pia pelampung

Kembar? Kok bisa kembar? Kembar di mananya sih? Kembar gimana sih?
Itu kah yang ada di pikiranmu ketika baca judul ini, Snackers? Baiklah baiklah baiklah, akan Aremafood jelaskan. So, baru banget Aremafood tahu kalau ternyata ada Pia Cap Patma dan Pia Cap Pelampung yang udah lama diproduksi di Kota Malang. Di kemasannya, kedua pia ini sama-sama bertuliskan oleh-oleh khas Malang lho. Keren, oleh-oleh khas Malang ternyata banyak banget macem dan pilihannya ya. Kalau kamu cuma tahu yang itu-itu, berarti bisa jadi kamu kurang lama nih main ke Malangnya!

Pia khas Malang

Pia khas Malang

Pia Cap Patma dan Pia Cap Pelampung ini diproduksi di daerah Araya, Malang. Pia ini sejatinya satu produksi tapi beda brand, makanya dibilang kembar. Bentuk kemasannya mirip, hanya beda warna aja. Bentuk pianya, plek. Kalau nggak dirasain, bakal susah bedainnya. Seperti pada umumnya, pia ini terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, telur, dan minyak nabati, serta diolah dengan variasi isi yang macam-macam. Kehadiran Pia Cap Patma dan Pia Cap Pelampung ini otomatis turut meramaikan aneka ragam kuliner yang ada di Malang.

Baca juga: Pia Cap Mangkok, Oleh-oleh Khas Malang yang Selalu Diminati Sejak 1959

Pia khas Malang

Pia khas Malang

Pia Cap Pelampung bisa kamu beli di sini. Dominan biru pada kemasannya, pia ini memiliki lima varian rasa. Kacang ijo, kurmo, keju, coklat, dan tangkwee. Beratnya sekitar 500-600 gram. Untuk Pia Cap Pelampung, Aremafood baru cobain yang rasa kacang ijo aja. Tekstur kulit luarnya kasar, Snackers. Terus isinya, karena ini rasa kacang ijo, warnanya oranye kecoklatan gitu. Rasanya kacang ijonya nggak terlalu kuat malah cenderung manis, manisss banget.

Tekstur fillingnya ini kalau dirasa-rasain juga termasuk kasar sih. Kasar di sini tuh maksudnya kayak gimana ya, kayak dangkal gitu di mulut. Khas pianya nggak hilang memang, tapi rasanya agak keras. Cukup susah buat kakek atau nenek kamu yang sudah nggak bergigi buat makan ini. But ya, meskipun so-so pia ini bisa jadi alternatif oleh-oleh khas Malang kalau kamu mau, Snackers.

Baca juga: Pai Apel Malang, Oleh-oleh yang Katanya Malang Banget! Udah Pernah Coba?

Pia khas Malang

Pia khas Malang

Sementara itu, saudara kembarnya yakni Pia Cap Patma punya cita rasa dengan level di atas Pia Cap Pelampung. Varian rasanya sama, ada kacang ijo, kurmo, keju, coklat, dan tangkwee. Dikemas di kotak berwarna merah muda. Kalau dikomparasikan, Pia Cap Patma ini teksturnya lebih lembut baik dari kulit maupun isinya. Kamu bisa beli pia ini sekarang juga di sini, Snackers.

Dikemas dengan jumlah total 12 pia dalam satu kotak, kamu bisa custom mau rasa apa aja atau bisa juga rasa campur. Kebetulan nih untuk Pia Cap Patma, Aremafood udah cobain yang rasa kacang ijo dan coklat. Enak sih, kacang ijo dan coklatnya berasa. Kulitnya rontok-rontok gitu, tapi masih wajar sih karena biasanya juga pia itu kulitnya rontok gitu kan. Intinya, dibandingin Pia Cap Pelampung, Pia Cap Patma ini lebih halus teksturnya.

Baca juga: Bakpao Sayang, Bakpao yang Istimewa

Pia khas Malang

Pia khas Malang

Keduanya memiliki ketahanan selama satu bulan. Kalau kamu membeli pia ini, pastikan kamu menerima pia yang paling baru diproduksi ya. Kamu nggak perlu khawatir, karena pia ini diproduksi hampir setiap hari kok. Menikmati pia nggak harus tunggu dibeliin dari oleh-oleh, nggak perlu juga nunggu membelikan keluarga buat oleh-oleh baru kamu bisa ikutan makan pia, tapi pia fine fine aja kalau dijadikan camilan sehari-hari kok. Malah, dengan bahan dasar yang terbilang berat ini, pia bisa jadi camilan yang cukup mengenyangkan dan cocok kalau buat ganjel perut pas lagi laper-lapernya lho.

Anyway, sekarang udah jelas kan perbedaan dari si kembar Pia Cap Patma dan Pia Cap Pelampung? Kalau kamu belum percaya, kamu bisa buktiin sendiri deh. Kamu bisa belanja online di sini atau bisa banget ke Malang langsung buat explore Malang. Setelah puas liburan dan menikmati keindahan alam di Kota Malang, mumpung udah kenal sama Pia Cap Patma dan Pia Cap Pelampung, baru deh beli kedua pia ini dulu buat oleh-oleh sebelum kamu pulang ke habitat daerah asal. Eh tapi ngomong-ngomong, biasanya kamu beli oleh-oleh khas Malang apa sih buat keluargamu? Share di kolom komentar ya Snackers!

Baca juga: 4 Camilan Oleh-oleh Asli Kota Malang

A.K 

22 July 2017
Pia khas Malang

Pia Cap Patma dan Pia Cap Pelampung: Kembar Tapi Beda

Kembar? Kok bisa kembar? Kembar di mananya sih? Kembar gimana sih? Itu kah yang ada di pikiranmu ketika baca judul ini, Snackers? Baiklah baiklah baiklah, akan […]