Tips Sehat Sebelum Berwisata Kuliner

Tahu Pedes Krenyes, Sensasi Baru Ngemil Gorengan
30 May 2013
Lezatnya Wisata Kuliner Di Thailand & Vietnam
3 June 2013

Tips Sehat Sebelum Berwisata Kuliner

tips-sehat-sebelum-wisata-kulinerDi kota Malang, bisnis kuliner saat ini makin berkembang. Mungkin hal tersebut juga terjadi di kota-kota lainnya.

Menjamurnya kuliner-kuliner baru tersebut mendapat perhatian dari masyarakat. Orang makin sering makan di luar rumah, mencoba kuliner baru yang menurut mereka unik dan patut dicoba.

Wisata kuliner memang menyenangkan, tapi kita juga harus memperhatikan dampaknya terhadap kesehatan. Jangan sampai karena hobby kuliner yang tidak terkontrol, tubuh kita menjadi tidak sehat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menikmati wisata kuliner :

  1. Kebersihan
    Tempat yang bersih sudah pasti bisa menunjukkan bahwa pemilik atau pelayan yang bekerja di tempat tersebut telah terbiasa hidup bersih. Sehingga untuk makanan bisa dipastikan akan terjaga pula kebersihannya. Dan kita akan lebih nyaman saat menikmati kuliner.Kita sendiri juga harus bisa menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu dengan cuci tangan sebelum makan.
  2. Menu
    Tidak harus menghindari makanan-makanan tertentu. Tapi pilihlah menu yang dapat memberikan asupan gizi seimbang terhadap tubuh kita. Asupan karbohidrat, protein dan lemak harus seimbang.Perhatikan juga apakah kita memiliki alergi terhadap makanan-makanan tertentu. Jangan karena fotonya yang menarik, kita langsung pesan dan santap tanpa memikirkan efek buruknya terhadap kesehatan.
  3. Waktu
    Untuk alasan kesehatan, memperhatikan waktu untuk berwisata kuliner juga hal yang penting. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk makan makanan ringan atau berat.Makan makanan berat dengan porsi besar di malam hari akan membuat makanan tersebut lebih lambat dicerna oleh saluran pencernaan. Akibatnya pada malam hari akan menumpuk pada lambung, dan bisa menyebabkan kita malas untuk bangun keesokan harinya.

Hal-hal di atas mungkin sangat sederhana dan sering diabaikan. Tapi tidak ada salahnya untuk tetap diperhatikan agar kesehatan tetap terjaga dan dapat menikmati wisata kuliner.

(clr)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *