Seger Sih Iya, Tapi 5 Bahaya Es Batu Ini Bikin Kamu Mikir Ulang!

Ada nggak sih temen kamu yang doyan banget ngunyah es batu? Atau jangan-jangan kamu sendiri, Snackers?
Banyak banget di dunia ini minuman dingin dan seger yang pastinya pakai es batu yaa. Nggak tau itu diserut atau dibiarkan membeku, tapi minuman dingin kalau sekedar didinginkan aja nggak cukup. Katanya sih harus pakai es batu biar makin seger. Setuju nggak, Snackers?

Es Batu | via rumahangsana.wordpress.com

Pernah nggak sih kepikiran kalau es batu yang kamu konsumsi bisa jadi berasal dari air yang belum matang? Memang nggak semua es batu dibuat dari air segar atau air keran ya, Snackers. Tapi nggak jarang juga hal ini terjadi lhoo.

So anyway, kamu harus tau Snackers kalau ternyata mengonsumsi es batu itu punya dampak negatif juga. Mengonsumsi es-es itu emang nggak baik kalau terlalu banyak, and we all agree that yang terlalu-terlalu itu emang nggak baik sih. Tapi, kamu harus lebih berhati-hati tuh. Aremafood udah ngerangkum lima hal yang harus kamu perhatiin, biar kamu lebih bijak lagi kalau mau mengonsumsi es batu. Here it is!

  1. Tubuh jadi lemah

Tubuh lemah | via bisikan.com

Banyak penyebab tubuh menjadi lemah atau kurang bertenaga. Selain karena nggak dapet kabar dari si dia, kurangnya kadar zat besi dalam tubuh juga bisa membuat kamu kurang bertenaga. Sedihnya, itu disebabkan oleh konsumsi es batu, apalagi kalau dikunyah.
Dari penelitian para dokter, kebiasaan ini membuat rendahnya kadar hemoglobin dalam darah yang kemudian mengindikasi kurangnya kadar zat besi. Despite of berat badan kamu jadi menurun, akibat buruknya adalah kamu bisa anemia, tubuh jadi lemah, lemas, nggak bersemangat, dan kurang bertenaga.

  1. Perut membuncit

Perut membuncit | via sumotmnt.devianart.com

Beberapa orang nggak pernah mempermasalahkan perut yang membuncit. Tapi dalam kesehatan, kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Nah, kalau kamu mengonsumsi es batu terutama setelah makan, you should be ware, Snackers!
Because, itu yang bisa bikin usus dalam perut kamu menyempit, terus menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk. Akibatnya, perut bisa membuncit. Kurang funky dong yaa 🙁

  1. Bikin pusing

Pusing | via rockingmama.id

Nggak cuma hutang aja yang bikin pusing, tapi juga es batu!
In condition kalau kita minum es ketika matahari lagi terik-teriknya alias di cuaca yang sangat panas. Biasanya emang kita gemes banget pengin cepet-cepet minum es. Apalagi kalau habis berolahraga. FYI Snackers, setelah kita berolahraga, terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh dan juga otot masih dalam kondisi tegang. Ketika kita mengonsumsi es, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan karena suhu tubuh dan suhu es nggak selaras. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung, yang mengakibatkan proses pemompaan darah terganggu sehingga kepala menjadi sering pusing.

  1. Merusak gigi

Sakit gigi | via deltadentalwablog.com

“Daripada sakit hati lebih baik sakit gigi” adalah ungkapan Meggy Z sebelum beliau ngerasain sakit gigi kali yaa. Karena emang parah, sakit gigi itu nyiksa abis. Oftentimes, kita ngeliat iklan di tv-tv kalau penyebab gigi ngilu adalah habis minum es, termasuk di dalamnya ada es batu. Nah ini nggak cuma ngilu aja, es batu yang keras bisa mengikis enamel atau lapisan luar dari gigi sehingga menyebabkan masalah terutama buat kamu yang punya gigi sensitif. Jadi, selain rutin untuk ngecek kesehatan gigi, perhatikan juga apa aja yang udah kamu konsumsi yaa, Snackers.

  1. Hilang selera makan

Malas makan | via khasiatobattradisional.com

Coba bayangin kalau ada makanan enak di depanmu like pizza terus kamu nggak ada selera sama sekali buat memakannya. Bukan gara-gara mood yang buruk tapi karena kebiasaanmu mengonsumsi es batu. Males kan?
Telah diuji secara klinis, sering makan es batu dalam jumlah besar cenderung menghilangkan minat atau selera makan, dan hal ini jelas akan memperburuk kesehatan tubuh kamu.

Gimana? Be wise of your consume yaa, Snackers! Minumlah selagi perlu dan sayangi tubuhmu untuk hidup yang lebih sehat. Cheers!

Sumber:
Doktersehat.com
Merdeka.com
Halosehat.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *