oleh-oleh khas malang

Merdeka! Momen 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu sama hampir seluruh masyarakat Indonesia. Gimana enggak, Agustus adalah momen bersejarah bagi Indonesia karena ada hari di mana Indonesia telah dinyatakan merdeka.  Selain biasanya dirayakan dengan berbagai lomba, semarak agustusan  juga selalu ada yang namanya syukuran, bancakan, selametan, hm ya you name it. Di daerah tempat kamu tinggal, biasanya ada nggak sih makanan serba merah putih gitu, Snackers? Nih sepengetahuan Aremafood selain biasanya makanan yang disajikan itu serba merah putih, ada juga yang sampai dibikin lomba lho. Lomba membuat, memasak, mengolah, atau mengkreasikan makanan serba merah putih.

Meskipun tanggal 17 Agustus sudah lewat beberapa hari (sejak artikel ini terbit), tapi acara untuk memeriahkan momen 17 Agustus biasanya masih tetep berlangsung bahkan sampai awal September mendatang. Iya nggak?
Aremafood juga masih punya sederetan acara yang berkaitan sama semarak HUT RI ke-72 lho, Snackers. Pastikan kamu nggak kelewatan semua acara ini ya. Anyway, 7 makanan serba merah putih ini bisa jadi alternatifmu buat merayakan momen 17 Agustus biar semakin Indonesia! Yang mana nih yang biasanya ada di daerahmu?

Baca juga: Merdeka! Ulang Tahun Indonesia ke-72, Meriahkan 17an 2017 Bareng Aremafood!

  1. Tumpeng merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via travel.kompas.com

Perayaan model selametan atau syukuran gitu emang biasanya nggak lepas dari yang namanya tumpeng, Snackers. Kamu pasti tahu tumpeng kan? Yup, penyajian nasi berbentuk kerucut beserta lauk-pauk di bawahnya di atas tempeh dan dialasi daun pisang. Sejak zaman Indonesia belum merdeka, tumpeng biasanya disajikan untuk merayakan peristiwa penting.
Seiring dengan perkembangan zaman, tumpeng sering banget divariasi dengan model dan isian yang nggak itu-itu aja. Tumpeng merah putih bisa dibuat dengan nasi tomat berwarna merah dan nasi putih seperti biasa, ini bisa kamu jadikan sajian bersama orang-orang sekampung buat merayakan momen 17an biar semakin Indonesia!

  1. Kue tart merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via driscolls.com

Masa iya makan kue tart cuma pas kamu ulang tahun atau si dia ulang tahun?
Ulang tahun Indonesia juga dong harusnya! Rayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia pakai kue tart spesial merah putih. Kue tart ini biasanya bisa juga diganti sama strawberry shortcake, bolu, atau cupcake. Kamu bisa mengkreasikan kue tart cantik versimu dengan bikin sendiri, desain atau bentuk sesuka hati, biar ulang tahun Indonesia meriahnya makin-makin.

Baca juga: 6 Kado Kue Ulang Tahun yang Nggak Bisa Ditolak

  1. Martabak manis merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via Instagram.com/markobar1996

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, empunya Markobar 1996 juga punya ide bagus buat bikin hari kemerdekaan Indonesia semakin Indonesia. Ada martabak manis merah putih, yang juga ramai dibuat oleh pelapak martabak manis atau terang bulan lainnya. Mumpung Agustus, kamu bisa beli nih martabak manis merah putih spesial kemerdekaan.
Kalau kamu mau bikin sendiri juga sah-sah aja, Snackers. Kudapan martabak manis cocok buat dimakan rame-rame bareng temen atau keluarga. Buat bikin martabak merah putih, kamu bisa kreasi di topping atau membuat martabak red velvet dengan topping susu kental manis putih atau white chocolate. Hmmm mantap!

Baca juga: Terang Bulan Spesial Khas Terbul Merona

  1. Klepon merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via cookpad.com

Nggak cuma makanan serba merah putih yang kekinian aja yang bisa kamu hidangkan, Snackers. Ada klepon merah putih dengan bahan tradisional yang gampang banget bikinnya. Tinggal pakai pewarna makanan aja kok. Kamu bisa bikin sate klepon merah putih, ongol-ongol merah putih, atau cenil merah putih. Makanan pribumi ini siapa tahu bisa bikin kamu makin nasionalis, Snackers hehe ya nggak?

  1. Puding merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via buonapappa.net

Beranjak ke dessert, ada puding merah putih yang bisa kamu bikin buat melengkapi sajian serba merah putih spesial kemerdekaan. Puding merah putih gampang banget bikinnya, puding instan merah disandingkan sama puding instan warna putih. Atau bisa juga kamu bikin sendiri dengan bahan-bahan dasar seperti santan, ubi, susu, dan lain-lain. Warna merah putih selain kamu bisa aplikasikan menggunakan pewarna makanan, bisa juga kamu ambil dari buah-buahan seperti semangka, stroberi, leci, dan lain-lain.

  1. Jus merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via bluepackerid.com

Slurrp! Buat melegakan dahaga dan biar makin komplit, sajikan juga minuman bernuansa merah putih. Kamu bisa bikin nih Snackers jus merah putih. Jus semangka pakai susu, smoothies sirsak dan stroberi, buah naga merah dan leci, yah apapun deh bisa kamu kreasikan. Selain bikin meja makan makin Indonesia, jus merah putih ini pasti bikin mata dan tenggorokan makin seger! Aremafood ada ide! Gimana kalau meminumnya sambil diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya? Emm jayus sih, tapi biar makin Indonesia banget gitu kan nggak apa kali ya. Hehe.

  1. Malang Strudel merah putih
Makanan Serba Merah Putih

Via Instagram.com/strudelmalang

Siapa nggak tahu Malang Strudel? Oleh-oleh kekinian khas Malang besutan Teuku Wisnu ini sudah jadi favorit banyak orang. Di momen 17 Agustus, Malang Strudel juga mengeluarkan varian spesial kemerdekaan lho. Ada strudel merah putih yang bisa kamu beli langsung lewat Aremafood di sini, Snackers!
Malang Strudel edisi spesial yang cuma ada setahun sekali ini nggak boleh kamu skip gitu aja, Snackers. Selain meramaikan momen kuliner agustusanmu, Malang Strudel merah putih ini juga tetep hadir dengan cita rasa yang oke punya lho. Yakin nggak mau cobain?

Baca juga: Wow! Pertengahan 2017, Sudah Ada 40 Kue Kekinian Ala Selebritis! Mana Favoritmu?

That’s it, Snackers. Banyak hal yang bisa kamu lakukan buat memperingati hari kemerdekaan Indonesia termasuk dengan memeriahkan acara syukuran dengan makanan atau minuman yang serba merah putih. Selain 7 kreasi makanan serba merah putih yang udah Aremafood sebutin tadi, kamu punya ide bikin apalagi nih buat bikin ulang tahun Indonesia semakin Indonesia? Share di kolom komentar ya!

Featured images via whatsnewjakarta.com

A.K 

19 August 2017
Makanan Serba Merah Putih

7 Makanan Serba Merah Putih Ini Bikin Momen 17 Agustusmu Semakin Indonesia!

Merdeka! Momen 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu sama hampir seluruh masyarakat Indonesia. Gimana enggak, Agustus adalah momen bersejarah bagi Indonesia karena ada hari di mana Indonesia telah […]
11 August 2017
Vinz Ice Cream Malang

Ngemil Seger di Vin’z Ice Cream, What A Mouthgasm!

Snackers, kalau kamu berkunjung ke Malang terus pengin ngemil tapi nggak pengin kenyang-kenyang banget, pengin yang seger-seger, pengin nongkrong agak lamaan sama temen-temen, kamu boleh cobain […]
10 August 2017
Kopi dan kepribadian

Menebak Karakter Orang Lewat Kopi Yang Biasa Diminum. Kamu, Bener Nggak?

Kopi, minuman yang nggak asing untuk kita ini memang banyak penikmatnya. Penikmat kopi selalu punya cara tersendiri untuk meminumnya. Di waktu yang kapanpun, penikmat kopi bahkan […]
7 August 2017
Sus Kering Emmh Snack

Sus Kering Emmh Snack, Nikmat Mana yang Kau Desahkan?

Sus kering premium ala Emmh Snack adalah sus kering yang punya rasa kekinian dan dikemas di stand up pouch dengan desain yang kece. Kamu pasti udah […]