keripik

DSC_1032Bentuknya lebar-lebar dan lembut, mirip seperti tiram di laut sehingga disebut sebagai jamur tiram. Tumbuhan bernama latin Pleurotus ostreatus ini adalah jenis jamur yang bisa dimakan.

Di dalam hutan, jamur ini biasanya tumbuh di bawah pohon berdaun lebar atau di bawah tanaman berkayu. Ia tidak membutuhkan banyak cahaya matahari sehingga tumbuh lebih cepat di area yang gelap ketimbang di area terang. Namun, karena jamur ini sekarang sering dikonsumsi masyarakat, tidak sedikit orang yang kemudian membudidayakannya di dalam ruangan.

Jamur tiram ini tidak mengenal musim, kalau pergi ke pasar atau supermarket, kamu akan dengan mudah menemukannya dijual dalam kemasan plastik, mirip seperti gumpalan awan.

Kabarnya, lemak di dalam jamur tiram ini adalah asam lemak tak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol ataupun gangguan metabolisme lainnya. Soal kandungan nutrisi, jamur tiram mengandung aneka vitamin penting seperti vitamin B, vitamin C dan D, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan provitamin D2. Kandungan mineralnya juga tinggi, di antaranya ada Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium dan Magnesium.

Jamur tiram ini cocok dijadikan menu yang sedang berdiet, manfaatnya untuk menurunkan kolesterol, sebagai antibakteri serta antitumor, dan lain sebagainya.

Enaknya dijadikan olahan apa ya si jamur tiram ini?

Biasanya, jamur tiram ditumis dengan irisan bawang dan cabai, kemudian disajikan hangat untuk dikonsumsi dengan nasi. Atau digoreng crispy dan dicocol dengan sambal.

Tetapi ternyata ada cara lain menikmati sehat dan manfaat si jamur tiram ini. Scroll sana sini di timeline Twitter, menemukan sebuah akun bernama @Aremafood. Setelah mengikuti isi timelinenya, ternyata ada produk menarik yang disediakan di online shop Aremafood.com.

Produk keripik jamur aneka rasa, demikianlah pertama kali yang terbaca. Kalau disebut aneka rasa memangnya ada rasa apa saja ya?

Hasrat ingin cicip sana sini semakin memuncak ketika tahu ada lebih dari satu rasa yang ditawarkan. Nih, pilihan rasa keripik jamur Kane Kane yang bisa dibeli di Aremafood.com: Keripik Tempe Kane Kane rasa Original, Balado Pedas, Keju Spesial,  Pedas Rempah, Ayam Bawang, Ayam Taliwang pedas, dan Rendang.

Tampaknya selera menu yang pedas-pedas membimbing untuk mencicipi, Keripik Jamur Kane Kane rasa Rendang, Keripik Jamur Kane Kane rasa Pedas Rempah dan juga Keripik Jamur Kane Kane rasa Ayam Taliwang Pedas. Agar lidah mendapatkan keadilan rasa, akhirnya pesanan ditambah Keripik Jamur Kane Kane rasa Ayam Bawang.

Kamu penasaran bagaimana rasanya? Yah bolehlah dibagi sedikit [spoiler]-nya di sini.

Keripik Jamur Kane Kane rasa Ayam Bawang

Keripik jamur rasa ayam bawang ini juara! Dari lima bintang yang disodorkan, nilainya lima sempurna. Rasanya gurih dan lezat, rasa ayamnya terasa dan nggak bikin tenggorokan kering dan haus melulu. Dan ternyata tebakannya benar, di dalam kemasannya bilang, Keripik Jamur Kane Kane rasa Ayam Bawang ini dibuat tanpa MSG sehingga tidak ada rasa eneg atau haus terus-terusan.

Keripik Jamur Kane Kane rasa Pedas Rempah

DSC_1039

Sesuai dengan namanya, rasa pedas rempahnya memang mendominasi keripik jamur ini secara keseluruhan. Merasakan setiap senggolan rempahnya, jadi ingat pelajaran sejarah yang menceritakan kalau Indonesia ini adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Dan keripik jamur Kane Kane rasa Pedas Rempah ini memang berhasil membuktikan kalau rempah Indonesia bikin keripik jamur jadi semakin enak dan bikin ketagihan. Kamu pecinta pedas, nggak boleh sampai melewatkan rasa yang satu ini.

Keripik Jamur Kane Kane rasa Ayam Taliwang Pedas

Masih soal selera yang pedas-pedas, nggak nyangka aja kalau menu masakan ayam Taliwang khas Lombok ini bisa diusung sempurna oleh keripik jamur Kane Kane rasa Ayam Taliwang Pedas. Rasanya nggak jauh berbeda seperti sensasi makan ayam Taliwang yang sesungguhnya. Selain itu, pedasnya juga pas sehingga nggak bikin tenggorokan terasa seperti terbakar.

Keripik Jamur Kane Kane rasa Rendang

Onde mande, lamak bana! rasa rendang di dalam keripik Jamur Kane Kane ini benar-benar nendang. Sama sekali tidak gagal dan rasanya otentik, sangat rendang sekali.

Berpindah dari satu bungkus keripik satu ke bungkus yang lain ada pengalaman rasa yang berbeda. Kalau biasanya makan rasa yang ini dan itu seperti tidak ada bedanya, kamu bakal menemukan setiap nama bumbu yang dipakai seperti nyawa si keripik jamur itu sendiri. Pokoknya, benar-benar seperti sedang makan masakan itu deh.

Ok, kami sudah mencicipi aneka rasa keripik jamur Kane Kane ini mulai dari keunikan masakan Sumatera Barat sampai ke Lombok. Semoga nanti si keripik Jamur Kane Kane ini bisa menyimpulkan dan menghadirkan aneka masakan seluruh Indonesia ya :p

14 December 2013

Keripik Jamur Tiram Kane Kane, ‘Perpustakaan Kecil’ Kelezatan Masakan Indonesia

Bentuknya lebar-lebar dan lembut, mirip seperti tiram di laut sehingga disebut sebagai jamur tiram. Tumbuhan bernama latin Pleurotus ostreatus ini adalah jenis jamur yang bisa dimakan. […]
14 December 2013

Cuma Keripik Tempe Kane Kane Yang Rasanya Indonesia Banget

Jalan-jalan ke kota Malang, selain berburu buah apel, jangan lupa memborong aneka keripik tempenya. Keripik tempe khas kota Malang ini rasanya renyah dan gurih. Pertama-tama, tempe […]
12 December 2013

Keripik Buah Salak, Crispy dan Renyah

Salak adalah buah asli dari Indonesia, biasanya disajikan di meja makan sebagai camilan segar atau pencuci mulut. Buah salak juga bisa dijadikan manisan maupun rujak atau […]