Kuliner Nusantara

Haloo Snackers, apa sih yang ada di pikiranmu ketika kali pertama denger kata “Palembang”? Pempek? Ampera? Sriwijaya FC? Atau apa lagi deh?

Datang ke kota Palembang nggak afdol nih ya kalau belum cobain pempek. Tapi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Palembang karena pempek sudah mudah didapatkan.

Adalah Dapur Palembang, sebuah resto di kota Malang yang menjual aneka sajian khas Palembang. Mulai dari pempek, lenggang, tekwan, celimpungan, hingga otak-otak. Soal rasa, Mimil yakinin deh kamu serasa lagi makan di kota aslinya, Palembang.

Oh iya, kamu juga nggak harus dateng langsung ke resto ini karena Dapur Palembang melayani pengiriman baik ke dalam maupun luar kota Malang. Kereenn!

Hari Sabtu kemarin, Mimil berkesempatan buat nyobain beberapa menu spesial dari Dapur Palembang. Ada pempek komplit termasuk pempek kapal selam, lontong sayur, tekwan, lenggang panggang, dan sempet juga ngerasain segernya es kacang merah.

Penasaran gimana rasanya? Baca artikel ini sampai habis yaa! 😀

Lontong-Sayur-Dapur-Palembang-Aremafood

Lontong Sayur, meski bukan menu khas Palembang, Dapur Palembang mencoba membuat semangkuk lontong sayur yang rasanya lumayan boleh dicoba. Gurih dan manisnya kuah santan yang kental dipadu dengan sayur manisah alias labu siam juga sayur buncis. Lontong dengan tekstur yang lembut, telur ayam rebus, disajikan dengan potongan bawang goreng dan nggak ketinggalan, kerupuk udang juga diberikan untuk melengkapi hidangan ini. Walaupun bukan menu asli Palembang, lontong sayur yang satu ini juga wajib kamu cobain.

Tekwan-Dapur-Palembang-Aremafood

Next ada Tekwan, olahan pempek yang berisikan bakso ikan, suun, irisan timun, bawang goreng, sedap malam, bengkoang, udang, dan jamur kuping disiram dengan kuah sup kaldu udang yang menghasilkan rasa asam manis yang pas.

Kenyal dan lembutnya bakso ikan yang ada di tekwan bikin kamu nggak capek buat mengunyah. Tekwan paling enak disantap ketika masih hangat.

Lenggang-Panggang-Dapur-Palembang-Aremafood

Adapula lenggang panggang, olahan pempek yang berbentuk persegi panjang ini dipanggang bersama telur bebek. Tiap makan satu irisan, kamu wajib mencocolnya dengan kuah pempek biar rasa gurihnya makin dapet. Meski sedikit alot karena kulitnya yang dipanggang, lenggang panggang ini tetap jadi menu yang nggak boleh kamu lewatkan.

Pempek-Palembang-Pempek-Komplit-Dapur-Palembang-Aremafood

Menu yang terfavorit dan nggak boleh dilewatkan adalah pempek. Pempek komplit yang berisi pempek kulit, pempek pistel, pempek lenjer, pempek telur, pempek adaan, pempek keriting, ditambah mie ala Dapur Palembang ini bener-bener beda dari pempek yang dijual di pinggir jalan. Empuk, kenyal, rasa ikannya sedap, dan bau amis dari ikannya hilang. Kamu nggak bakal pernah puas cobain satu macem aja karena pempek ini bener-bener bikin nagih!

Olahan pempek lain seperti pempek kapal selam juga sempet Mimil cobain. Ukurannya jumbo, isi telurnya juga gak bohong.

Soal kuah, Dapur Palembang menyediakan dua macem kuah: manis dan pedas. Kalau saran Mimil nih, coba kamu campur saja kuahnya biar bisa dapetin pedas yang sedang dan mantap. Rasa kuah yang asam, manis dan sedikit kecut-kecut cuka. Dilengkapi dengan irisan mentimun, bikin sensasi makan pempek makin nikmat.

Es-Kacang-Merah-Dapur-Palembang-Aremafood

Sebagai hidangan penutup, es kacang merah adalah pilihan yang tepat. Segar, dingin, manis, dipadu dengan kacang merah yang gurih. Sllrrupp! Bikin pengin cobain lagi, lagi, dan lagi he he

Gimana? Udah pada ngiler belum? Langsung order aja yuk, Snackers!

Dapur Palembang
Jalan Tumenggung Suryo No 21 F Malang
Pin BB           : 290A0F0E
WA                 : 082257880080
LINE              : susandapurpalembang
Facebook      : Dapur Palembang
Twitter          : @dapurpalembang
Instagram     : @dapur_palembang

Penulis:
A.K

7 June 2016

Nguliner Palembang di Dapur Palembang Yuk!

Haloo Snackers, apa sih yang ada di pikiranmu ketika kali pertama denger kata “Palembang”? Pempek? Ampera? Sriwijaya FC? Atau apa lagi deh? Datang ke kota Palembang […]
21 November 2015
Makanan Hujan

10 Sajian yang Harus Dikonsumsi Waktu Lagi Hujan

Sudah bulan November nih, Snackers! Di banyak daerah di Indonesia, sudah memasuki musim penghujan. Kalau daerahmu udah hujan  belum, Snackers? Ngomong-ngomong soal hujan. Paling enak kalau […]
7 November 2015

6 Kado Kue Ulang Tahun yang Nggak Bisa Ditolak

Snackers, siapa nih yang lagi ulang tahun di Bulan November? Mimil mau ngasih info dulu deh tentang kue-kue yang bisa jadi pilihan Snackers untuk dihadiahkan di […]