika alami. Zat-zat inilah yang mampu membantu mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas. Ekstrak sambiloto dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi yang menurunkan kualitas organ dalam seperti jaringan kulit. Ilmiah dan berfaedah sekali si sambiloto ini.

Baca juga: Hindari! Ini 7 Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

3. Kunyit Asam

Kunyit asam nggak ada pahit-pahitnya. Jamu ini lumayan terkenal di kalangan perempuan. Biasanya dicari waktu perempuan lagi menstruasi. Kunyit mengandung minyak atsiri, kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, besi, dan vitamin C. Kunyit dapat membuat kulit lebih berseri sehinga seseorang tampak lebih segar dan awet muda. Kunyit asam seringkali menjadi jamu untuk kecantikan para wanita.

jamu-indonesia-aremafood

via beritagar.id

4. Beras Kencur

Jamu yang mengandung kencur digadang-gadang sebagai pelangsing alami. Kencur mengandung minyak atsiri yang baik untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah penuaan dini. Umumnya sebagai ramuan awet muda, jamu beras kencur dibuat jamu bersama dengan gula aren.

5. Daun Sirih

Daun sirih buanyak banget manfaatnya. Selain untuk membersihkan daerah kewanitaan, meminum rebusan air daun sirih juga bermanfaat untuk membuat kulitmu nampak lebih muda dan kinclong, Snackers. Daun sirih mengandung minyak atisiri seperti chavicol dan betlephenol yang berfungsi sebagai antijamur, antioksidasi, dan antikuman. Kalau kamu nggak kuat menjadikan daun sirih sebagai ‘obat dalam’ dengan cara diminum, kamu bisa juga menjadikan jamu ini sebagai ‘obat luar’. Caranya dengan menumbuk 4-6 lembar daun sirih segar yang telah dibersihkan hingga halus. Kemudian gunakan tumbukan tersebut sebagai bedak kompres.

6. Sinom

Kalau jamu yang satu ini, dari usia anak-anak sampai kakek nenek juga masih pada banyak yang suka. Sinom dirasa menjadi jamu yang tersegar. Menjadi netralizer dari jamu-jamu lainnya. Sinom terbuat dari daun asam jawa muda, temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula merah. Sinom dapat mencerahkan kulit, membuat badan lebih segar, dan membantu proses detoksifikasi alias pembuangan racun dalam tubuh. Sehingga, kulit lebih bersinar dan bebas jerawat. Dan pastinya, nampak lebih awet muda.

Yang mana yang mau kamu cobain dulu, Snackers? Atau, sekarang ini udah sedang mempraktikkan rutin minum jamu? Semoga awet-awet ya mudanya. Eh tapi, jangan takut kulitmu menua. Nggak apa-apa fisik menua, yang penting jiwanya tetep jiwa muda. Bukan begitu?

Baca juga: Wow! Ampas Minuman yang Sering Dibuang ini Ternyata Banyak Manfaatnya

Featured images via pixabay.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *