Ngeri! Ini Daftar 10 Buah Paling Berbahaya di Dunia

Seperti yang kita tahu, buah-buahan pasti punya manfaat baik bagi tubuh kita. Sang Pencipta sudah menciptakan buah dengan berbagai kandungan dan gizi dengan rasa dan fungsi yang beraneka untuk kita. Tapi ternyata, nggak semua buah itu boleh kamu konsumsi secara rutin lho. Di balik kesegarannya, buah-buah ini punya ancaman tersendiri yang cukup membahayakan bagi tubuh. Berikut Aremafood infokan daftar 10 buah paling berbahaya di dunia. Apa aja sih?

  1. Belimbing
buah paling bahaya di dunia

via geniuskitchen.com

Star fruit alias belimbingemang punya kandungan serat yang tinggi, kaya vitamin C, dan rendah kalori. Tapi, buah ini nggak boleh dikonsumsi buat orang yang punya penyakit ginjal karena justru membuat penyakit tersebut makin parah. Kalau nggak percaya, coba konsultasikan ke dokter ya.

  1. Ackee
buah paling bahaya di dunia

via thespruce.com

Buah ackee cukup populer di Jamaika. Buah ini kalau dikonsumsi dengan cara yang salah bisa menjadi pemicu utama munculnya penyakit Jamican Vomiting Sickness atau penyakit muntah Jamaika dan menyebabkan koma hipoglikemia. Buah ini mengandung racun hyploglycin.

Baca juga: Manisan Buah Carica, Oleh-oleh dari Dataran Dieng yang Kaya Manfaat

  1. Elderberry
buah paling bahaya di dunia

via petpoisonhelpline.com

Mayoritas buah elderberry punya racun glikosida yang merupakan awal terbentuknya sianida. Racun ini berada di bagian akar, batang, daun, dan biji yang bisa menyebabkan muntah, diare, hingga koma. Buah ini biasa dijadikan sirup dan campuran kue lainnya, boleh dimakan asal dengan proses pemasakan yang tepat.

  1. Biji aprikot
buah paling bahaya di dunia

via makcikaprikot.wordpress.com

Biji aprikot memang bisa digunakan untuk mengobati kanker. Tapi, harus hati-hati dalam mengolahnya karena juga mengandung laetril yang bisa berubah jadi sianida. Keracunan zat laetril bisa menyebabkan gugup, insomnia, dan tekanan darah rendah. Di Amerika Serikat dan Eropa, melarang keras peredaran benih aprikot.

  1. European Spindle
buah paling bahaya di dunia

via igrowhort.com

Mungkin ini jarang bahkan hampir nggak pernah kamu makan ya. Buah yang asalnya dari bunga ini tumbuh berkeliaran di Eropa. Kalau pas musim gugur, akan mengeluarkan biji berwarna orange yang beracun karena mengandung glikosida. Menyebabkan muntah, pusing, halusinasi, hingga gagal ginjal. Buah ini biasanya digunakan untuk mengusir parasit dan kutu.

Baca juga: Keripik Buah Salak, Crispy dan Renyah

  1. Kluwek
buah paling bahaya di dunia

via liburansari.com

Pasti nggak asing kan sama kluwek? Di Indonesia buah ini sering dijadikan bumbu masak tradisional. Mengandung asam hidrosianat yang kalau nggak bener mengolahnya bisa bikin kita keracunan, mengantuk, dan delirium.

  1. Yew Berries
buah paling bahaya di dunia

via realmonstrosities.com

Buah yew berry berwarna merah seperti khas buah berry lainnya. Yew berry ini cantik tapi mengandung racun taxin yang mematikan kalau dikonsumsi langsung.

  1. Rhubarb
buah paling bahaya di dunia

via myjewsihlearning.com

Glikosida dan oksalat adalah jenis racun yang bisa ditemukan di buah rhubarb. Kalau nggak bener mengolahnya, bisa bikin lidah dan tenggorokan terbakar, sakit perut, hingga masalah ginjal. Buah yang rasanya komplit mulai dari manis sampai asam ini boleh dijadikan bahan makanan asal nggak sering-sering mengonsumsinya

Baca juga: Rasa Buah yang Tak Berubah, Renyahnya Keripik Buah Kane-kane

  1. Asparagus berry
buah paling bahaya di dunia

via florafinder.com

Asparagus, biasanya diolah dijadikan sup. Tapi jangan sekalipun mengolah bagian buahnya karena mengandung racun yang bisa bikin sakit perut. Selain itu juga bisa bikin iritasi kulit. Bagian tunas muda asparagus juga nggak boleh dikonsumsi secara mentah.

  1. Kacang mete
buah paling bahaya di dunia

via kacangmete.com

Kacang mete sebenernya bukan termasuk golongan kacang karena ia tumbuh di bagian buah jambu mete. Bahayanya kacang mete adalah jika dimakan mentah karena seluruh bagiannya dikelilingi racun. Yang aman dan tepat, kacang mete boleh dimakan setelah melewati proses pemasakan.

Wah, daftar panjang kesepuluh buah paling berbahaya di dunia ini wajib kamu catat, Snackers. Menyikapi buah-buah seperti ini tuh solusinya adalah kamu harus bisa bijak mengonsumsinya. Seperti yang Aremafood katakan tadi, nggak usah sering-sering ya.

Ah iya, kalau kamu nggak pengin makan buahnya langsung, kamu juga bisa banget ngemil keripik buah Kane Kane. Diolah dengan bahan terbaik pilihan, kandungan gizi yang sehat, dan nggak bikin kantong jebol. Langsung aja yuk beli keripik buah Kane Kane di sini. Happy snacking, Snackers!

Featured images via khasiat.co.id

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *