pola makan baik

Lebaran sudah lewat berapa minggu ya? Waktu puasa kemarin, berat badan kamu naik, turun, apa tetep nih? Berdasarkan survey Aremafood, kebanyakan dari kamu pasti seneng pas puasa kemarin berat badannya turun. Tapiii, harus rela naik lagi waktu lebaran. Gimana nggak naik, tiap bersilaturahim serasa ditawarin makan terus. Bener nggak?

It’s okay, Snackers. Itu common problems di tiap tahunnya, sampai banyak banget orang-orang kreatif yang bikin meme kayak ini nih:Badan lebaran pasca lebaran

Lucu sih ya, niatnya lebaran malah badan ikutan lebar-an. Kaum hawa yang biasanya perhati banget soal berat badan pasti kepikiran nih. Nggak usah khawatir, Aremafood sudah merangkum tiga cara untuk mencegah dan atau mengatasi berat badan yang melebar pascalebaran. Check this out!

Baca juga: 5 Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Super Sibuk!

  1. Kamu cuma lapar mata, makanlah sebelum kenyang
Badan lebaran pasca lebaran

via seruni.id

Mana ada kue lebaran yang nggak menarik perhatianmu? Setelah sebulan berpuasa, maklum banget kalau kamu pengin cobain ini itu waktu lagi berkunjung ke rumah saudara. Semua yang disajikan di meja, terasa begitu menggoda.

Belum lagi tawaran makan opor ayam, ketupat, kari ayam, dan sebangsanya yang cuma musim pas lebaran itu. Beuh, nggak bisa ditolak! Tahan Snackers, kamu itu cuma lagi laper mata. Kamu boleh pilih makanan suka-suka, tapi ingat kamu harus tetep berhenti makan sebelum kenyang ya.

Kamu juga sebaiknya mengenali rasa kenyangmu. Jangan memforsir untuk terus makan, apalagi memaksa tubuhmu untuk makan sehingga membuatnya terlalu penuh. Kamu bisa-bisa malas gerak nih kalau makanan udah overload masuk ke tubuh kamu. Intinya, jangan makan berlebihan ya.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Makan

  1. Jaga pola makanmu, termasuk frekuensi, porsi, dan jenisnya
Badan lebaran pasca lebaran

via buahaz.com

Penting banget menjaga kesehatanmu di saat lebaran dan pascalebaran. Waktu puasa, kamu sudah dilatih dengan pola makan sehat. Selepas itu, jangan sampai kamu jadi rakus ya. Menjaga pola makan itu perlu.

Kamu harus bisa mengatur frekuensi makanmu. Kapan kamu harus makan, kapan kamu harus berhenti makan. Porsi juga, jangan mentang-mentang habis puasa sebulan kamu langsung makan dengan porsi yang berjibun ya. Pikir dulu kira-kira kamu kuat nggak menghabiskan makanan itu.

Kalau jenis makanan, biasanya waktu lebaran nih kamu cenderung makan makanan yang berlemak dibanding yang berserat. Ini rawan konstipasi, Snackers. Sebaiknya, seimbangkan jenis makanan yang kamu makan. Makan buah, sayur, dan rutin mengonsumsi air mineral bisa membantumu buat mencegah kenaikan berat badan di kala lebaran.

Baca juga: 7 Pasang Makanan yang Bahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

  1. Tidak malas beraktivitas dan berolahraga secara rutin
Badan lebaran pasca lebaran

via ayogowes.com

Kalau kamu punya banyak waktu buat makan makanan yang kamu pengin, berarti kamu juga harus punya waktu buat berolahraga. Mumpung habis lebaran kan biasanya banyak liburnya tuh, kamu sebaiknya bisa meluangkan untuk olahraga ya. Olahraga dilakukan untuk mengimbangi kalori yang masuk ke tubuh sehingga berat badan bisa terkontrol.

Lebaran atau pascalebaran juga jangan sampai menurunkan semangatmu buat beraktivitas. Tidur boleh, tapi tidurlah dengan cukup. Beristirahatlah, tapi jangan kurangi aktivitas fisik yang bisa membantumu untuk tetap sehat. Bermalas-malasan akan membuat lemak bersanggar dengan enaknya di tubuhmu. Jadi, burn it burn it burn it!

Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Bisa Membersihkan ‘Sampah’ dalam Darah

Kenaikan berat badan pascalebaran juga jangan sampai bikin kamu stres ya. Santai aja dan jangan terlalu dipikirin, pasti ada solusi buat menurunkan berat badan yang surprisingly naik waktu lebaran kok. Stres justru akan mengakibatkan berat badan naik lho, nggak mau kan?
That’s all, Snackers. Semoga bisa membantumu mengatasi lebar-annya lebaran yah!

Baca juga: Makan Malam tapi Takut Gemuk? Nggak Lagi Deh!

Featured images via hellosehat.com

Sumber:
Hellosehat.com
Infospesial.com

A.K

6 July 2017
Badan lebaran pasca lebaran

Badan Lebar-an Pasca Lebaran? Cegah dan Atasi dengan 3 Cara Ini!

Lebaran sudah lewat berapa minggu ya? Waktu puasa kemarin, berat badan kamu naik, turun, apa tetep nih? Berdasarkan survey Aremafood, kebanyakan dari kamu pasti seneng pas […]
25 June 2016

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Makan

Hai Snackers, kadang-kadang kita sering luput pada kebiasaan kita yang sebenarnya salah. Iya, salah. Salah itu bukan berarti buruk ya, Snackers. Misalnya kebiasaan kita setelah makan. […]