Waspada Aritmia! Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Jantungmu

lekker malang
Lekker Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima Hanya di Nov’s Kitchen
16 August 2017
Makanan Serba Merah Putih
7 Makanan Serba Merah Putih Ini Bikin Momen 17 Agustusmu Semakin Indonesia!
19 August 2017

Waspada Aritmia! Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Jantungmu

aritmia

Snackers, udah tahu aritmia belum? Dilansir dari Wikipedia, aritmia adalah suatu tanda atau gejala dari gangguan detak atau irama jantung. Hal ini bisa dirasakan ketika misalnya jantung berdetak lebih cepat dari normal (takikardia) atau lebih lambat dari normal (bradikardia). Aritmia memang suatu gejala, tapi sedihnya, penderita aritmia bisa meninggal mendadak tanpa disadari.

Serangan jantung tiba-tiba yang menyebabkan seseorang meninggal, tanpa pernah tahu bahwa orang tersebut memiliki riwayat penyakit jantung emang lil bit ngeri ya, Snackers. Kondisi seperti ini pernah menyerang beberapa artis ternama seperti Adjie Masaid dan Irene Justine. Mengenai aritmia, meskipun istilah ini sudah lama tapi ‘penyakit’ ini masih bisa menyerang kapan aja. Dan akhir-akhir ini, banyak dokter dan praktisi kesehatan yang memviralkan kembali tentang aritmia demi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Aremafood sudah merekam sedikitnya 5 hal untuk mencegahmu dari gejala aritmia dan menjaga kesehatan jantungmu. Simak terus ya, Snackers!

  1. Mulai menghindari konsumsi makanan yang mengandung trigeleserin

Image source via id.wikipedia.org

Trigeleserin adalah kandung lemak jahat yang dihasilkan dari tumbuhan. Beberapa makanan mengandung trigeleserin harus dihindari oleh mereka yang memiliki penyakit jantung. Nah buat kamu yang mumpung masih sehat, yuk coba dikurangi konsumsi makanan seperti mie instan, gorengan, dan junkfood.

Baca juga: Jangan Keseringan! Ini 5 Fakta Ilmuah di Balik Sedapnya Mie Instan

  1. Mencoba untuk mengatur waktu dan intensitas olahraga

Image source via hellosehat.com

Olahraga baiknya selalu kamu jadwalkan secara rutin minimal seminggu sekali. Terkait aritmia, kamu harus memerhatikan kembali waktu olahragamu. Biasanya, penderita aritmia seringkali melakukan olahraga yang terlalu sering sehingga justru membuat fisik terlalu lelah. Kondisi ini yang berbahaya bagi jantung, Snackers. Jadi intinya, kamu harus banget olahraga tapi berhentilah sebelum terlalu capek ya karena cuma kamu yang tahu betul sama kapasitas tubuhmu

  1. Minum secara perlahan dan makan tidak langsung banyak sekaligus

Image source via monyetuban.com

Mungkin ini adalah kebiasaan yang nggak kamu sadari. Ternyata, sekali makan langsung banyak itu nggak baik lho. Bikin jantungmu kaget meskipun perutmu rasanya kelaperan banget. Selain itu, minum juga nggak perlu buru-buru, Snackers. Minum dan makanlah secara perlahan dan cukup tenang. Sebab cairan apapun yang kamu minum dan bagaimana caramu meminumnya akan memengaruhi saturasi darah dan turut menekan kerja organ jantung.

Baca juga: 7 Pasang Makanan yang Bahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

  1. Gunakan jaket saat udara dingin

Image source via m.detik.com

Jantung memang organ dalam, tapi untuk menjaganya ya nggak mungkin cuma dari dalam. Memperlakukan tubuhmu dengan cara memakai jaket saat udara dingin itu turut melindungi dada dan jantung lho. Ini tentunya merupakan kegiatan mencegah aritmia. Perlu kamu tahu, Snackers kalau udara dingin apalagi yang terlalu dingin seperti saat malam atau dini hari itu nggak cuma bikin paru-paru basah tapi juga bikin jantungmu kaget melawan suhu tubuh yang terlalu dingin. Kalau nggak mau pakai jaket, hm, yah gimana dong?

  1. Konsumsi buah dan sayur setiap hari

Buah dan sayur sangat baik untuk tubuhmu utamanya untuk meningkatkan imunitas. Peredaran darah dan penyebaran sel-sel leukosit tersuspensi dalam darah sehingga turut memengaruhi efektivitasnya. Buah dan sayur adalah produk makanan alami yang nggak akan cuma mencegah aritmia, tapi juga menjaga kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Baca juga: Memilih Camilan yang Sehat

Ngemil keripik buah Kane Kane juga nggak ada salah lho, Snackers. Soalnya keripik buah Kane Kane dibuat dari buah asli pilihan dan nggak ada campuran bahan yang macem-macem seperti pengawet, pewarna buatan, dan pemanis buatan. Sehat, alami, dan enak dimakan kapan aja. Kamu bisa beli di sini .

Itu baru lima dari sekian banyak cara untuk mencegah aritmia, Snackers. Beberapa sumber mengatakan kalau aritmia bisa juga dipacu dari konsumsi narkotika dan obat-obat terlarang. Widiih, kalau dari itu mah jauh-jauh ya, Snackers. Sama sekali nggak ada manfaatnya buat kesehatan, jadi buat apa?

Sayangi tubuhmu dan jaga selalu kesehatanmu ya!

Featured images via aryanto.id

Sumber:

Lasealwin.wordpress.com

Smartdetox.id

 

A.K

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *