Jangan Salah Kaprah! Ini Komparasi Lengkap Sarden vs Makarel

Papizza-Malang,-Cara-Baru-Makan-Pizza
Papizza Malang, Cara Baru Makan Pizza
18 April 2018
Yuk, Makan Ayam Rame-rame di Lazizaa Chicken & Pizza!
23 April 2018

Jangan Salah Kaprah! Ini Komparasi Lengkap Sarden vs Makarel

Snackers, kamu pasti pernah kan makan sarden dan makarel? Apa sih yang kamu ketahui tentang sarden dan makarel? Kali ini Aremafood mau kasih kamu insight nih bahas beberapa perbedaan tentang sarden dan makarel. Kalau setau kamu ini adalah jenis makanan, kurang tepat, Snackers. Sarden dan Makarel adalah jenis ikan, bukan nama sebuah makanan.

Beberapa waktu belakangan, makarel sering disalah-salahkan karena mengandung cacing. Ini kabar menyedihkan ya, Snackers. Sebab yang salah tuh merek-nya dan orang-orangnya, bukan ikan makarelnya. Hiks.

Lah, kok jadi curhat?

Oke oke langsung aja kita bahas perbedaan sarden dan makarel yaa, Snackers.

Baca juga: Keripik Kulit Ikan Kakap, Alternatif Camilan yang Enak

Apa perbedaan sarden dan makarel?

Sarden

sarden-aremafood

via pexels.com

Sarden adalah jenis ikan kecil yang merupakan bagian dari keluarga Clupeidae yang biasa ditemukan di laut mediterania. Sarden sering digunakan sebagai makanan kaleng. Cirinya, dia berminyak, berukuran sangat kecil, dagingnya gelap, warna kulitnya perak.

Sarden juga sering disebut dengan ikan herring, soal kandungan merkuri, sarden memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah. Diolah sebagai makanan, sarden memiliki harga yang lebih murah dibanding makarel, karena jumlahnya yang banyak dan mudah ditemukan di perairan.

Manfaat sarden bagi kesehatan adalah bisa menjaga kesehatan jantung karena sarden mengandung omega 3 yang mampu memerangi kolesterol jahat dan tigliserida. Mencegah pembuntalan darah, membuat mata lebih sehat, memperkuat tulang, meregenerasi kulit, dan menghindarkan dari penyakit diabetes hingga memiliki zat antikanker.

Baca juga: Cari Seafood Murmer? Ke Warung Cak Rie Yuk!

Makarel

makarel-aremafood

via pixabay.com

Makarel adalah ikan yang merupakan bagian dari jenis tenggiri dan kembung, berasal dari keluarga Scombridae di laut Atlantik. Soal merkuri, kandungannya lebih tinggi dibandingkan ikan sarden.

Ciri-cirinya, makarel ini bentuknya lebih ramping dan panjang, ukuran lebih besar dengan garis hitam di sekujur tubuh. Beberapa bahkan ukurannya cukup lebih besar dari kawanannya, seperti sirip biru.

Harganya lebih mahal karena makarel hidup di perairan dalam dan merupakan bagian dari ikan tenggiri. Makarel hidup di perairan tropis dan subtropis. Beberapa hidup di dekat pantai sehingga mudah ditangkap dekat jembatan dan pier. Sebagian besar ikan dalam kelompok makarel ini bukan ikan laut dalam.

Manfaat mengonsumsi makarel bagi kesehatan juga sama baiknya sama sarden, Snackers. Anti karsinogenik, menjaga kekebalan tubuh, kardiovaskular, serta pembangun otak dan saraf karena memiliki asam lemak omega 3.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Makan

Gimana, udah lebih paham kan tentang perbedaan sarden dan makarel? Penting atau enggak, semoga ini berguna buat kamu kamu yang membutuhkan yaa, Snackers. Jadi, mau makan apa sekarang? Sarden, atau makarel?

Featured images via pixabay

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *