Masak Yuk! Ini 5 Sajian Lezat dan Populer untuk Hari Raya Idul Adha

Memasuki Bulan Dzulhijjah, otomatis kita nggak asing sama Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga sebagai Hari Raya Qurban, Hari Raya Idul Kurban, Lebaran Qurban, dan semacamnya. Yup, hari rayanya orang Islam dengan tradisi sembelih hewan kurban. Kalau perjalanan kamu ke kantor, ke sekolah, ke mall, atau ke manapun tiba-tiba ngelewatin semacem pekarangan kambing dengan bau lebus yang nggak bisa dihindari, nah itu pertanda kamu lagi berada di musimnya Hari Raya Idul Adha.

Di Indonesia, hewan yang dikurbankan biasanya adalah kambing atau lembu dan sapi. Biasanya, proses sembelih dihadiri sama bapak-bapak atau anak-anak. Sementara ibu-ibu dan remaja putri? Ada di proses selanjutnya yaitu masak-memasak. Giliran waktu makan tiba, baru sekeluarga pada kumpul. Ya nggak, Snackers?

Anyway, bertepatan dengan momen Idul Adha, Aremafood mau kasih tahu lagi nih barangkali kamu lupa atau kehabisan ide mau mengolah daging kambing atau daging sapi menjadi apa. Momen masak sendiri buat keluarga itu nggak kalah seru sama momen penyembelihannya lho. Tiap daerah tentu punya olahan khas masing-masing ya, tapi ini Aremafood rangkum yang populer aja. Nggak papa kan? Nggak papa dong ya. So here it is, 5 sajian lezat dan populer untuk Idul Adha.

Baca juga: 5 Sajian yang Identik dengan Lebaran Idul Fitri

  1. Gulai kambing atau gulai sapi
menu resep masakan hari raya idul adha

via unileverfoodsolutions.co.id

Gulai atau gule ini emang nggak cuma ada di momen Idul Adha. Hampir di setiap rumah makan yang menjual sate kambing, gulai ini biasanya ada. Tapi, gulai ini makin populer pas momen Idul Adha. Gulai diolah dengan bumbu bercita rasa gurih. Rempah-rempah yang diolah sebagai bumbu ada kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Heum, sedaap!

  1. Sate kambing
menu resep masakan hari raya idul adha

via 1001resepmasakan.com

Ini juga mainstream, tapi membuatnya cukup mudah sehingga sering jadi menu favorit kala Idul Adha. Serangkaian kegiatan bikin sate kambing bareng keluarga, mulai dari potong-potong daging, tusuk-tusuk, terus mengoles pakai bumbu, atau membiarkan bumbu meresap dulu ke dalam sate dengan cara dibungkus daun pisang, sampai dengan momen bakar-bakar sate di atas arang jadi momen yang cukup riweh tapi nyenengin. Sate ini digemari oleh semua kalangan. Mau dimakan pakai lontong atau nasi, tetep endeuss!

Baca juga: Mudik Lebaran? Ini 5 Bekal yang Patut Kamu Bawa Biar Tetap Sehat Selama Perjalanan!

  1. Krengsengan
menu resep masakan hari raya idul adha

via diajar-masak.blogspot.com

Bau sedap kalau masak krengsengan itu menusuk banget ke hidung. Krengsengan adalah masakan yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil. Diberi bumbu tumisan yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua kehitaman. Kadang juga dicampur dengan bagian jeroan kambing. Masakan ini umumnya dikenal di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

  1. Tongseng sapi
menu resep masakan hari raya idul adha

via hp4jateng.wordpress.com

Selanjutnya, ada menu mantap yang banyak kita temui di Kota Solo dan Kebumen. Ada tongseng sapi, ini nggak jauh beda dengan gulai tapi bumbunya lebbih tajam. Daging yang dipakai biasanya yang masih melekat degan tulangnya terutama iga dan tulang belakang. Tongseng biasanya dimasak di kuah kental, bisa juga ditambah variasi kol, bawang putih, tomat, kecap, dan lada. Jangan lupa disuwir sama brambang goreng ya!

Baca juga: Badan Lebar-an Pasca Lebaran? Cegah dan Atasi degan 3 Cara Ini!

  1. Rendang sapi
menu resep masakan hari raya idul adha

via pinterest.com

Rendang adalah salah satu menu masakan kebanggaan Indonesia karena udah go international. Masakan khas Padang, Sumatera ini emang cocok di lidah semua orang, baik  Indonesia maupun mancanegara. Mumpung Idul Adha, daging sapi yang dibagikan biasanya banyak banget, kamu bisa juga mengolahnya menjadi rendang. Rendang ini aslinya punya cita rasa yang pedas dan kamu perlu ekstra sabar untuk memasaknya. Pasalnya, rendang yang nendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa hingga kering dan berwarna hitam pekat. Duh, jadi makin laper ya, Snackers.

Sebenernya di luar 5 menu tersebut, masih banyak yang bisa kamu kreasikan. Nasi goreng kambing, kari kambing, sop kambing, semur daging, rawon, steak, duh pokoknya banyak deh. Aremafood udah ngasih bocoran menu ini, semoga kamu makin semangat buat mengolahnya ya.
Hidangan atau sajian Hari Raya Idul Adha sebenarnya bukan yang utama. Bukan juga kambing atau sapi yang menjadi esensi dari Idul Qurban ini. Melainkan tawadhu’ atau kerendahan hati dan keikhlasan, itulah makna qurban yang sebenarnya. Selamat Hari Raya Idul Adha, Snackers!

Baca juga: Plesiran ke Malang? Ini 7 Kuliner Bakso yang Wajib Kamu Cicipi!

 

Sumber:
id.wikipedia.org

Featured images via angon.id

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *