Wajib Coba! 8 Warung Soto Terenak di Malang

Molly Molen, Molen Pisang yang Melty Abis di Malang
22 March 2018
Lapis Tugu Malang, Oleh-oleh ‘Mainstream’ Khas Malang
26 March 2018

Wajib Coba! 8 Warung Soto Terenak di Malang

Meskipun kotanya terbilang kecil, Malang ini termasuk salah satu kota dengan segudang kuliner. Malang kuliner macamnya udah nggak kehitung. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, makanan umum, sampai makanan aneh sekalipun. Kali ini, Aremafood pengin bahas yang anget-anget, berkuah, dan yoi banget kalau dimakan waktu Malang lagi dingin-dingin hujan.

Yup, spoiler-nya udah terpampang nyata di judul: Soto. Kamu pasti tahu kan soto itu apa? Soto ini salah satu menu makanan berat yang punya banyak nama di Indonesia. Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging entah ayam, sapi, atau kambing, dan sayuran. Kalau lagi di Malang dan pengin makan soto, maka ada baiknya kalau kamu nyasar dulu di blog ini, Snackers!

Rekomendasi 8 Tempat Makan Soto di Malang

1. Soto Oro-oro Dowo

soto-oro-oro-dowo-malang-aremafood

via travel.radarmalang.id

Jl. Brigjen Slamet Riadi/Oro-oro dowo No. 147C Klojen, Kota Malang

Soto Oro-oro Dowo adalah Soto Ayam Kampung rasa Lamongan. Lho, katanya Malang tapi kok Lamongan? Tenang dulu, Snackers. Warung Soto ini emang menghadirkan rasa soto ayam Lamongan gitu. Mungkin karena empunya asli Lamongan kali ya. Warung sotonya ada di pinggir jalan, yang susah biasanya lahan parkirnya. Dalemnya banyak kalendernya. Eh, sampai lupa ngomongin rasa sotonya kan. Rasa sotonya, enak!

2. Soto Rampal

soto-rampal-malang-aremafood

via tamaliablog.wordpress.com

Jl. Panglima Sudirman No. 71 A Klojen, Kota Malang
Telp. (0341) 369304

Dibilang Soto Rampal karena letaknya dekat Lapangan Rampal. Yang dijual adalah Soto Daging dan Masakan Jawa. Soto ini selalu ramai pengunjung, Snackers. Buka sejak 1957, emang legendaris dan nggak ada sepinya mau sarapan atau makan siang. Kuahnya emang nggak ada dua lah. Bikin pengin nambah lagi, meskipun harganya cukup menguras kantong.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Soto Banjar Terbaik di Banjarmasin!

3. Soto Lombok

soto-lombok-malang-aremafood

via travel.radarmalang.id

Jl. Lombok No.1, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117

Telp. (0341) 366226

Kalau kamu bukan orang asli Malang kemudian mendengar rekomendasi Soto Lombok, jangan salah sangka dulu. Prediksimu mungkin salah. Ini bukan Soto dari Pulau Lombok, bukan juga soto dengan cita rasa pedas. Melainkan lagi-lagi, nama alamat. Ya, soto ayam yang berada di Jalan Lombok. Ini juga selalu ramai, sampai kadang harus sabar-sabar mengantri.

4. Soto Basket

soto-basket-malang-aremafood

via readattoilet.blogspot.co.id

Jalan Majapahit Nomor 38, Kidul Dalem, Klojen

Kalau yang ini, kenapa ya dinamakan Soto Basket? Oh. Gini. Jadi waktu itu empunya lagi capek-capek main basket. Kemudian ngidam soto, karena nyari ke mana-mana nggak nemu, alhasil ngeracik sendiri. Saking gemesnya dan saking ngidamnya.
Percaya nggak, Snackers? Hehe. Jangan dipercaya ya. Gimmick doang ini mah.

Soto Basket ini soto ayam, cocok ke sini kalau pagi-pagi. Lauknya juga banyak banget. Resep asli yang konon katanya nggak berubah sejak 1951. Sempat buka cabang di daerah Lowokwaru, tapi entahlah, masih lebih enak berkunjung ke warung soto basket pertama yang ada di Jalan Majapahit.

5. Soto Pak Amir

Jalan Raya Perusahaan No. 28, Tanjungtirto, Singosari, Tanjungtirto, Singosari, Malang, Jawa Timur 65153

Jangan tanya di manakah Pak Amir berada ketika mengunjungi warung soto yang satu ini. Soalnya Aremafood sendiri juga nggak tahu. Penjual dan pramusajinya kebanyakan perempuan. Hm, perempuan semua malah ya?

Memang agak jauh dari Malang kota. Malah, memang ini termasuk di Kabupaten Malang, di daerah Karanglo. Soto Pak Amir menjual soto daging. Ini enak. Perlu kamu catat, minumannya mungkin nggak cukup pesan sekali, Sncakers sebab teh atau jeruk hangat disajikan di gelas kecil-kecil. Soto daging ini ngangenin bagi beberapa orang yang demen.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan Sate di Malang

6. Soto Sawah

soto-sawah-malang-aremafood

via twidharyoko.files.wordpress.com

Jl. Sasando, Kepuharjo, Karangploso, Malang, East Java, Indonesia

Soto Sawah Pak Tosim beda dari soto-soto lainnya di Malang. Soto sawah Pak Tosim ini menyajikan daging kambing dan jeroan. Buat yang doyan olahan kambing, kamu wajib cobain ini, Snackers. Nggak cuma itu, karena namanya soto sawah jadi otomatis kamu bakal disajikan pemandangan sawah-sawah. Emang nggak pure cantik yang gimana-gimana gitu karena lokasinya masih pinggir jalan, masih sering mobil dan motor seliweran. Tapi ya, bukan tentang di mananya tapi sama siapanya, ya kan? Cihuy!

7. Soto Ambengan

Jl. Pattimura No. 9 Klojen, Kota Malang
Telp. (0341) 326328

Soto Ayam Ambengan di Malang ini memang asli Surabaya cap Bu Keni. Sotonya ya soto ayam seperti pada umumnya tapi porsinya lumayan banyak, Snackers. Tempatnya di pojok jalan, kelihatan kecil padahal besar juga sih kalau udah masuk ke dalam. Cobain!

Baca juga: Mau Soto Ayam Enak? Ke Soto Ambengan Yuk

8. Soto Dhok Bang Ali

Jalan S.P. Sudarmo Kav 20 Malang
Telp. (0341) 418067, 081334112289

Tebak, apa sih yang membuat Bang Ali menamakan warung sotonya adalah Soto Dhok?
Yak! Tepat kalau kamu menjawab dari bunyi. Jadi, sepengalaman Aremafood, ketika sang peracik soto sudah selesai meracik soto dan akan mengantarkan sotonya ke pelanggan, bakal dibunyikan dulu sebuah suara dari apa ya, semacam tongkat kecil ala soto gitu, yang berbunyi “dhok”. Ini adalah soto ayam dengan bumbu khas aceh, Snackers. Lokasinya pinggir jalan, gampang diakses kok meskipun agak jauh dari pusat kota Malang.

 

Sebenernya, masih banyak lagi tempat makan soto di Malang yang wajib kamu kunjungi. Ada Soto di daerah Lapangan Sempu yang bukanya cuma malem lah, ada Soto Yaya yang harganya murah banget, dan lainnya. 8 rekomendasi ini bisa jadi adalah yang terenak dari banyaknya soto-soto enak di Malang.

Nggak pakai lama, yuk lah main ke Malang sekarang! Sebelum kamu kembali ke daerah asal dengan membawa oleh-oleh khas Malang, maunya mampir ke warung soto yang mana nih?

Featured images via jokjaku.wordpress.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *