Sudah Jangan Cemas, Anxiety Disorder Bisa Diatasi dengan 5 Makanan Ini!

“Hari ini mau ngapain ya, kira-kira hari ini aku berguna nggak ya?”, “nulis caption gini nggak ya, tapi ntar kalau dikomen begini aku jadi begitu” ,”tidur nggak ya? kira-kira besok bakal baik-baik aja apa gimana ya? rencanaku besok berhasil nggak ya?”

Yang namanya manusia pasti pernah cemas ya, Snackers. Tapi kalau cemasmu itu sampai ke hal-hal sepele, frekuensinya sering, dan cenderung berlebihan kamu harus hati-hati siapa tahu kamu mengalami yang namanya anxiety disorder. Sebenernya istilah ini udah lama sih, mungkin kamu atau beberapa temen kamu juga udah tahu. Penderita anxiety disorder ini seringnya nggak kerasa kalau dia telah sampai pada level kecemasan berlebih, sampai akhirnya perasaan cemas ini sedikit mengganggu aktivitas sehari-hari.

Aremafood khawatir Snackers sama kamu yang mungkin mengalami anxiety disorder, sebab penderita ini tuh sebenernya ada di sekitar kita lho. Bisa jadi teman dekatmu, cuma dia nggak mau cerita. Anxiety disorder bisa diatasi dengan banyak cara. Selain terapi psikologis, kamu bisa juga curhat kepada orang tepat, nggak kebanyakan mikir, olahraga rutin, sampai dengan menjaga pola makan. Penyakit kecil kok ini tuh, tapi kalau nggak segera diatasi ya bisa berdampak besar. Nih, Aremafood kasih kamu solusi lewat 5 makanan yang bisa atasi anxiety disorder. Psst, kabarin ke  Aremafood kalau ini ngefek buatmu ya!

Baca juga: 8 Makanan yang Ampuh Sembuhkan Galau

  1. Ikan yang tinggi kadar asam lemak atau omega 3
makanan untuk anxiety disorder

via seriouseats.com

Studi singkat pernah dilakukan di Ohio State University. Hasil studi menunjukkan bahwa siswa yang diberi asupan asam lemak omega 3 menunjukkan kadar kecemasan sebesar 20% dibandingkan dengan siswa yang diberi asupan pil plasebo atau pil gula. Makanan khususnya ikan-ikanan seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden terbukti bisa menjadi sumber antidepresan yang baik. Kamu cemas? Makan yang enak-enak aja lah nih!

  1. Makanan yang kaya akan kandungan triptofan
makanan untuk anxiety disorder

via familinia.com

Ahli gizi sekaligus juru bicara American Dietic Association, Manuel Villacorta, MS. RD. menjelaskan, “tryptophan is a precursor toserotonin, and serotonin, a neurotransmitter, helps you feel calm”. Makanan yang kaya akan triptofan seperti susu kedelai, kacang-kacangan, pisang, oatmeal, daging unggas, dan keju bisa membuatmu merasa lebih enakan dan tidak mudah cemas. Cemas pada anxiety disorder adalah cemas yang berlebihan ya, Snackers. Jadi makanan ini bisa membantumu untuk mengurangi tingkat kecemasan.

  1. Telur, dan makanan tinggi protein
makanan untuk anxiety disorder

via foodnetwork.com

Makanan yang kaya protein dapat menstimulus otak untuk menghasilkan norepinephrine dan dopamine yang bisa membuatmu lebih rileks. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Everydayhealth.com juga menunjukkan makanan yang kaya akan vitamin B dan thiamin dapat mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Nah, telur, makanan yang biasa kita konsumsi ini ternyata banyak mengandung protein dan vitamin B yang bisa mengurangi kecemasan alias anxiety disorder. Kombinasi makanan dengan karbohidrat kompleks dan protein bisa membuatmu tenang dan terhindar dari cemas.

Baca juga: Daripada Dumolid, Konsumsi 5 Makanan Ini Biar Kamu Bisa Cepat Tidur!

  1. Yoghurt, serta makanan yang mengandung probiotik
makanan untuk anxiety disorder

via thechrissele.com

Bakteri probiotik yang hidup di dalam usus kita bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan. Pada tahun 2011, sebuah penelitian di Irlandia mengungkap konsumsi bakteri probiotik pada yoghurt dapat mengurangi perilaku terkait stres, kecemasan, dan depresi. Bakteri probiotik ini juga bisa kamu temukan di bawang putih, makanlah makanan yang mengandung bawang putih, apel, serta asparagus.

  1. Teh chamomile atau teh hijau
makanan untuk anxiety disorder

via royalcupcoffee.com

Fakta bahwa teh chamomile dapat menyembuhkan kecemasan sudah dilakukan pada studi di tahun 2009. Gangguan kecemasan ringan sampai sedang dapat diatasi dengan teh chamomile. Begitu pula dengan teh hijau, baik jenis sencha maupun matcha, teh hijau dapat meringankan beban pikiran termasuk kecemasan. Teh hijau kaya akan asam amino L-theanine. Kandungan ini terbukti memiliki efek menenangkan bagi yang mengonsumsinya. Meskipun tidak sedang mengalami anxiety disorder, kedua teh ini cukup ampuh buat bikin mood kamu jadi makin baik dan pikiranmu lebih rileks lho!

Baca juga: 5 Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Super Sibuk

Snackers, kita selalu berharap bisa hidup sehat ya. Tapi kamu jangan takut kalau mengidap anxiety disorder, seperti kata Lisa Gallagher pada tulisannya, “Just because someone has been diagnosed with a mental illness doesn’t mean they are mentally incapable of being productive throughout their lives. It doesn’t mean the person(s) are crazy.” Anxiety disorder bukan sebuah kelemahan, melainkan sebuah penyakit. Penyakit ini juga tidak mengakibatkan seseorang kemudian menjadi tidak memiliki kapabilitas untuk beraktivitas seperti layaknya manusia normal.

So, jangan takut. Setiap orang pasti mengalami kecemasan. Kalau kamu atau teman atau mungkin orang di sekitarmu mengalami kecemasan yang berlebihan, itu baru yang harus ditemenin, bukan malah dijauhin. Banyak-banyak baca artikel terkait atau baca-baca artikel di blog Aremafood aja, banyak tips seputar kesehatan dan kuliner asyik yang bisa bikin kamu sehat dan senang. Don’t be anxy don’t be panic, keep calm and keep in touch with Aremafood ya!

Sumber:

thriveglobal.com
glitzmedia.co
intisari.grid.id

Featured images via unsplash.com

 

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *