Menjelang Ramadhan, Ini 8 Kurma Terlaris yang Biasa Dijual di Indonesia!

Tinggal beberapa hari menuju Ramadhan nih ya, Snackers. Are you sooo excited?
Ramadhan, bulan yang penuh berkah ini biasanya ngebawa kita ke hal-hal yang nggak biasanya kita lakukan. Selain ibadah, tradisi buka bersama sekaligus reuni, ada juga makanan-makanan yang biasanya cuma kita makan pas Ramadhan.

Adalah kurma, jenis makanan yang paling populer selama Ramadhan. Buah kurma ini biasanya disantap saat buka puasa, meskipun sebenarnya sangat baik pula untuk dikonsumsi waktu sahur. Nggak cuma dimakan langsung, banyak juga loh ibu-ibu rumah tangga atau mahasiswa-mahasiswi yang nyoba-nyoba olahan kurma untuk kemudian dijual di pasar takjil.

So, sebelum kita bakal hunting kurma selama Bulan Ramadhan, ada baiknya simak info 8 kurma terlaris di Indonesia ini yuks!

  1. Kurma Thoory

via kabarin.co

Kurma yang juga kerap disebut Kurma Thuri ini sangat populer di Aljazair. Teksturnya kering lebih ke keriput dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan, warnanya berubah menjadi kebiru-biruan. Daging buahnya agak keras, dan rasanya manis serta terdapat sentuhan rasa kacang. Cukup tahan lama jika disimpan dan Kurma Thoory ini cukup banyak ditemui di Indonesia.

  1. Kurma Khidri

via perutgendut.com

Sebagai bahan baku terbaik dalam perkembangan otot, buah kurma termasuk Kurma Khidri juga laris di Indonesia. Warnanya merah maroon, rasanya enak, bentuk buahnya panjang dan sedikit lonjong. Tekstur dagingnya lebih kering, kenyal, dan tidak terlalu manis. Paling banyak diproduksi karena lebih mudah diolah dengan bahan lain seperti almond dan cokelat.

  1. Kurma Amir Hajj

via kabarin.co

Terkenal dari Irak, dengan kulitnya yang tipis, daging buah yang tebal, dan tekstur yang lembut ini Kurma Amir Hajj juga kerap disebut sebagai “visitor’s dates”. Dinamakan demikiran karena sering digunakan oleh masyarakat setempat sebagai hidangan untuk menyambut tamu.

  1. Kurma Sekkeri

via kabarin.co

Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma Sekkeri termasuk kurma yang mahal dan tumbuh di daerah Saudi Arabia. Warnanya cokelat gelap, daging buahnya sangat manis dan lembut. Dengan cita rasa yang tak biasa, harga dari Kurma Sekkeri biasanya lebih mahal daripada kurma lainnya.

  1. Kurma Mozafati

via kabarin.co

Merupakan sumber vitamin dan mineral, buah kurma termasuk Kurma Mozafati adalah kurma yang cukup tahan lama jika disimpan di suhu -5oC. Kurma ini tumbuh baik di Iran, berwarna gelap, ukurannya sedang, tekstur dagingnya lembut, dan rasa manis mantap di setiap gigitan.

  1. Kurma Deglet Noor

via kabarin.co

Dinamakan demikian karena warna dari kurma ini seperti cahaya. Diadaptasi dari Bahasa Arab cahaya yakni Noor. Warnanya kuning keemasan, merupakan varietas unggul yang terkenal di Aljazair, Tunis, Amerika, dan Libya. Daging buahnya tidak terlalu keras dengan rasa yang tidak terlalu manis.

  1. Kurma Sekki

via kabarin.co

Kurma Sekki adalah kurma dengan warna yang unik, ada kekuningan di bagian atasnya dan agak kecokelatan di bagian bawah. Daging yang berwarna kekuningan lebih keras, sementara daging yang kecokelatan lebih empuk dan kenyal. Meski demikian, cita rasa dari Kurma Sekki ini tidak terlalu manis.

  1. Kurma Halawi

via kabarin.co

Disebut juga Kurma Holwah, ini termasuk kurma jenis pertama yang masuk dalam pasar Indonesia. Dalam bahasa Arab, holwah artinya manis. Kurma ini rasanya sangat manis, lebih dari rasa kurma-kurma lainnya. Dengan ukuran yang kecil sampai sedang, kurma ini dianggap paling cocok dan laris di Indonesia sebab mayoritas lidah orang Indonesia suka yang manis.

Well, dengan manfaatnya yang ribuan, kurma di Indonesia tetap mudah ditemukan meski tidak di Bulan Ramadhan. Bertepatan dengan momen Ramadhan, kurma ini makin laris dan populer. Favorit kamu, kurma yang mana nih, Snackers?

Baca juga: 5 Menu Sahur Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

Sumber:
Kabarin.co
Nova.id
Manfaatnyasehat.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *