Wajah Berjerawat? Coba Konsumsi 5 Makanan Penyembuh Jerawat Ini!

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang biasanya banyak dialami sama kaum hawa. Kehadiran jerawat ini suka tiba-tiba dateng malah kadang barengan sama momen penting yang nggak pas. Jerawat yang paling sering dipermasalahkan adalah jerawat di wajah. Jerawat emang bikin bete. Mau jerawat karena hormon, jerawat batu, pokoknya jerawat apapun yang tiba-tiba muncul di wajah seringnya bikin bete.

Nah buat kamu Snackers yang masih sumpek gara-gara jerawat, coba inget-inget lagi deh apa sih kira-kira penyebabnya? Kalau soal makanan, sebagai penyembuh dan pencegah jerawat baiknya kamu konsumsi lima makanan penyembuh jerawat versi Aremafood berikut ini!

Baca juga: 8 Makanan yang Ampuh Sembuhkan Galau

  1. Bayam, kangkung, dan aneka sayuran hijau
makanan atlet sea games 2017

via pinterest.com

Vitamin A yang terdapat pada beta karoten yang berada pada sayuran merupakan salah satu yang bisa mengatasi permasalahan jerawat. Beta karoten ini bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu dalam mengatasi jerawat dan juga sekaligus bisa melembutkan wajah kamu. Buat kamu yang nggak doyan sayuran hijau, kamu juga bisa mengonsumsi smoothies sayur yang terdiri dari campuran bayam, pok choy, kangkung, dan lainnya.

  1. Ikan salmon atau ikan tuna

via pinterest.com

Kekenyalan dan kelembapan kulit akan terjaga berkat Omega-3. Bahkan, senyawa ini bisa jadi salah satu tameng jerawat yang utama. Omega-3 yang terkandung pada ikan salmon adalah lemak sehat terbaik yang mampu membuat kulitmu lembut, segar, mencegah menumpuknya sel kulit mati pemicu jerawat. Selain itu ikan salmon dan tuna kaya akan protein yang berguna untuk menghasilkan kolagen pada kulit sehingga bisa mencegah penuaan dini. Kandungan lain seperti magnesium dan B12 dapat berguna untuk memenangkan syaraf pada tubuh dan dapat menghambat timbulnya hormon penyebab munculnya jerawat.

  1. Buah-buahan kaya serat, likopen, dan berkadar air tinggi
Badan lebaran pasca lebaran

via buahaz.com

Tomat, semangka, anggur, mentimun, blewah, melon, wortel, pepaya, brokoli, kol, pisang, apel, jeruk, dan aprikot adalah contoh buah-buahan penyembuh jerawat. Buah-buahan ini bisa membantu proses regenerasi kulit dan mampu mengusir jerawat karena memiliki zat likopen. Likopen adalah zat pengusir radikal bebas yang mampu mencegah jerawat. Kalau buah berserat, bisa juga menetralisir racun di dalam tubuh penyebab jerawat.

  1. Teh Hijau
makanan untuk anxiety disorder

via royalcupcoffee.com

Untuk minumnya, kamu bisa rutin mengonsumsi teh hijau. Senyawa katekin dan anti oksidan pada teh hijau terbukti ampuh mencegah datangnya jerawat. Katekin dapat mengurangi efek radikal bebas pada tubuh mulai dari sinar matahari, asap rokok, hingga polusi bisa ditangkisnya. Kalau kamu mengonsumsi teh hijau, maka masalah jerawat serta masalah kulit lainnya seperti flek hitam dan kerut juga akan hilang seketika.

Baca juga: 6 Matcha Green Tea yang Lagi Hits yang Wajib Kamu Cobain

  1. Dark Chocolate

Siapa bilang jerawatan nggak boleh ngemil cokelat? Atau menuduh cokelat sebagai biang kerok jerawat, itu cuma mitos Snackers. Kalau ngemil, daripada kamu ngemil yang manis-manis dan mengandung gula berlebihan sebaiknya ganti dengan dark chocolate. Selain kandungan gulanya rendah, dark chocolate juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulitmu. Kamu juga bisa mencampurnya dengan kismis, almond, serta buah-buahan kering.

Untuk dark chocolate yang aman dikonsumsi ketika lagi jerawatan, kamu bisa banget cobain Cokelat Matur dark chocolate yang bisa langsung kamu beli di sini.

Baca juga: Cokelat Klasik, It’s Really Chocolate

Setidaknya dengan empat menu makanan dan minuman tersebut, jerawat kamu bisa pelan-pelan hilang, Snackers. Konsumsi makanan ini tentunya harus diimbangi sama olahraga dan perawatan kulit yang rutin ya. Semoga cepet sembuh dari jerawat!

featured images via shape.com

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *