Java Dancer Malang: Warisan Budaya Jawa yang Terus Dipelihara

“Sugeng Rawuh”
Begitu salam pertama yang diucapkan oleh orang-orang dalam ketika masuk di Java Dancer, sebuah kedai kopi lokal di kota Malang. Didirikan sejak tahun 2008, Java Dancer kini telah memiliki dua kedai, yang terbaru ini ada di Jalan Jakarta No. 59 Malang. Mengusung konsep yang Jawa banget, Java Dancer masuk pada salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh warga lokal, pendatang, turis, ah pokoknya kamu yang sedang singgah ke Kota Malang.

Interiornya keren, estetika kayu dengan ikon-ikon Jawa seperti Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong banyak dipajang. Nuansa Jawa juga bisa kamu temukan di orang-orangnya, ungkapan Jawa seperti “monggo pinarak”, “inggih”, akan diucapkan oleh para barista, waitress, juga kasir Java Dancer.  Buat kamu yang bukan Orang Jawa asli dan nggak paham Bahasa Jawa mungkin nggak ngeh ya, Snackers. Nggak ada translator juga, tapi tetap tenang dan nggak perlu khawatir. Itu artinya positif kok sekedar “silakan”, “iya”, atau “mau pesan apa?”. Kamu juga bisa ngobrol pakai Bahasa Indonesia, bahkan Bahasa Inggris.

Baru aja nih, Mimil bersantai sore di Java Dancer 2, tepatnya yang di Jalan Jakarta itu. Nggak pesen banyak makanan sih, karena memang ya sekedar mampir. Tapi here it is, Mimil ulas apa aja yang sempet Mimil makan di sana yah!

Lebih dari 15 menit buat memutuskan enaknya apa yang dimakan. Bukan apa-apa, tapi ngeliat menunya itu bener-bener bingung, pengin makan semuanya. Banyak menu yang ditawarkan mulai dari yang cocok dimakan pas sarapan, lite-bite, aneka fries, salad, pasta, mexican flavor, pizza, sandwich, burger, rice and noodles, sampai ke dessert. Dengan aneka kopi, teh, jus, dan cocoa sebagai pelepas dahaganya.

Sempet tanya ke waitress, pizza apa yang recommended dengan roti tebal, dan French Pizza adalah jawabannya. Iya, jadi di Java Dancer Malang tuh punya menu pizza macem-macem tapi alasnya crispy alias roti tipis gitu, Snackers. Nah, maybe French Pizza adalah the one and only pizza dengan roti tebal yang mengenyangkan. Bentuknya unik, nggak bulat gitu, tapi rasanya literally pizza kok. Nih, liat:

Rotinya so pillowy, dengan topping daging, paprika, jamur, bawang bombay, smoked beef, ditutup pakai keju mozarella yang kalau ditarik mulurnya banget-banget. Untuk saus yang nemenin French Pizza ini, Java Dancer ngasih saus BBQ dengan bumbu rahasia lainnya yang nggak pedes tapi pas. Kalau kamu nggak doyan, tetep ada saus sambal kemasan yang disediain kok.

Menu lite-bite lain yang Mimil cobain adalah Cheese Balls. Bola-bola keju ini seporsi isinya lima, worth it sama harganya karena dalemnya keju parut, terus di dalemnya lagi ada keju mozarella, dari luarnya aja udah kerasa aroma kejunya. Eumm.. keju-ception!
Kejunya ini bener-bener enak, nggak bikin eneg, dicocol pakai sambal atau saus, nikmatnya jadi makin-makin.

Waktu itu, Malang lagi dingin-dinginnya. Jadi memilih minuman hangat sepertinya solusi yang tepat. Lagi unmood buat ngopi nih, Snackers padahal Java Dancer punya segala macem kopi mulai dari lokal sampai import, tapi yaah, Mimil pilih cokelat dan teh aja kali ini yaa.

Choco Fluffy, cokelatnya medium sih, nggak seberapa pahit, ada rasa susu yang juga ikut tercampur. Dinamain Choco Fluffy karena di atasnya ada marshmellow, nyesss gimana gitu di mulut, hangat nan fluffy.

Terus ada Milky Matcha, buat Mimil pribadi, so far, ini adalah matcha latte paling recommended di Kota Malang. Pahitnya dapet, aroma matcha-nya asli, nggak ada campuran pakai susu atau sirup. Kamu bisa meraciknya pakai madu atau gula sesuai selera. Eh iya, Java Dancer Malang nyediain madu asli buat campuran segala minumannya loh!

Bicara soal harga, Java Dancer Malang sepertinya menargetkan pengunjung yang middle up. Tapi kedai ini nggak pernah nggak rame. Yang bikin betah tuh, mau serame apa, suasana heningnya itu masih bisa kerasa. Iya, karena Java Dancer yang di Jalan Jakarta punya tempat yang cukup lebar sih. Warisan Jawa nggak ditinggalkan bahkan backsound yang mengiringi pun juga lagu ke-jawa-jawa-an gitu, sama sekali nggak jadul kok!

Kapan lagi nongki di tempat yang kaya akan budaya gini? Selagi sempat, yuklah!

Java Dancer
Jalan Kahuripan No. 12 | Jalan Jakarta No. 59
Contact: 0816554970
Happy hours: 09.00-23.20
Price range: 20.000-70.000
Instagram: @java.dancer

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *