makanan pencegah pilek

Di setiap musim penghujan, akan selalu ada hujan yang dengan sigap membuat kita pilek seketika. Sebenarnya ini udah mau peralihan ke musim pancaroba ya, Snackers. Tapi, di beberapa daerah masih hujan terus tuh. Di daerah kamu juga, enggak?

Ngomong-ngomong soal pilek, selain solusinya adalah sebisa mungkin jangan kehujanan, kamu juga harus mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti yang bakal Aremafood jelasin nih. Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. Nah, beberapa makanan berikut adalah penangkal alami dari penyakit pilek.

Pilek sebaiknya jangan dipelihara lama-lama, enggak enak banget kalau pilek kan? Sebaiknya waktu tahu pilek, langsung cari cara untuk menyembuhkannya. Namun bagi beberapa orang, yang mungkin termasuk kamu, masih punya kebiasaan yang “pilek doang, nanti juga sembuh”. Pilek harus cepat sembuh ya, Snackers. Sebab banyak penyakit kompilasi yang lebih membahayakan lainnya yang berawal dari pilek. Sinusitis, misalnya.

 

So, inilah beberapa makanan untuk meredakan pilek!

  1. Sup ayam

Sup ayam atau cream soup atau punya sifat yang cair lagi hangat. Enggak susah dicerna saat pilek dan langsung bisa menghangatkan tubuh. Sup ayam bisa menekan peradangan saat pilek dan flu, mencairkan lendir sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan tenggorokan akan berkurang. Beberapa campuran sayur lainnya dalam sup ayam juga membantu meredakan pilek secara simultan. Sup ayam bukan sekedar nutrisi saat pilek, tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Bawang putih

makanan untuk difteri

via pinterest.com

Mungkin ini masih asing bagimu dan terdengar aneh. Tapi, mengonsumsi satu atau dua siung bawang putih setiap harinya saat pilek bisa mempersingkat durasi pilekmu lho. Bawang putih punya zat antivirus khusus yang bisa mencegah pilek dan flu. Senyawa minyak allicin dalam bawang putih ampuh untuk melawan pilek dan flu yang berkepanjangan.

  1. Madu

madu hutan organik murni asli online

via lemonandhoney.wordpress.com

Rajanya obat dari segala obat, madu agaknya adalah obat pada hampir semua penyakit. Makanya, membiasakan diri mengonsumsi madu setiap hari adalah cara baik untuk hidup sehat. Sesendok madu saat sakit tenggorokan dan pilek dapat membuat tubuhmuu baikan. Madu mengurangi batuk, menyembuhkan iritasi, efektif melawan pilek dan penyakit lainnya, serta baik untuk dikonsumsi segala usia.

 

Baca juga: Dari Bikin Seger Sampai Cegah Kanker, Ini 7 Fakta di Balik Manisnya Madu!

  1. Teh hijau

makanan untuk anxiety disorder

via royalcupcoffee.com

Teh hijau meskipun rasanya lebih pahit dari teh tawar dan teh manis yang biasa kamu pesan, tapi antioksidannya lebih tinggi lho. Teh hijau bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan bakteri dan virus penyebab pilek, dan kaya akan manfaat lainnya. Hangatkan diri dengan minum segelas teh hijau baik pagi atau malam hari untuk meredakan pilekmu.

  1. Makan makanan yang kaya akan vitamin C

Via bibitbunga.com

Gejala pilek dan flu paling banyak membutuhkan vitamin C. Vitamin C pada buah dan sayur seperti stroberi, jeruk, dan tomat dapat membangun sistem kekebalan tubuhmu secara lebih baik. Oh iya Snackers, meskipun sekarang udah buanyak banget suplemen vitamin C tapi sebaiknya tetap diimbangi dengan konsumsi vitamin C asli langsung dari sayur atau buah ya.

Baca juga: Marak Penyakit Difteri, Cegah dengan Konsumsi 3 Makanan Ini!

  1. Daging tanpa lemak

Zat besi pada daging tanpa lemak bisa membuat sistem kekebalan tubuhmu makin kuat. Ada kandungan zinc dan mineral lain dalam daging tanpa lemak yang bisa mencegah infeksi saat pilek. Makanlah sepotong daging merah tanpa lemak baik itu daging ungggas, ikan, atau kerang, sehingga kamu bisa melawan kuman atau virus penyebab pilek.

 

Sebenarnya banyak lagi lainnya, Snackers. Nih Aremafood kasih rekapitulasi aja ya.

  1. Untuk meningkatkan imun: buah-buaha sirtus yang mengandung vitamin C, cabai atau makanan pedas dalam jumlah ideal, buah beri, dan susu
  2. Untuk membasmi kuman penyebab pilek: jahe, bawang putih, minyak zaitun, dan madu
  3. Untuk menyembuhkan pilek: ikan berminyak yang kaya akan omega-3, teh hijau, air mineral, dan sup ayam
  4. Untuk menjaga kesehatan: perbanyak konsumsi sayuran yang kaya akan beta karoten, keju, roti bakar, serta buah-buahan seperti pisang dan apel

Nah, sudah lumayan komplit belum penjelasan dari Aremafood tentang makanan untuk melawan pilek? Semoga bisa membantumu dalam memerangi pilek ya, Snackers. Buat kamu yang lagi pilek, semoga cepat sembuh!

A.K

14 March 2018

Musim Pilek, Atasi Dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!

Di setiap musim penghujan, akan selalu ada hujan yang dengan sigap membuat kita pilek seketika. Sebenarnya ini udah mau peralihan ke musim pancaroba ya, Snackers. Tapi, […]