Nggak Cuma Hitam Manis, Yuk Kenalan Sama 6 Kecap Populer!

Snackers, masih ingat malika? kedelai hitam yang dibesarkan seperti anak sendiri? Gap! kita udah kemakan iklan! Katanya, dimana-mana kecap selalu nomor satu. Nyatanya, kecap itu banyak lho ragamnya. Kalau kamu udah terbiasa di dapur dan masak masakan sendiri, kamu pasti butuh macam-macam kecap buat penyedap masakan. So,  biar makin tahu, Aremafood punya rangkumannya nih 6 kecap populer yang sering dipakai di banyak masakan. Check it out!

  1. Kecap manis
macam-macam kecap

via sprigandflours.com

Kecap manis terbuat dari fermentasi kedelai hitam yang dicampur dengan aneka jenis rempah sehingga membuat warnanya hitam pekat dan teksturnya kental. Penggila kecap bahkan ada yang sampai bawa kecap kemana-mana lho. Makan apapun kalau nggak pakai kecap manis nggak afdol, pernah nggak nemu temen yang kayak gitu? Kecap manis adalah kecap terpopuler, biasanya digunakan sebagai bahan atau pendamping makanan hampir selalu tersedia di meja makan.

Baca juga: Sambel Roa JuDes khas Manado, Be Aware Addicted

2. Kecap asin

macam-macam kecap

via epicurious.com

Awas keliru, karena biasanya botolnya nggak jauh beda sama kecap manis. Kecap asin wujudnya lebih cair dan kandungan garamnya lebih banyak. Masakan ala Chinese biasanya menggunakan kecap asin sebagai pengganti garam dapur. Penggunaan kecap asin biasanya dosis rendah sehingga rasa masakan nggak asin-asin banget.

3. Kecap inggris

macam-macam kecap

via worldofsauces.com

Kecap inggris alias worcestershire sauce terbuat dari campuran cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, cengkeh, dan aneka bawang. Biasanya, kecap ini digunakan untuk memasak aneka bistik dan menu daging-dagingan lainnya, bukan untuk dikonsumsi langsung. Aneka olahan mie juga biasanya pakai kecap inggris.

4. Kecap jepang

macam-macam kecap

via alibaba.com

Mungkin kamu nggak sadar Snackers kalau pernah nyobain kecap jepang. Kecap yang terkenal dengan nama Shoyu ini juga merupakan hasil fermentasi kedelai dengan rasa yang asin dan gurih. Ada shoyu jenis koikuchi dengan aroma yang kuat dan tekstur yang pekat, serta usukuchi dengan aroma yang ringan dan tekstur yang encer.

Baca juga: Fun Sushi Cooking Class at Sugoi Tei

5. Kecap ikan

macam-macam kecap

via yumsome.com

Fish sauce atau kecap ikan terbuat dari ikan yang difermentasi dengan cara menggarami ikan dan membiarkannya mengalami proses fermentasi di dalam wadah tertutup. Kecap ikan punya cita rasa yang asin, hampir seperti kecap asin namun tetap ada aroma ikan yang khas. Biasanya, kecap ikan dipakai untuk memasak seafood atau hidangan khas Jepang.

6. Kecap saus tiram

macam-macam kecap

via stefangourmet.wordpress.com

Kecap saus tiram atau oyster sauce tetap masuk di kategori kecap karena teksturnya yang cukup kental dan terbuat dari tiram fermentasi. Aneka tumisan bisa berasa lebih asin dan gurih berkat si kecap saus tiram ini. Hm pokoknya kecap saus tiram ini bikin masakan makin sedap gitu.

Baca juga: Keripik Kulit Ikan Kakap, Alternatif Camilan yang Enak

Nah, udah makin tahu tentang kecap, kan? FYI Snackers, kids jaman old tuh udah biasa lho makan cuma pakai nasi lauknya kerupuk sama kecap. Kerupuknya beli di sini nih. Kamu sempet suka dan mengalami nggak sih? Kerupuk blek, kerupuk tahu, atau kerupuk ikan yang dicocol ke kecap manis juga bisa jadi pilihan camilan yang sederhana dan murah. Meskipun ternyata nggak jarang juga ya orang yang nggak doyan kecap. Kalau kamu, suka makan pakai kecap nggak?

Sumber:
foody.id

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *