Makanan

Snackers, banyak hal di dunia ini yang terlahir untuk tidak bersama. Seperti Mimil dan mantannya Mimil *ehh* dan seperti beberapa makanan yang bakal Mimil jelasin di artikel kali ini.

Beberapa makanan ini berbahaya bila dikonsumsi bersamaan. Kenapa bahaya? karena emang nggak baik untuk tubuh, yaa.. meskipun mungkin efeknya baru kerasa beberapa tahun kemudian tapi ini bisa menyebabkan penyakit, Snackers. Siapa sih yang mau sakit? Nggak ada, kan? Yuklaah langsung simak! 😀

  1. Produk kedelai + bayam

    Via royco.co.id

    Via royco.co.id

Mungkin sudah jadi kebiasaanmu memakan sayur bayam dengan lauk tempe, tahu, dan beberapa lauk produk kedelai lainnya. Tapi apa kamu tahu kalau ini nggak baik?

Bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang terkandung pada kedelai dan di dalam usus membentuk endapan yang tidak dapat larut yaitu kalsium oksalat. Kedelai dan bayam yang dimakan bersamaan akan memengaruhi penyerapan kalsium sehingga  menyebabkan penyumbatan di perut.

Kalau sampai sekarang masih terbiasa makan bayam dan produk kedelai bersamaan, mendingan hentikan ya Snackers. Kamu lebih baik menikmati olahan sayur bayam dengan beberapa lauk yang tidak kalah enak seperti telur atau dadar jagung.

  1. Daging Kambing + SemangkaDaging-Kambing-dan-Semangka-Aremafood

Olahan daging kambing banyak sekali macamnya. Tak jarang, buah semangka dijadikan sandingan biar terasa makin segar. Namun, ternyata hal ini justru berbahaya.

Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging kambing dasarnya “panas” di tubuh. Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bahkan, bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.

Setelah makan olahan daging kambing lalu mengonsumsi buah semangka atau minum jus semangka juga berbahaya ya, Snackers. Kamu juga harus berhati-hati dalam mengolah daging kambing, ya. Setelah tahu info ini jangan lagi menggunakan semangka sebagai campurannya J

  1. Kepiting + tehKepiting-dan-Teh-Aremafood

Siapa yang gak doyan kepiting??

Seafood-lovers pasti nggak pernah melewatkan nikmatnya olahan kepiting. Meski dibanderol dengan harga yang cukup merogoh kocek, kepiting selalu dicari dan digemari. Tapi, sadar nggak sih apa yang kamu minum setelah makan olahan kepiting?

Mimil mau ngingetin nih, Snackers. Jangan pernah coba-coba untuk minum teh setelah makan kepiting, ya. Mengonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika memakan kepiting, cairan lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini tidak hanya mengganggu asimilasi, tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan.

Ngeriii kan? Lebih baik, netralkan olahan kepiting dengan air mineral ya, Snackers.

  1. Udang + vitamin C
Via portalkesehatan.com

Via portalkesehatan.com

Mimil pernah membaca berita mengejutkan, ada seseorang yang meninggal dengan kelima panca inderanya mengeluarkan darah. Ternyata, hal itu terjadi karena seseorang tersebut baru saja mengonsumsi udang lalu minum air jeruk, Snackers.

Bahaya banget ya? Jelas! Ini adalah sebuah kasus yang sangat serius. Udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Risikonya, dapat mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, hingga pembuluh darah melebar.

Aduhh.. Mimil jadi ngeri bayanginnya. Jangan coba-coba ya, Snackers!

  1. Kesemek + Ubi jalarKesemek-dan-Ubi-Jalar-Aremafood

Meski buah kesemek datengnya musiman, kamu tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Mengonsumsi kesemek dan ubi jalar bersamaan pun dalam jeda waktu yang sangat berdekatan bisa membahayakan tubuhmu, Snackers. Asam hidroklorik yang dihasilkan oleh ubi jalar dapat menyebabkan buah kesemek mengendap dalam tubuh Hasil endapan tersebut tidak dapat larut, sehingga akan mengganggu pencernaan.

  1. Susu + cokelat
Via asiatrvl.com

Via asiatrvl.com

Seringkali tanpa disadari, kita nggak bisa menolak jika diberi suguhan susu dan cokelat. Tapi, alangkah baiknya ketika kita tidak mengonsumsi ini secara bersamaan ya, Snackers.

Susu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan cokelat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila mereka dimakan bersamaan.

Lebih baik, makanlah satu per satu namun dalam jeda waktu yang cukup panjang ya, Snackers.

  1. Susu kedelai + telur
Via cantikalamiku.com

Via cantikalamiku.com

Buat kamu yang suka nongki-nongki asik bersama teman, nongki-nongki di pinggir jalan seperti warung STMJ. Kamu harus lebih hati-hati, Snackers. Ketika kamu memesan STMJ, pastikan S alias susu bukan susu kedelai.

Sebab jika iya, susu kedelai dan telur berbahaya bila dikonsumsi secara bersamaan. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Berbeda dengan susu kedelai yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease, yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

Pengetahuan tentang food combining ini tidak boleh kamu sepelekan. Maksud hati ingin mendapat gizi yang maksimal dan tinggi tapi malah mengendapkan racun di dalam tubuh, nah ini jelas sangat berbahaya.

Kamu boleh mengonsumsi apapun karena pada dasarnya semua makanan diciptakan dengan gizi yang baik untuk tubuh. Namun, pilihlah makanan yang benar-benar baik untuk tubuhmu, jadilah pemakan yang bijaksana agar makanan dan organ dalam tubuh bisa bekerjasama dengan baik untuk membuatmu sehat.

Be smart, be wise, and stay healty ya, Snackers! 😀 (a.k)

Sumber:
bintang.com
sehatnesia.com 

Penulis:
A.K

28 May 2016

7 Pasang Makanan yang Bahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

Snackers, banyak hal di dunia ini yang terlahir untuk tidak bersama. Seperti Mimil dan mantannya Mimil *ehh* dan seperti beberapa makanan yang bakal Mimil jelasin di […]
13 February 2016

Valentine? Hadiahkan Makanan Ini Untuk Orang Spesialmu!  

  Happy Valentine, Snackers! Ups, belom ya? Baru besok ya? Mimil saking semangatnya nih jadi ngucapinnya duluan hehe.. Bulan Februari kata orang bulan kasih sayang ya, […]