Menebak Karakter Orang Lewat Kopi Yang Biasa Diminum. Kamu, Bener Nggak?

Kopi, minuman yang nggak asing untuk kita ini memang banyak penikmatnya. Penikmat kopi selalu punya cara tersendiri untuk meminumnya. Di waktu yang kapanpun, penikmat kopi bahkan memiliki kopi favoritnya masing-masing. Penikmat kopi bilang, belum hidup rasanya kalau dalam sehari nggak minum kopi. Benar begitu?

Kopi dan kepribadian

Psikolog klinis Dr Ramani Durvasula pernah melakukan penelitian dengan menganalisis 1000 pecinta kopi dan melihat kepribadian mereka secara umum. Ia juga menilai kesabaran, perfeksionisme, kewaspadaan, kepekaan, dan keberanian sosial yang dimiliki oleh para pecinta kopi. Sehingga saat ini, kita bisa menilai kecendurungan kepribadian seseorang lewat kopi yang biasa diminumnya. Telah Aremafood rangkum dari berbagai sumber mengenai keterkaitan kopi dan kepribadian. Cari tahu kepribadianmu yuk, cocokin juga sapa kepribadian si dia. Siapa tahu bisa lebih akrab!

Espresso

Kopi dan kepribadian

via wallpaperawesome.com

Kopi espresso sebenarnya lebih populer di Eropa daripada di Amerika. Kopi ini merupakan kopi hitam pekat dengan aroma yang sangat kuat. Kopi espresso dihasilkan dari ekstraksi biji kopi yang sudah digiling. Secangkir espresso bisa kamu nikmati dengan menekan bubuk kopi di dalam “portafilter” yang kemudian menghasilkan air kopi yang hitam dan pekat. Itulah kenapa espresso seringkali disebut “shot” karena kopi ini berasal dari proses menekan kopi giling. Penyajiannya murni hanya seduhan kopi giling dan air mendidih tanpa tambahan pemanis, susu, maupun krimer.

Penikmat kopi espresso adalah tipe pekerja keras dan pantang menyerah. Urusan asmara, penikmat espresso adalah tipe orang yang pandai memikat lawan jenis. Tapi untuk kesetiaan, hm masih diragukan sih. Mereka ini juga biasanya kreatif. Di sisi lain, mereka sangat penuntut, baik pada diri sendiri maupun orang di sekitarnya.

Baca juga: Everything is Favorit in My Kopi O!

Cappucino

Kopi dan kepribadian

via malesnulis.com

Sering diidentikkan dengan Latte, tapi cappucino adalah espresso yang ditambah campuran susu dan milk foam. Perpaduan kopi espresso dan susu menghasilkan warna cokelat mirip pakaian para biarawan Capuchin, oleh sebab itu kopi jenis ini dinamakan cappucino. Penikmat kopi ekstra berbusa seperti cappucino lebih menikmati berada dalam kontrol dan seringkali terlihat perfeksionis. Mereka terlalu sensitif dan cenderung khawatir tapi teliti soal kesehatan.

Dr. Durvasula mengungkapkan penikmati cappucino adalah orang yang sangat obsesif namun santai, santai dalam menghadapi apapun, tidak mau diburu-buru meski pada akhirnya segala sesuatu dapat dibereskannya. Hidup baginya senikmat cappucino, ringan namun nikmat. Dengan kemampuan bersosialisasi yang baik, penikmat cappucino biasanya punya banyak teman.

Baca juga: Niki Kopitiam – Kopitiam Pertama di Kota Malang

Latte

Kopi dan kepribadian

via i.ytimg.com

Latte kali pertama populer di Amerika Utara. Bahan dasar latte adalah espresso dan susu, komposisi susu pada kopi ini 3:1. Sehingga cita rasa susu pada latte lebih terasa. Selain itu, lapisan busa pada latte sangat tipis. Penikmat latte sering menghilangkan rasa pahit dari kopi dengan susu, dalam hidup juga ia kerap melakukan hal yang sama. Berusaha untuk menyenangkan hati orang lain tapi sepertinya dilakukan hanyak untuk menarik perhatian orang lain. Hm, bisa gitu ya?

Penikmat latte memiliki sikap pengayom yang selalu mencari kenyamanan dan ketenangan, suka menolong orang lain tapi sering mengabaikan diri sendiri. Pekerja berat, tapi suka mengeluh. Meski memiliki sikap yang kurang dewasa tapi orang-orang penikmat latte terkenal dengan sisi baiknya yang mencintai kedamaian.

Baca juga: Hits Abis! Baca Buku Sambil Ngegaul di The Library Malang

Moccacino

Kopi dan kepribadian

via cookdiary.net

Moccacino atau mocha, adalah kopi dengan kombinasi yang cukup banyak. Ada espresso, cokelat, sirup, dan biasanya sampai ke whipped cream. Penikmat moccacino biasanya adalah kaum hawa yang tidak seberapa suka dengan kopi pahit. Dari hasil survey, penikmat moccacino adalah sosok yang peduli kerapian dan kebersihan. Tipikal orang yang menyenangkan, tulus dalam mencintai, dan suka untuk eksplorasi kreativitas.

Baca juga: Noch Coffee Malang, Kafe Minimalis yang Bikin Betah Maksimal!

Frappe

Kopi dan kepribadian

Via cdn.skim.gs

Frappe adalah minuman es kopi. Biasanya, kopi ini dicampur dengan susu dan whipped cream. Dihidangkan dingin-dingin, frappe sangat cocok untuk diminum di siang hari ketika cuaca sedang panas. Penikmat kopi manis, dingin, dan beku biasanya memiliki kecenderungan untuk mencoba banyak hal baru, pengikut tren, dan cenderung mencintai diri sendiri meskipun tidak introvert. Mereka bukannya tidak peduli dengan orang lain, hanya saja mereka suka memilih untuk menenangkan diri dan menghindari hal-hal yang menurutnya bisa mengganggu.  Suka bersosialisasi, memiliki jiwa petualang, ambisius, energik, optimis, tapi juga kurang berani dalam mengambil risiko dan cenderung lebih sembrono. Penikmat frappe juga mudah merasa guilty pada diri sendiri.

Baca juga: Java Dancer Malang: Warisan Budaya Jawa yang Terus Dipelihara

Sebenarnya kalau mau diurutin, macam-macam kopi itu buanyaaaakkk banget, Snackers. Buat kamu yang pecinta kopi, kamu udah nyobain semua kopi kah? Atau masih stuck dengan kopi yang kamu banget? Aremafood cuma menjelaskan beberapa macam kopi beserta kecenderungan karakter bagi para penikmatnya. Kamu suka kopi apa sih? Si dia suka kopi apa? Kalian kira-kira cocok nggak ya?

Menikmati secangkir kopi di kala senja, menemani obrolan yang manis, adalah waktu favorit bagi mayoritas orang. Nah apalagi kalau sesekali disambi ngemil kerupuk kopi yang bisa kamu beli di sini. Ah, nikmat ngopi mana lagi yang kamu dustakan?

Featured images via faithluv2eatntravel.blogspot.com

 

Sumber:
Info-bogor.com
Yomamen.com

A.K 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *