Terang Bulan Spesial khas TerBul Merona

Brownies Panggang Legit ala Dapur Gladies
3 January 2014
Jempol Untuk Cake in a Jar-nya Bunchbead
21 January 2014

Terang bulan atau martabak manis pasti bukan sesuatu yang asing lagi di telinga kita. Disebut martabak manis, selain karena rasanya yang memang manis, nama ini digunakan untuk membedakan dengan saudaranya, martabak telur, yang adonan dan rasanya berbeda bagai bumi dan langit.

Penjualnya mudah dijumpai di gerobak-gerobak kaki lima di pinggir jalan. Setiap lorong jalan yang ramai pasti ada minimal satu gerobak penjual martabak, penjualnya juga bisa dipastikan menjual martabak manis dan martabak telur, seperti pasangan yang sulit untuk dipisahkan.

Setiap gerobak penjual martabak manis pasti punya resep andalan sendiri-sendiri. Bahan yang digunakan untuk membuat adonannya juga pasti sama, yang membedakan adalah kualitas bahan yang dipakai dan topping apa yang diberikan untuk mempercantik si martabak manis alias terang bulan ini. Topping standart yang biasa dipakai adalah parutan keju, coklat, kacang, dan pisang.

Sedikit berbeda dengan martabak manis yang saya coba kali ini. Di kota Malang, martabak manis lebih terkenal dengan sebutan terang bulan, entah darimana asal mula nama terang bulan ini. Namanya Terang Bulan Merona atau biasa disebut TerBul Merona, yang sudah menjadi buah bibir di media sosial lokal Malang. Sedikit berbeda dengan gerobak terang bulan lain yang dijual berdampingan dengan martabak telur, TerBul Merona hanya menjual terang bulan saja, tentunya dengan berbagai macam variasi topping.

2014-01-04

Sebut saja cokelat Toblerone, selai cokelat Nuttela dan kacang almond yang sukses menjadi nilai tambah dari terang bulan Merona ini. Kalau topping yang dipakai standart seperti biasa mungkin TerBul Merona ini tidak akan menjadi buah bibir. Tapi karena yang jadi topping yang dipakai bukan topping ‘biasa’, jadi pantaslah kalau TerBul Merona ini jadi ‘bahan pergunjingan’ dan menyebar word of mouth di sosial media lokal Malang.

Tidak hanya toppingnya yang unik, olesan untuk kulit terang bulan ini juga unik, memakai butter, bukannya margarin, jadi wangi butternya terasa menguar begitu berdekatan dengan indera penciuman. Adonan kulitnya juga tidak terlalu tebal, berwarna kuning keemasan dan menggiurkan. Apalagi, penjual TerBul Merona ini tahu benar bagaimana cara memperlakukan terang bulan ini supaya bisa terlihat rapi dan cantik. Saat mengiris, setiap satu kali irisan pisau dibersihkan dari lelehan toppingnya.

2014-01-05

2014-01-06TerBul Merona ini bisa didapat dengan kisaran harga mulai 18k-28k untuk terbul ekonomis dan 40k-72k untuk terbul premium. Topping yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari coklat, keju, dan kacang untuk terbul ekonomis, sampai Toblerone, Nuttela, almond, keju dan mente untuk terbul premium. Kita juga bisa mendapat tambahan seperti ekstrak keju dan adonan kulit coklat dengan menambah 5k dan 10k untuk adonan kulit keju.

2014-01-03

Kebetulan yang saya pesan kali ini adalah terang bulan dengan topping toblerone keju(65k). Cokelat Toblerone diiris rapi dan diatur diatas adonan terang bulan yang telah dioles dengan butter, kemudian diatasnya ditaburi dengan parutan keju. Setelah kulit terang bulan ditangkupkan, cokelat akan meleleh dan meresap kedalam adonan kulit terang bulan.

IMG_20140103_200927

Rasanya? Hmm.. Bisa dibayangkan bagaimana rasa terang bulan dengan topping cokelat keju yang super yummy ini. Manisnya cokelat yang meleleh dan meresap kedalam adonan kulit, belum lagi ditambah dengan rasa asin dari parutan keju diatasnya dan gurihnya olesan butter pada kulit terang bulan. Siap-siap saja untuk ketagihan dengan terang bulan satu ini.

Ingin mencoba? Silahkan datang ke Jalan Raya Tidar di depan Iwan Motor,  TerBul Merona ini buka setiap hari kecuali hari Selasa, mulai dari jam 6 sore sampai 11 malam. Supaya tidak lama antri, saya sarankan sebaiknya memesan dulu lewat telepon sebelum kesana, silakan pesan via telpon di 08123315877. Sayangnya mereka belum menyediakan layanan delivery order.

Comments

comments

2 Comments

  1. pasti ga bakalan dari makanan favorit Martabak Paling Enak Di Jakarta menu pilihan ngobrol yang paling pas

  2. Toko Edukasi says:

    Ngileeeerrr …. Foto2nya bagus, kata2nya juga beuh bikin makin laper min. Nice thread, keep posting! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *