Mudik Lebaran? Ini 5 Bekal yang Patut Kamu Bawa Biar Tetep Sehat Selama Perjalanan!

Hari Raya Idul Fitri udah tinggal seminggu lagi nih Snackers. Pasti banyak banget di antara kamu yang udah mulai siap-siap buat mudik ya? Mudik, emang udah jadi tradisi di Indonesia. Bahkan udah kayak musim yang paten selain kemarau dan penghujan. Mudik alias pulang ke kampung halaman selalu jadi momen yang punya kesan dan cerita berbeda di tiap tahunnya, selain momen lebaran itu sendiri.

Buat kamu yang tinggal di tanah rantau dan berencana buat mudik, pastikan kamu udah menyiapkan semua dengan maksimal ya, Snackers. Kalau bisa sih zero mistakes. Mulai dari oleh-oleh buat keluarga, barang bawaan, keamanan tempat tinggal yang ditinggalkan, tiket kendaraan pulang atau kalau kamu biasa mudik dengan bawa kendaraan sendiri juga harus banget tuh cek mesin dulu.

Anyway, pasti nggak asik banget deh kalau berangkat sehat tapi pas sampai di tempat tujuan malah sakit cuma gara-gara perjalanan yang nggak menyenangkan. Soal ini, kamu juga harus beware yah karena kesehatanmu itu juga penting lho. Nah, kali ini Aremafood bakal bagi-bagi tips berupa bekal, baik makanan atau minuman apa aja yang bisa kamu bawa biar kamu tetep sehat selama perjalanan, Snackers. Simak yuk!

  1. Air mineral
Bekal Mudik Lebaran

via youtube.com

Air mineral alias air putih ini the most important thing to bring ya, Snackers. Walaupun nggak mudik, mau perjalanan jauh atau dekat sebaiknya kamu bawa ini deh. Air mineral ini buat mencegah kamu dari kondisi dehidrasi, Snackers. Stres di perjalanan karena macet, delay, berdesakan, atau apapun itu juga bisa diatasi dengan minum air mineral. Seteguk dua teguk, akan membantumu biar lebih rileks. Buat kamu yang biasanya mabuk selama perjalanan, air mineral itu juga bisa mengatasi mual lho. So, jangan sampai nggak bawa air mineral ya, Snackers!

Baca juga: Belum Tahu kan Kalo Kekurangan Air Putih Bakalan Sefatal Ini?

  1. Sandwich atau Hashbrown
Bekal Mudik Lebaran

via bsnscb.com

Sandwich adalah bekal yang mengenyangkan dan gampang dibuat. Kalau kamu mau bekal nasi juga nggak masalah sih, Snackers. Tapi sandwich atau hashbrown bisa dijadikan pilihan karena ini praktis banget. Buat bikin sandwich, kamu tinggal menumpuk seluruh bahan seperti lembaran roti, daging olahan, selada, keju, timun, tomat, dan tutup lagi pakai roti tawar. Biar lebih awet, kamu bisa bungkus pakai plastik wrap atau atur rapi di kotak makanmu.

Bekal Mudik Lebaran

via youtube.com

Sementara hashbrown, makanan yang berbahan dasar kentang ini juga kaya akan karbohidrat. Proses bikinnya juga gampang banget. Parut kasar kentang, campur pakai garam, merica, dan telur, terus goreng sampai warnanya keemasan. Khusus hashbrown ini cocok-cocokan sama perut kamu ya, Snackers. Kalau rawan mual lebih baik kamu nggak makan yang gorengan-gorengan gitu. Bekal dengan kandungan karbohidrat ini penting kamu bawa biar kamu nggak kelaperan di jalan, Snackers.

Baca juga: 5 Sajian yang Identik dengan Lebaran Idul Fitri

  1. Buah apel hijau
Bekal Mudik Lebaran

via 7daftar.com

Sebenernya banyak banget buah-buahan yang bisa dijadikan bekal mudik lebaran. Tapi kamu juga harus selektif dalam membawa buah buat mudik ya. Kamu bisa bawa pisang, jeruk kupas, atau buah apel sebagai teman mudikmu. Buah apel mengandung pektin yang bisa membantu menetralkan asam di perut. Buah ini patut dijadikan bekal kalau kamu gampang mual selama perjalanan, Snackers. Selain konsumsi apel hijau segar, kamu juga bisa ngakalin pakai jus apel.

Baca juga: Camilan Sehat: Keripik Buah Apel Manalagi Kane Kane

  1. Biskuit atau crackers
Bekal Mudik Lebaran

via daysoftheyear.com

Beralih ke camilan, biskuit gurih patut dibawa buat bekal mudik biar kamu tetep fit. Khususnya buat kamu yang mudik dengan membawa anak kecil, ini adalah camilan yang aman karena biasanya kaya akan susu, teksturnya lembut dan mudah hancur. Crackers atau biskuit gurih juga bisa membantu meredakan sakit perut dan mencegah muntah yang kerap terjadi selama perjalanan lho. Sebaiknya, pilih biskuit berbahan gandum karena bisa membantu meredakan kadar air liur dalam mulut, sehingga rasa mual dan nggak nyaman pun berkurang. Hindari crackers atau biskuit dengan rasa pedas, bawang, atau manis karena bisa bikin gejala mual makin parah.

Baca juga:Setelah Sebulan Berpuasa, Lakukan 3 Cara Sederhana Ini Untuk Raih Kemenangan!

  1. Permen jahe
Bekal Mudik Lebaran

via learningherbs.com

Menghisap dan mengunyah permen adalah salah satu dari sekian solusi biar kamu nggak mati gaya waktu mudik, Snackers. Proses konsumsi permen itu sendiri juga bisa memicu air liur untuk menetralkan asam di perut sehingga bisa mencegah mual dan muntah. Direkomendasikan permen jahe sih ya, karena jahe mampu memblokir serotonin atau senyawa kimia yang menyebabkan perut kontraksi alias mual-mual. Kamu juga bisa minum wedang jahe hangat sebelum berangkat mudik biar organ dalam kamu bisa lebih tenang dan nggak gampang mual.

Baca juga: 3 Alasan Orang Mengirim Parcel Lebaran

Oh iya ini saran khusus buat kamu yang membawa bekal sementara kamu harus naik kendaraan umum. Kamu juga harus perhatian sama kesehatan di sekelilingmu ya, Snackers. Gampang aja sih, jangan buang sampah sembarangan, gitu. Ironis kan kalau kamu bawa bekal mudik lebaran biar kamu sehat tapi sampah dari bekalnya kamu buang seenak jidat kamu, itu sama aja kamu ngerugiin orang lain dan membuat sekitarmu nggak sehat dong. Setuju nggak?

Baiklah, sekian dulu tips mudik lebaran ala Aremafood. Semoga bermanfaat khususnya buat kesehatanmu yaa. Selamat mudik dan hati-hati di jalan, Snackers!

Sumber:
Food.detik.com
Hipwee.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *