Musim Ujian, Coba Makan Ini. 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Pintar!

Memasuki bulan-bulan pertengahan tahun ini emang lagi musimnya ujian ya, Snackers. Mau ujian sekolah, tes masuk kuliah, atau mungkin buat kamu yang lagi tes sana sini buat cari kerja.
Selain belajar yang rajin dan menunjukkan skill yang kamu punya, kamu juga wajib tuh memerhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuhmu. Sebab, kondisi tubuh yang fit dan makanan apa aja yang kamu makan itu berpengaruh lho sama keberhasilan ujianmu. Hmm kok bisa gitu ya?

Iya dooongs.
Seenak-enaknya atau se-nggakenak-nggakenak-nya makanan, semua yang tercipta di dunia ini pasti ada aja manfaat positifnya buat kita. Soal makanan nih, ada yang bisa bikin kurus lah, ada yang bisa bikin gemuk lah, nah ada juga yang bisa bikin kamu lebih pinter. Pinter emang nggak boleh Cuma dari makanan aja ya, kamu juga harus terus menggali ilmu buat bikin otak kamu makin cerdas. Tapi 7 makanan ini bisa kamu konsumsi biar makin pinter!

  1. Ikan Salmon

Olahan Ikan Salmon | via gscline.com

Memang harganya nggak murah, Snackers. Tapi kandungan di dalemnya juga nggak main-main!
Ikan salmon punya kandungan omega 3, asam lemak, protein, DHA, dan EPA yang sangat berperan penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak. Para pakar pernah meneliti kalau anak yang mengonsumsi ikan ini akan memiliki daya ingat lebih tinggi dibandingkan mereka yang nggak suka mengonsumsi ikan. Selain itu, ikan salmon juga mengurangi risiko penyakit degeneratif mental; membaikkan suasana hati baik; serta mengurangi depresi, kecemasan, dan hiperaktivitas.

  1. Beras merah

Nasi dari beras merah | via youtube.com

Selain biasanya digunakan untuk yang sedang diet, beras merah juga berfungsi untuk menenangkan otak. Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin dalam otak, yang bisa juga memperbaiki suasana hati, memberi energi jangka panjang, menstabilkan gula darah, dan bisa membantu kita buat tidur lebih nyenyak. Beras merah juga punya vitamin B kompleks yang sangat penting untuk kesehatan fungsi otak.

 

  1. Oat

Oat | via celiac.org

Sereal yang disukai banyak kalangan ini merupakan nutrisi penting buat bikin kita lebih pinter lagi.
Pemenuh energi, sehingga oat sering diposisikan sebagai makanan untuk sarapan. Kandungan lain seperti kalium, seng, vitamin E, dan vitamin akan menjaga tubuh dan memfungsikan kinerja otak secara optimal.

 

  1. Buah Berry

Buah Berry | via cdn.modernfarmer.com

Kecut manis dirasa, aneka buah berry juga bisa membantu kita untuk mengerjakan soal-soal ujian yang katanya ngeri. Buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry punya antioksidan dan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah berry juga berperan penting untuk perbaikan fungsi daya ingat sebab ada kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan | via panduanhidupsehat.com

Kacang-kacangan membawa energi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari karbohidrat kompleks, protein, sumber serat, mineral, dan vitamin. Penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberi energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir. Hemm jadi nggak ragu lagi deh kalau belajar sambil ngemil kacang!

 

  1. Gandum

Roti gandum | via healthyrise.com

Gandum murni atau gandum utuh banyak kita temukan di Indonesia. Salah satu olahannya yang paling populer ada di roti. Gandum ini bisa membantu kita buat mengontrol kadar glukosa karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa energi yang dibawa gandung akan meningkatkan kekuatan otak, ini berkaitan dengan memori, pengambilan keputusan, dan penyelesaian masalah.

 

  1. Susu

Susu | via i.huffpost.com

Favorit si kecil nih. Susu ini makanan alias minuman yang paling sering digadang-gadang bisa bikin kita lebih pinter. Nggak salah sih, karena vitamin B dan protein yang tinggi banyak terkandung pada makanan-makanan dari produk susu. Makanan untuk kecerdasan otak ini mengandung dua jenis nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter. Selain itu, susu juga dapat menjaga perut kenyang lebih lama karena mengandung karbohidrat dan protein serta menjadi sumber energi dan otak.

Sekarang udah tau kan makanan apa aja yang bikin kamu lebih pinter? Sebarin deh ke tetangga, teman, atau kerabat kamu. Kalau-kalau nih mereka itu yang mau ujian dan lolos ujiannya berkat info ini dari kamu, kamu pasti bakal ikut seneng kan, Snackers!
Well, untuk siapapun kamu yang lagi mau ujian, semangat yaah! Best luck!

Sumber:
Halosehat.com
Disehat.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *