Makan Malam tapi Takut Gemuk? Nggak Lagi deh!

Keripik Kulit Ikan Kakap, Alternatif Camilan yang Enak
20 January 2016
Wingko Babat Isi Buah? Ini Jajanan Tradisional Gaya Baru
25 January 2016

Makan malam memang berisiko apalagi untuk berat badan. Snackers yang cewek-cewek nih biasanya khawatir banget sampai bener-bener menghindari makan malam biar tetep kurus. Tapi, kali ini Mimil punya tips buat kamu Snackers gimana sih caranya tetep makan malam tapi berat badan kamu juga terkontrol? Nah, simak terus tips dari Mimil ini yaa!

  1. Makanlah dalam porsi wajar

      Makan malam akan membuat gemuk kalau kita makan dalam porsi yang besar. Saat malam hari dan tidur tubuh tidak melakukan aktivitas berat, yang artinya, tubuh hanya perlu sedikit kalori dibanding kegiatan di siang hari. Maka makan dalam porsi kecil atau porsi biasa sudah cukup untuk energi kita di malam hari. Makan dengan porsi besar apalagi sampai kekenyangan akan membuat organ pencernaan kita bekerja lebih berat saat kita tidur.

  1. Makan 3 jam sebelum tidur

      Secara umum semakin malam tingkat metabolisme tubuh dalam mencerna makanan akan lebih lambat. Karenanya jika ia mengonsumsi makanan berat beberapa waktu menjelang tidur, maka secara otomatis makanan tersebut belum sepenuhnya dicerna dengan baik yang membuatnya cenderung mudah diubah menjadi lemak.

     Intinya, semakin dekat waktu makan dan waktu tidur maka semakin sulit tubuh mencernanya. Sebagai solusi idealnya adalah makanlah maksimal 3 jam sebelum tidur agar tidak memberatkan sistem pencernaan tubuh.

  1. Ganti kafein dengan air putih

    Via papasemar.com

    Via papasemar.com

      Mengonsumsi kafein di malam hari seperti kopi dan teh akan membuat kita sulit tidur. Tidak hanya itu, tubuh juga akan sulit mencerna makanan. Lebih baik minum susu rendah lemak agar tubuh terasa rileks.

      Jika kamu memang benar-benar menghindari banyak makan saat makan malam, kamu bisa menyiasatinya dengan banyak minum air putih atau air dingin. Banyak minum akan membuatmu cepat kenyang. Sebelum makan malam, minumlah dua gelas air putih atau air dingin.

  1. Makan Camilan Atau Sayuran

    Via foorus.wordpress.com

    Via foorus.wordpress.com

      Konsumsilah makanan seperti buah dan sayur ketika makan malam. Hindari terlalu banyak konsumsi nasi, mie, pasta, kentang atau makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Saat malam, kadar gula darah cenderung meningkat, dan akan semakin buruk kalau kamu memasukkan banyak karbohidrat karena akan diubah menjadi gula. Kadar gula tinggi bisa bikin kamu jadi makin mudah lapar di malam hari lho, Snackers.

      Buat kamu yang doyan ngemil dan emang pengin banget ngemil di malam hari, kamu bisa memilih camilah seperti biskuit gandum atau keju rendah lemak, yoghurt, atau oleskan selai kacang pada sepotong apel. Camilan yang rendah lemak membuatmu terhindar dari kegemukan akibat makan malam.

  1. Kunyah permen karet tanpa gula

    Via topgear-eliquids.co.uk

    Via topgear-eliquids.co.uk

      Kalau kamu belum pengin tidur namun juga gak mau makan makanan berat, cobalah untuk mengunyah permen karet tanpa gula sebagai ganti camilan atau makan ringan yang dapat menggemukkan. Mengunyah beberapa jenis permen karet dapat membantu mengelola rasa lapar, mengendalikan ketagihan ngemil, dan membantu dalam penurunan berat badan. Permen karet juga bisa membuat kamu makan lebih sedikit.

      Gimana Snackers tips makan malam sehat dari Mimil? Coba kamu terapkan di setiap malammu ya, kalau kamu bisa menjaga pola makan sehat maka dengan sendirinya berat badan kamu akan terkontrol. Tapi, kudu diinget nih kamu jangan terlalu membatasi dirimu untuk gak mau makan malam.

      Suatu ketika kalau kamu menghadiri pesta atau resepsi di malam hari, kamu juga harus bisa beradaptasi dengan menu makanannya dan tidak menolaknya ya, Snackers. Toh pesta di malam hari juga sesekali kan? 🙂

      Yuk, jalani hidup sehat!

Sumber:
Apakabardunia.com
Caramakan.com

Penulis:
A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *