Tradisi Kuliner Asli Orang Aceh Saat Lebaran

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Ngomong-ngomong masalah kuliner di saat lebaran, pasti tidak pernah lepas dari masakan-masakan seperti ketupat, opor ayam, dan lain-lain. Di setiap daerah pasti memiliki kuliner-kuliner tersendiri dalam menyambut hari raya lebaran. Tidak ketinggalan juga dengan daerah yang kental dengan nilai-nilai islami yang dijunjung tinggi.

Aceh, daerah yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri dalam kuliner khususnya saat menyambut hari raya lebaran. Kuliner Aceh memiliki cita rasa yang khas bagi para penikmatnya. Biasanya sebelum menyambut hari raya lebaran, satu hari sebelumnya orang-orang Aceh melakukan tradisi yang sudah dilakukan oleh nenek-nenek moyang orang Aceh terdahulu, namanya tradisi meugang. Tradisi meugang ini adalah tradisi memasak daging sebelum lebaran ataupun sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Daging yang digunakan bisa terbuat dari daging ayam, bebek, kambing, sapi, ataupun lembu. Olahan dari daging tersebut biasa dibuat kari ataupun rendang. Yang unik dari tradisi ini adalah tradisi yang hanya satu-satunya ada di Aceh.

Mengolah daging

via wajibbaca.com

Di saat lebaran tiba, orang Aceh suka bertamu dan bersilaturahim ke rumah tetangga, kerabat, maupun sanak keluarga. Biasanya setiap orang yang datang disuguhkan makan makanan yang telah dimasak pada saat meugang. Makanan yang disuguhkan bukan hanya daging yang telah dimasak saja, ada juga lontong ketupat, nasi gurih, dan lontong sayur yang biasa dimakan bersama-sama dengan olahan daging yang telah dimasak.

Rendang ayam

via dentist chef

Setalah makan hidangan yang telah disuguhkan, kita dihidangkan lagi kue-kue kering yang telah tersusun rapi di meja ruang tamu yang telah dibuat ataupun dibeli. Pernah sekali aku mencicipi sebuah kue kering yang sangat enak. Kalau tidak salah nama kue itu saat aku tanya kepada pemiliknya adalah keripik nangka. Saat aku tanya dimana membelinya ternyata keripik nangka itu tidak Ia beli di sini melaikan dibeli anaknya yang sudah bekerja di Malang.

Keripik Nangka

via aremafood.com

Nama toko tempat anaknya beli adalah Aremafood. Aku pun penasaran dan ingin mengetahui apa itu Aremafood. Setelah aku searching dan kepoin di internet ternyata Aremafood adalah toko penjual camilan di Malang. Aku akui walaupun belum mencicipi semua produk dari Aremafood dan baru mencicipi keripik nangka tapi rasanya sangat enak dan renyah, tidak berminyak, dan pastinya sehat dan aman untuk dikonsumsi. Itu adalah pertama kalinya aku memakan keripik nangka yang setauku tidak pernah ada dijual di kotaku.

Dimas Fikri Ramadhan

 

Ini adalah pemenang juara 2 lomba artikel “Kuliner Lebaran Versimu” yang diadakan oleh Aremafood.com. Selamat ya!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *