Mau Tampil Energik Seperti Para Atlet SEA Games 2017? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Snackers, masih lagi demam SEA Games 2017 nih. Gimana-gimana menurutmu penampilan para atlet Indonesia di berbagai cabang olahraga? Menang kalah itu biasa ya, Snackers. Terpenting adalah para atlet kita udah menunjukkan penampilan terbaik dan udah turut mengharumkan nama Indonesia. Ecieh. FYI, di SEA Games 2017 yang ke-29 ini, Indonesia punya 600 atlet di 36 cabang olahraga. Kamu pasti udah punya jagoan masing-masing, kan?

Kali ini Aremafood mau bahas dari sisi makanan yang mereka konsumsi. Aremafood salut banget lho sama para atlet Indonesia ini, padahal tenaga mereka terkuras banyak tapi stamina tetap prima, bisa tampil energik, fisik pun terjaga. Nah, buat kamu yang pengin sehat, bugar, dan kuat seperti para atlet SEA Games, kamu boleh nih tiru menu makanan yang biasa mereka konsumsi. Here it is, Aremafood rangkum setidaknya lima menu makanan yang biasanya dikonsumsi oleh para atlet!

1. Susu rendah lemak

makanan atlet sea games 2017

via cyclingtips.com

Kamu rutin minum susu nggak, Snackers? Kalau kamu mau tubuh yang kuat dan sehat, kamu perlu minum susu karena susu tinggi akan kandungan kalsium yang bisa menguatkan tulang. Kalau bisa, pilih susu yang rendah lemak ya, sebab mitosnya kalau kebanyakan susu tanpa diimbangi olahraga yang cukup, tubuh kamu bisa melar. Oleh karenanya, para atlet biasanya memilih susu rendah lemak tapi tetap dengan gizi yang komplit.

2. Buah pisang

makanan atlet sea games 2017

via pinterest.com

Sebenernya nggak cuma buah pisang sih, tapi aneka buah-buahan segar juga bagus buat menjaga tubuhmu biar selalu tampil energik. Tapi kenapa pisang disebut sebagai makanan penambah energi sebab makanan favorit minions ini adalah sumber karbohidrat kompleks yang mudah diserap tubuh, makanan dengan sumber energi yang unggul, bisa bikin good mood, dan bisa bikin tubuh makin energik pastinya. Sesekali, para atlet juga makan keripik pisang lho. Ada-ada aja ya, tapi emang olahan pisang itu enak juga dan kalau mengolahnya bener juga nggak bakal ada gizi yang terbuang, Snackers.

3. Ikan salmon

makanan atlet sea games 2017

via cookinglight.com

Siapa yang nggak doyan ikan salmon? Aneka olahan ikan salmon bahkan selalu disajikan secara mewah di film-film Hollywood. Misal ada adegan dinner romantis gitu, seringnya yang ada di meja makan tuh yang disajikan ya olahan ikan salmon. Hem, lumayan terkenal juga ya si salmon ini. Usut punya usut, ikan salmon juga sangat baik untuk membuat tubuh selalu tampil prima lho. Ini juga favorit para atlet, soalnya ikan salmon mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung, menjaga kebugaran tubuh, hingga meredakan stress. Beuh, kamu wajib nyobain Snackers!

4. Sayur-sayuran hijau

makanan atlet sea games 2017

via pinterest.com

Tahu kan makanan favorit Popeye apa? Yup, bayam. Bayam adalah salah satu sayur-sayuran hijau yang digandrungi sama Popeye dan digambarkan bisa membuat badannya lebih kekar dan kuat. Itu nggak cuma berlaku di animasi belaka lho, Snackers. Bayam dan sayur-sayuran hijau kaya akan serat dan vitamin K yang bisa menguatkan tulang, menyangkal radikal bebas, yang sangat baik kalau dikonsumsi sama atlet buat menjaga staminanya. Oh iya, selain itu sayur-sayuran hijau juga bikin nggak gampang laper, Snackers. Jadi pola makan para atlet ini terbilang aman kalau dibantu sama konsumsi sayuran hijau.

5. Telur setengah matang

makanan atlet sea games 2017

via hebatmenawan.com

Telur yang biasanya dikonsumsi sama para atlet adalah telur setengah matang. Ya, bukan berarti para atlet nggak makan telur matang sih, tapi telur setengah matang ini dipercaya bisa membuat tubuhmu jadi lebih kuat. Telur punya kandungan protein tinggi yang bisa menjaga kesehatan dan kelenturan otot.
Ada sedikit cerita nih, Snackers. Ada seorang guru olahraga yang lagi mengawal murid-muridnya untuk turnamen sepak bola. Sebelum bertanding, sang guru membekali mereka dengan taktik dan petuah khusus serta menyarankan mereka untuk meminum seteguk telur setengah matang. Katanya, biar mereka makin kuat dan gesit larinya. Dan bener aja, tim turnamen ini pun menang! Entah karena luck atau apa, tapi faktanya mereka tampil dengan sangat energik.
Cerita itu terjadi di kamu juga nggak? Mungkin waktu SD atau SMP, gitu? That’s why telur yang kaya protein ini bisa membuat tubuhmu makin kuat bak para atlet.

Meskipun kamu nggak bercita-cita jadi atlet, tetep penting lho menjaga tubuhmu buat selalu tampil energik, sehat, bugar, dan kuat, Snackers. Cobain deh teratur mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Jangan lupa diimbangi sama olahraga juga ya. And, kamu bakal ngerasain deh punya stamina oke dengan badan yang makin energik dan kuat. Selamat mencoba, Snackers!

Sumber:
kompasiana.com
makananmu.com

Featured images via netz.id

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *