Nasi Putih vs Nasi Merah: Mana yang Terbaik Untuk Diet?

Catat! Ini 6 Akibat Mengonsumsi 2 Butir Telur Dalam Sehari
28 March 2018
Takut Maag Kambuh? Hindari dengan 3 Makanan Ini
6 April 2018

Nasi Putih vs Nasi Merah: Mana yang Terbaik Untuk Diet?

Tak ada makan yang tak nasi. Belum makan namanya kalau belum makan sesuap nasi. Begitu, kata mayoritas orang Indonesia. Kamu, termasuk salah satunya nggak, Snackers?

Nasi memang makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Umumnya ya difungsikan untuk mengenyangkan perut, untuk hidup. Nasi menjadi komoditas yang paling penting bagi hajat hidup orang banyak.

Namun, beberapa dari kita pasti ada selalu diet nasi, bahkan nggak kebiasaan makan nasi. Ada juga yang maunya makan nasi merah karena baik untuk diet. Nasi merah bukan nasi goreng pakai cabai merah lho ya, nasi merah dari beras merah, maksudnya.

Baca juga: 7 Makanan Serba Merah Putih Ini Bikin Momen 17 Agustusmu Semakin Indonesia!

Lantas benarkah nasi merah itu lebih baik untuk diet? Sebenarnya, mana yang lebih baik untuk diet, nasi putih atau nasi merah? Yuk, simak ulasan lengkap tentang perbedaan nasi putih dan nasi merah dari Aremafood ini.

 

Apa bedanya Nasi Putih dengan Nasi Merah?

Selain yang jelas beda warna, nasi putih dan nasi merah otomatis beda kandungan, beda nutrisi. Meskipun sama-sama nasi, nasi putih dianggap lebih banyak mengandung gula. Oleh karenanya, konsumsi nasi putih bagi mereka yang sedang diabetes dan sedang diet cukup dibatasi.

Nasi merah, adalah solusi bagi penderita diabetes tersebut. Nasi merah sebagai substitusi nasi putih yang konon katanya lebih baik. Tapi benarkah? Faktanya…

Nasi Putih Mengandung Lebih Sedikit Kalori

nasi penyetan cok aremafood

Agak susah-susah gampang memang berurusan dengan asumsi, apalagi ditambah “kata orang” dan “kata orang”. Nah, asumsi alias anggapan ini agaknya sedikit keliru karena faktanya, nasi putih ini mengandung lebih sedikit kalori lho, Snackers. Yakni sekitar 206 kcal dibanding nasi merah yang memiliki 216 kcal.

Nasi Merah Lebih Kaya Akan Nutrisi

via youtube.com

Bukan berarti nasi putih kurang nutrisi, bukan gitu maksudnya. Secangkir nasi merah dipercaya mengandung fosfor dan magnesium 88% lebih banyak dibanding nasi putih. Zat besinya juga 2,5x lebih tinggi dibanding nasi putih. Tentunya ini adalah hasil penelitian oleh para ahli. Mengonsumsi semangkuk nasi merah sekali, cukup untuk memenuhi kebutuhan magnesium dalam sehari.

Nasi putih sedikit kurang beruntung dari nasi merah soal nutrisi karena prosesnya dari beras menjadi nasi tuh, membuatnya kehilangan 60% zat besi dan vitamin-vitamin lainnya. Tapi tetep, masih ada bahkan banyak kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan kamu kok.

Untuk Diet, Lebih Efektif Mana? Nasi Putih atau Nasi Merah?

Diet atau menurunkan berat badan bagi beberapa orang khususnya wanita bukan merupakan pekara yang mudah. Komitmen untuk diet pun harus dikukuhkan sekuat mungkin. Urusan nasi, nasi merah adalah yang lebih efektif untuk diet alias menurunkan berat badan.

Kenapa? Karena nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih sehat sehingga bisa memfasilitasi gerak usus yang lebih baik. Sementara nasi putih, lebih tinggi karbohidrat dan rendah serat.

Sebenernya sih, ini balik lagi tergantung kamu mau gimana dietnya. Ada juga yang diet dengan cara mengurangi takaran, bukan mengganti. Itu juga baik. Karena kalau kamu sudah kebiasaan pakai nasi putih kemudian tiba-tiba ganti nasi merah, khawatirnya belum biasa. Sehingga bakal punya rasa ingin yang sangat kuat untuk kembali mengonsumsi nasi putih.

Ya, ibarat habis putus. Cinta tak mudah berganti, tak mudah berganti jadi benci. Ecieh, itu sih kata Tangga ya. Hubungannya sama nasi apa? Nggak ada! Oke, lanjut.

Baca juga: Nasi Goreng Rempah Mafia: Rombongan Gangster yang Siap Menjajah Lidah!

Soal rasa, lebih enak mana?

Nasi Bulat Malang

Wah, ya jelas lebih enak nasi putih lah!

Nasi merah memang lebih banyak serat dan terdiri dari beberapa lapisan, meskipun mudah dicerna tapi susah ditelan, kadang. Sementara nasi putih, rasanya lebih manis dibanding nasi merah dan mudah dicerna.

Keduanya sama-sama sehat, tergantung bagaimana kamu memperlakukan atau bagaimana caramu mengonsumsinya. Nasi putih tidak serta-merta lebih buruk dibanding nasi merah, and vice versa.

Kalau mau diet dengan mengonsumsi nasi merah tapi nggak diimbangi sama olahraga dan konsumsi makanan sehat lainnya yang cukup, ya sama aja bohong dong?

Buat kamu yang mau, sedang, dan akan diet dengan nasi merah, tetap kontrol berat badanmu menjadi berat badan ideal ya. Jangan muluk-muluk dan jangan sampai jatuh sakit cuma gara-gara diet. Ingat, ntar kalau tua biasanya nasi udah jadi pantangan dan mungkin akan banyak organ tubuh kita yang nggak ngebolehin kita buat makan nasi.

Selagi masih bisa makan nasi, makanlah! Yuk, hidup sehat!

Baca juga: Mau Diet? Konsumsi Sayur Penurun Berat Badan Ini Aja!

Featured images via myfooddiary.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *