Manisan Buah Carica, Oleh-oleh dari Dataran Dieng yang Kaya Manfaat

Oleh-oleh Khas Malang: Dodol Buah Legit Ini Pantas Jadi Buah Tangan
9 January 2016
Keripik Kulit Ikan Kakap, Alternatif Camilan yang Enak
20 January 2016

Snackers, buah di dunia ini banyaak banget macemnya. Mulai dari yang sehari-hari kita konsumsi sampai ada nama buah yang mungkin kita nggak tahu.
Kali ini, Mimil mau cerita soal buah Carica.  Pada tahu nggak Carica ini apa? Simak terus yaa, Snackers!

Via manfaat.co.id

Via manfaat.co.id

Carica merupakan buah khas dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah tak salah jika banyak yang menyebutnya dengan sebutan “Carica Dieng”. Buah ini punya nama latin Vasconcellea cundinamarcensis. Sejenis dengan pepaya, di Indonesia Carica dikenal dengan Carica Papaya atau Pepaya Gunung. Bentuknya kecil berwarna kuning jingga, dagingnya keras dan kalau dari segi rasa memang unik dan nikmat lho, Snackers. Rasanya manis asam dan cocok untuk dibuat manisan.

Carica punya kandungan serat dan enzim papain tinggi yang berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan, selain itu buah carica mengandung karotenoid tinggi (provitamin A), vit C, E dan B yang bagus untuk antioksidan dan penangkal radikal bebas.

Nggak cuma itu, Snackers. Carica punya banyak sekali manfaat. Apa aja sih? Ini dia:

  1. Baik untuk kulit

Buah Carica dapat membentuk kolagen dalam tubuh yang fungsinya untuk membuat kulit menjadi mulus dan menghambat penuaan dini. Kandungan Vitamin A dan Vitamin C juga baik untuk menangkal radikal bebas dan sinar UV yang dapat merusak kesehatan kulit. Maka dari itu, buah Carica juga sering dijadikan sebagai obat kulit dan bahan kosmetik.

  1. Melancarkan pencernaan

Carica yang mengandung Vitamin C dan Serat yang tinggi memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh.

  1. Membersihkan usus

Kandungan papain dalam buah Carica dapat berguna untuk menetralkan pH dan membunuh bakteri jahat dalam usus. Carica ini sebagai pembersih usus alami lho, Snackers.

  1. Menyehatkan mata

Tingginya kandungan vitamin A pada buah Carica membuat buah ini dapat menyehatkan mata. Di daerah asalnya yakni di Dieng, Wonosobo, buah Carica juga dipercaya dapat menghilangkan penyakit rabun senja. Wah luar biasa hebat bukan manfaatnya?

  1. Sebagai metabolisme tubuh

Carica yang kecil mungil ini ternyata memiliki kandungan vitamin B kompleks yang berperan penting dalam metabolisme tubuh yang dapat menghasilkan energi tambahan bagi tubuh. Kandungan nutrisi Serat, dan Vitamin juga Kalsium membantu tubuh untuk memilik fisik yang lebih kuat dan terhindar dari virus juga bakteri.

  1. Memberi kehangatan

Untuk manfaat yang satu ini masih jarang dilakukan oleh orang Indonesia. Kalau di  Amerika, buah Carica juga memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Mereka mengolah buah ini untuk dijadikan minuman beralkohol. Menurut mereka, rasa minuman beralkohol dari buah ini sangat nikmat. Tetapi tidak untuk di Indonesia.

Nah Snackers, kamu nggak perlu bingung buat nyari dimana adanya buah Carica ini. Seperti yang tadi udah Mimil bahas sekilas, buah Carica bisa dijadikan banyak olahan ada yang menjadikannya manisan, minuman, selai, dan sirup.

Carica yang diolah menjadi minuman, nggak mengurangi manfaat buah aslinya lho, Snackers. Kok bisa ya? Iya dong, karena diolah dari buah aslinya dengan kualitas yang terbaik sehingga terjaga mutu dan kesegarannya.

Carica-Sumbing-Aremafood

Carica-Dieng-Agripina-Aremafood

Penasaran kan sama rasa Carica yang diolah jadi minuman buah? Langsung beli sekarang juga yuuk!

Sumber:
Manfaat.co.id

Penulis:
A.K

Comments

comments

2 Comments

  1. Wah, Semoga sukses dengan produk-produk makanannya yang asli Indo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *