Makanan Ini Kabarnya Pantang Dimakan Saat Imlek. Kenapa?

manfaat cokelat untuk valentine
5 Manfaat Cokelat dan Maknanya untuk Valentine
14 February 2018
Sikaya Keripik Cireng
Sikaya Keripik Cireng, Garing dan Kaya Rasa
21 February 2018

Makanan Ini Kabarnya Pantang Dimakan Saat Imlek. Kenapa?

Bubur ayam

Masih di hari-hari menuju Imlek, Aremafood lagi-lagi ngajak kamu buat bahas beberapa kuliner tentang Imlek. Seperti yang kita tahu, Snackers, Imlek adalah Tahun Baru Cina yang menjadi momen paling ditunggu-tunggu khususnya oleh para warga Tionghoa. Beragam makanan khas Imlek disajikan untuk membuat Imlek semakin bermakna. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada lho makanan yang jadi pantangan saat Imlek.

Baca juga: Filosofi Kue Keranjang dan Kaitannya dengan Imlek

Apaan sih dan kenapa sih kok makanan ini jadi pantangan Imlek?

bubur-ayam-aremafood

via pinterest.com

Yup, udah ada spoiler-nya tuh di foto. Bubur. Bubur bisa jadi adalah makanan pertama kita sebagai orang Indonesia, bubur adalah makanan pengganti nasi yang sangat halus karena komposisi cairnya lebih banyak. Direbus sampai lunak sehingga kita mudah memakannya.

Bubur biasanya menjadi santapan sarapan favorit keluarga Indonesia di hari-hari biasa. Teksturnya yang lembut, bikin kamu enggak butuh waktu lama buat sekedar sarapan. Bubur biasanya disajikan hangat lengkap dengan toppingnya. Mulai dari sayuran, daging atau ayam, tahu, kacang, telur, dan cakwe. Tambah kerupuk, makin mantap. Beberapa sendok sambal, makin makin makin mantap.

Selain sebagai menu sarapan, bubur ayam ini juga biasanya dijadikan menu favorit kalau badan lagi enggak fit. Beberapa rumah sakit pun sering mengolah bubur serupa namun enggak pakai topping macem-macem untuk mengobati pasien.

Nyangka enggak, kalau bubur ini justru menjadi pantangan saat Imlek? Ya, bubur pantang dimakan saat Imlek karena menu yang satu ini dipercaya sebagai lambang atau simbol dari kemiskinan atau kesusahan.

Konon, dulu ada sepasang orang tua yang hidup bersama anaknya yang udah dewasa. Terus si anak ini terkenal pemalas, enggak mau membantu orang tua. Hingga orang tua meninggal pun, si anak tetep enggak bisa mandiri. Ia hanya bergantung pada warisan keluarganya. Saat harta udah habis, dirinya hanya makan bubur encer yang terbuat dari beberapa butir beras dan air.

Kisah ini mencoba menjelaskan kalau bubur itu dimakan waktu lagi susah. Padahal sebenernya kalau dikorelasikan sama zaman sekarang ya enggak juga, tapi ya, namanya kepercayaan. Bubur juga merupakan simbol penghematan versi orang Tionghoa, prinsipnya “makan bubur sebelum sukses dan makan nasi setelah sukses”. Unik kan?

Baca juga: 7 Makanan yang Wajib Ada Waktu Imlek

Meski begitu, masyarakat Tionghoa tetap melakoni bubur sebagai makanan yang pantang dimakan saat Imlek agar memperoleh keberuntungan. Kalau kamu bukan warga Tionghoa yang merayakan, sebaiknya tetap menghormati ya, Snackers. Momen Imlek memang dipercaya dapat membawa keberuntungan atau kesialan tergantung bagaimana merayakannya.

Kita cuma bisa sama-sama berdoa semoga diberi kesehatan baik yang berlimpah, diberi kekayaan dan kebahagiaan selalu, dan diberi kesuksesan di Tahun Baru Cina ini dan tahun-tahun selanjutnya. Happy Chinese New Year! Selamat Imlek! Gong Xi Fat Cai!

featured images via yoggysatya.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *